CAUB Baturaden; Camping Ground di Bawah Kaki Gunung Slamet

CAUB Baturaden
Camp Area Umbul Bengkok (Foto by: Anisa Rosdiana)

Pertama kali mendengar tentang Camp Area Umbul Bengkok (CAUB) Baturaden, aku langsung bertanya-tanya. Apakah ini tempat camping baru di Baturaden? Karena namanya belum familier di telinga meski aku sudah beberapa kali berkunjung ke Baturaden. Ternyata benar saja. Saat aku ke sana pada pertengahan Desember 2018, usia destinasi wisata ini belum ada setahun.

CAUB dulunya adalah area bengkok atau tanah desa. Namun karena tidak terlalu menghasilkan, pemerintah desa setempat akhirnya berinisiatif untuk menyulapnya menjadi area camping. Lokasinya berada di Desa Karangsalam, tepat di bawah kaki Gunung Slamet.

Meski hampir tiga tahun yang lalu aku ke sana, keindahan pemandangan di CAUB masih sangat jelas dalam ingatan. Saat itu, camping di CAUB adalah pengalaman pertamaku tidur di alam menggunakan tenda. Padahal sejak kuliah ingin sekali naik gunung. Tapi belum kesampaian sampai sekarang. 😂

Pagi hari, aku disuguhi pemandangan Gunung Slamet yang sangat gagah. Sedangkan saat malam tiba, kerlap-kerlip lampu wilayah kota nampak megah. Heningnya suasana pedesaan membuat aku makin betah. Tak sia-sia rasanya aku datang ke sini meski hanya untuk singgah.

Dulu aku ke CAUB dalam rangka kegiatan Spirit of Slamet yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas. Jadi rame-rame bareng Duta Wisata Banyumas dan rekan-rekan GenPI Jateng. Kami sampai di lokasi maghrib dan sudah ada tenda yang berjejer rapi. Padahal aku pengin banget loh merasakan bikin tenda. Karena aku belum pernah nyobain hahaha. Tapi, ya, sudahlah. Daripada nanti tendanya tidak jadi-jadi sampai larut malam, kan. Mending dibantu dirikan saja sama ahlinya.

Oh iya, harga tiket masuknya murah banget, loh. Cuma Rp2.000 saja. Ya ampun dua ribu buat beli cilok padahal tidak kenyang. Mungkin karena masih baru, ya. Jadi sambil promosi HTM-nya masih sangat murah. Dengan HTM Rp2.000, fasilitas apa saja yang disediakan oleh pengelola CAUB Baturraden? Sangat lengkap!


Fasilitas di CAUB Baturaden

CAUB Baturaden
Fasilitas Ayunan di CAUB Baturaden (Foto by: GenPI Purworejo)

Sering kali saat mau camping, kita ribet menyiapkan segala hal yang dibutuhkan. Meski cuma camping semalam, barang-barang yang dibawa pasti tetap banyak. Ya, kan? Nah, pas camping di CAUB ini aku cuma bawa satu ransel berisi baju, alat mandi, dan alat salat. Tidak bawa jajan gitu buat camilan? Tidak perlu, Guys. Karena di CAUB tersedia banyak food court dengan berbagai pilihan makanan.

Aku exticed banget dengan fasilitas yang ada di CAUB Baturaden. Menurutku pihak pengelola destinasi memang sudah menyiapkan fasilitas selengkap mungkin agar para traveler nyaman dan puas camping di sini. Lalu, apa saja sih fasilitas yang ada?

1. Area Camping
Namanya tempat camping, fasilitas utamanya pasti area camping dong, ya. Area untuk mendirikan tenda dibuat bertingkat dan muat puluhan tenda. Disekitarnya ada sungai buatan dan kolam yang airnya sangat jernih. Cocok banget buat melepas penat, nih. Orang yang biasa tinggal di kota pasti senang dengan suasana seperti di CAUB.

2. Kamar Mandi
Ada banyak kamar mandi yang tersedia sehingga tidak perlu bingung mau mandi di mana. Meskipun udara dan airnya sangat dingin karena berada di kaki gunung, tapi tetap harus mandi, kan? Menurutku kalau dibandingkan dengan Dieng, lebih dingin di Dieng. Makanya aku kuat aja, tuh, pagi-pagi mandi pakai air dingin di CAUB. Kamar mandinya juga bersih, kok. Jadi jangan khawatir, ya.

3. Musala
Menurutku, tempat ibadah jadi salah satu fasilitas yang penting banget dan harus ada di setiap destinasi wisata. Karena meskipun sedang jalan-jalan, salatnya jangan sampai ditinggal, ya. Di CAUB Baturaden tersedia satu musala yang tidak terlalu kecil. Hanya saja waktu aku ke sana sepertinya tidak terlalu terawat. Jadi agak kotor gitu. Alat salat yang disediakan juga kurang memadai. Saranku lebih baik bawa alat salat sendiri dari rumah.

4. Food Court
Di sekitar tenda ada beberapa food court yang menjual makanan berat maupun camilan. Jadi tidak perlu takut kelaparan, ya. Ada menu andalan Banyumas juga di sini yaitu mendoan. Duh, dingin-dingin ditemani mendoan anget mantap banget. 

5. Gazebo
Kalau kamu ingin bercengkerama dengan keluarga sambil melihat indahnya Gunung Slamet, gazebo bisa jadi pilihan tempat yang tepat. Ukurannya yang cukup luas bisa juga dipakai untuk rebahan. Atau mungkin mau makan bareng keluarga di gazebo? Tentu saja bisa! Tinggal minta ke penjual di food court untuk mengantar makanannya ke gazebo.

6. Tempat Charger
Kemanapun kita pergi, pasti tidak bisa lepas dari namanya charger. Rasanya happy aja gitu kalau nemu colokan. Ya maklum, kan butuh handphone buat foto, update story, atau ngabarin gebetan. Ehh. Di food court CAUB kebetulan banyak sekali tempat charger. Di tiap tempat duduk pasti ada colokan kok. 

7. Ayunan
Ada yang kangen main ayunan di TK? Wah, tos dulu! Di area tempat mendirikan tenda ada satu ayunan cukup besar yang bisa kamu pakai untuk nostalgia masa TK. Atau bisa juga dipaki untuk main bareng pasangan biar makin romantis. Asyiiiiikkk. 😍

Untuk tempat parkir sendiri waktu 2018 tidak terlalu luas. Parkir mobil pun di pinggir jalan sepanjang area CAUB. Padahal jalannya juga tidak terlalu lebar. Mudah-mudahan sekarang tempat parkirnya sudah lebih baik. Harga tiket parkirnya aku lupa berapa. Hehehe.


Harga Sewa Peralatan di CAUB Baturaden

CAUB Baturaden

Mau camping tapi malas bawa tenda sendiri? Ah, tenang saja. Kamu bisa sewa dengan harga super terjangkau di CAUB Baturaden. Peralatan yang disewakan juga lengkap mulai dari tenda, kasur, matras, lampu, bahkan kayu bakar. Berikut rincian harga sewa peralatan di CAUB per malamnya.
  • Tenda kapasitas 4 orang: Rp50.000
  • Tenda kapasitas 6 orang: Rp60.000
  • Matras: Rp5.000
  • Kasur busa: Rp10.000
  • Sleeping bag: Rp10.000
  • Lampu: Rp10.000
  • Sewa lapak (bawa tenda sendiri): Rp25.000
  • Kayu bakar: Rp20.000
Bagaimana list harga sewanya? Murah lebay, kan? Kalau kamu punya budget Rp100.000, bisa banget camping di sini. Ajak teman dan keluarga juga biar lebih seru.


Akses Jalan Menuju CAUB Baturaden

Untuk menuju ke CAUB Baturaden sepertinya tidak ada transportasi umum. Jadi kamu harus bawa kendaraan sendiri. Bisa mobil atau motor. Nah, perjalanan dari Purwokerto kota kamu lanjutkan lurus terus ke arah utara menuju Baturaden. Sebelum melewati Tugu Selamat Datang, kamu ambil arah timur untuk menuju Desa Karangsalam. Waktu tempuh yang dibutuhkan dari kota menuju Karangsalam kira-kira 25 menit.

Tahun 2018 waktu aku ke sini jalan menuju Karangsalam belum bagus. Masih banyak lubang gitu. Berhubung jalannya juga berliku, pastikan kendaraan kamu dalam keadaan baik, ya. Dulu mobil yang aku tumpangi saat akan pulang tidak kuat loh di tanjakan. Akhirnya kami jalan kaki sampai ke tempat yang agak rata. Tapi kata temanku tahun 2020 jalannya sudah diperbaiki sih. Kalau kamu mau ke sana, bisa coba di pastikan dulu ke pengelola tentang kondisi jalannya. Nanti aku beri nomor yang bisa dihubungi di akhir tulisan ini.

Bagiku, ini adalah camping pertama yang sangat berkesan. Dengan segala fasilitas yang ada, aku tetap merasakan tidur nyaman layaknya di rumah. Pemandangan dan suasana khas pedesaan menambah kesyahduan camping satu malam ku. Semoga suatu saat bisa main ke sini lagi. Kalau kamu ada rencana camping, langsung meluncur ke CAUB Baturaden, ya!



Contact person: 0813-2731-2233
Instagram: @caub.baturraden

You Might Also Like

16 comments

  1. Ya ampuun murah sekali harga tiket dan persewaan alat-alatnya. Eh, aku juga pernah nginep lho di Baturaden pas acara Juguran Blogger sama teman-teman Banyumas. Tahun 2018 juga klo gak salah. Nginepnya di tenda juga tapi bukan di CAUBnya deh.

    Baturaden memang indah, dingin, airnya bening khas pedesaan. Maklum ya orang Surabaya katrok kalau tinggal di tempat dingin, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin itu di Palawi, Mbak Yun. Juguran Blogger di Banyumas emang setauku belum pernah di CAUB.

      Hapus
  2. salut ya Pemerintah desa setempat berinisiatif membuat tempat sekeren ini.
    dilengkapi dengan fasilitas yang memang sangat dibutuhkan itu, harganya pun masih terjangkau lah ya ini untuk piknik sekeluarga juga bisa ya :)
    senangnya hirup udara segar di pagi hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Piknik bareng keluarga ke sini mantep banget.

      Hapus
    2. jadi pengen juga nih piknik ke Caub Baturaden.
      tempatnya bersih, segar.
      moga nanti ada rejeki dan kesempatan bisa kesana juga :)

      Hapus
  3. termasuk murah ya mba untuk sewanya, tahun lalu juga ada rencana buat camping juga cuma di daerahku kok ya mahal sekali wkwkwk jadi pengen ke Baturaden belum pernah juga ke sana hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gassss ke sini, Mbak Herva. Pemandangannya cakep banget hehe

      Hapus
  4. Menyenangkan ya. Saya belum kesampaian aja nih ke Baturraden. Waktu mendaki Gunung Slamet mampirnya naik ke Bambangan terus turun lewat Guci.
    Semoga bisa menikmati alam Baturraden suatu saat nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh Teh Okti udah pernah mendaki Gunung Slamet uyy. Mantap. Kapan-kapan mlipir ke Baturaden, Teh.

      Hapus
  5. Aku udah pernah ke Baturaden tapi baru tahu nih ada CAUB nya. Suka banget pemandangannya. Tapi seingatku disana dingin ya mba. Smoga bisa ke sana lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ke Baturaden lagi cobain camping di CAUB, Mbak. Menurutku nggak terlalu dingin, sih. Hehe

      Hapus
  6. wah sepertinya asyik niih..kemping keluarga di Baturaden. Bbrp th lalu sempat libur di Baturaden sih sg keluarga, tapi blm.pernah ngerasain campingnya.. Trmksh infonya ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Next time cobain campingnya, Mbak. Nggak perlu bawa tenda kok hihi.

      Hapus
  7. Terakhir ke baturaden kapan yaa... aku jadi lupa.
    Dan yang terkenang adalah naik kuda. hehhee..Padahal asal ke daerah dataran tinggi, ya pasti ada kuda sewaan yaa..

    Camp Area Umbul Bengkok ini menyenangkan sekali. Lengkap fasilitasnya.

    BalasHapus
  8. Aku belom pernah ke sini mba Sovi.
    Fasilitas nya komplit ya, menyenangkan sekali ini sih dekat dengan alam juga. Segerrr

    BalasHapus
  9. Kalau aku bukan melas bawa tenda sendiri, tapi emang belum punya haha
    Seru banget kemping gtu, apalagi kalau gak ramai org.
    Wah bagus juga ya ide desanya bikin area perkemahan gini, drpd tanahnya nganngur dan dibiarkan gtu aja. Tahu aja kalau org kota butuh hiburan kemping :D
    TFS infonya

    BalasHapus