Satu Dekade Lentera Anak, Wujud Apresiasi Kepada Banyak Pihak

Satu Dekade Lentera Anak
Apresiasi Mitra (Dok: Lentera Anak)

Dua hari lalu, tepatnya tanggal 20 November 2022, Yayasan Lentera Anak genap berusia 10 tahun. Selama satu dekade, Non-Governmental Organization (NGO) yang memiliki visi terwujudnya negara demokratis yang ramah anak ini telah menjalankan beberapa program seperti promosi dan edukasi hak anak, pemberdayaan dan pendampingan, serta advokasi. 

Perayaan satu dekade Yayasan Lentera Anak dilaksanakan di RPTRA Ciganjur Berseri, Kelurahan Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Sejumlah kegiatan pun digelar seperti talkshow inspiratif, lomba tumpeng gizi seimbang, lomba mewarnai, aneka permainan tradisional, pameran perjalanan satu dekade, penampilan musik, tarian Betawi, hingga festival kesehatan yang meliputi senam bersama, cek kesehatan, dan layanan berhenti merokok.


Tema yang diangkat pada perayaan Satu Dekade Lentera Anak adalah "Be Great, Be Grateful" yang bertujuan untuk mengajak semua orang bersama Yayasan Lentera Anak untuk menjadi pribadi terbaik versi masing-masing. Perayaan satu dekade ini menjadi wujud rasa syukur dan apresiasi atas dukungan para mitra dan stakeholder yang telah membantu terwujudnya visi dan misi Lentera Anak.

Satu Dekade Lentera Anak
Klinik Berhenti Merokok (Dok: Lentera Anak)

Selama 10 tahun, Lentera Anak telah berkolaborasi dengan banyak mitra seperti sekolah, universitas, komunitas anak muda, tenaga kesehatan, media, pemerintah daerah, kementerian, hingga LSM lokal dan internasional. Yayasan yang diketuai oleh Lisda Sundari ini mengambil peran di sisi preventif dan promotif untuk mengedukasi, mengampanyekan, dan mengadvokasi permasalahan kesehatan remaja sebagai intervensi krisis di hilir. “Kami berada di hilir dan melakukan berbagai upaya untuk adanya perubahan sosial dan kebijakan yang berpihak pada kepentingan terbaik anak,” kata Lisda.

Dalam perjalanannya, bersama para mitra Yayasan Lentera Anak telah berhasil melaksanakan banyak kegiatan seperti mengadvokasi peraturan Kemendikbud tentang sekolah sebagai Kawasan Tanpa Rokok, peraturan daerah tentang pelarangan iklan rokok, indikator Kota Layak Anak, menurunkan 150 spanduk rokok di sekitar sekolah, advokasi kekerasan seksual pada anak dan eksploitasi anak pada kegiatan olahraga, serta mengumpulkan 11.000 surat untuk presiden.

“Pada perayaan satu dekade Lentera Anak ini, kami sangat bersyukur dan mengapresiasi semua dukungan para mitra dan stakeholder. Kami berharap Lentera Anak dapat menjalani tahun-tahun selanjutnya untuk bertumbuh dan berkembang bersama semua mitra dan seluruh stakeholder, termasuk pemerintah, masyarakat, media, orang tua, guru, anak-anak, dan kaum muda di manapun berada,” ungkap Lisda.

Selain berkolaborasi dengan para mitra, Yayasan Lentera Anak juga aktif membuat konten edukatif yang diunggah di akun media sosial mereka seperti memberikan tips jago agar privasi anak tetap aman di media sosial dan mengedukasi bentuk-bentuk eksploitasi seksual anak di ranah online.

Yuk, bersama kita lindungi buah hati dari pelanggaran hak anak agar Indonesia mampu menjadi negara demokrasi yang ramah anak. Selamat satu dekade, Lentera Anak! Tetaplah menyinari masa depan anak-anak Indonesia layaknya sebuah lentera.

Posting Komentar

0 Komentar