Bermain Web Game Saat Libur Akhir Pekan

Solitaire.org

Akhir pekan merupakan waktu yang paling ditunggu oleh para pelajar dan pekerja kantoran. Mereka biasanya akan melepas penat setelah weekdays belajar di sekolah atau berkutat dengan seabrek pekerjaan. Ada yang memilih liburan dalam kota, kulineran, kumpul bersama keluarga, rebahan, dan bermain game.

Aku pribadi lebih sering menghabiskan akhir pekan di rumah saja. Maklum, blogger kan kerjanya sesuka hati. Jadi biasanya saat weekend aku justru di depan laptop untuk menyelesaikan beberapa tulisan. Ketika mulai merasa jenuh, aku rebahan sebentar, buka media sosial, atau main game online

Game online saat ini makin banyak jenisnya. Ada yang berbasis aplikasi maupun web. Aku pribadi lebih menyukai yang berbasis web karena tidak perlu mengunduh aplikasi sehingga lebih irit memori. Jujur, di handphone aku memang tidak ada aplikasi game satupun. 😂

Salah satu web game yang aku sukai adalah Solitaire.org. 3 alasan kenapa aku menyukai situs game online ini karena pertama tidak ada iklannya; kedua banyak pilihan permainannya; dan ketiga karena permainan yang ditawarkan mudah untuk dimainkan. Kalau mau main game harus mikir keras capek juga, kan? Padahal tujuan utamanya buat refreshing otak. 

Permainan utama yang ditawarkan oleh Solitaire.org adalah game kartu atau Solitaire. Namun, mereka juga memiliki banyak koleksi permainan lain. Ada dua jenis permainan yang menjadi favorit aku di Solitaire.org dan akan aku ulas secara lengkap di bawah ini. Yuk, baca sampai selesai!


Hidden Object "Garden"

Solitaire.org

Hidden Object adalah permainan untuk menemukan semua benda tersembunyi di dalam game. Ada beberapa pilihan Hidden Object antara lain castle, china, circus, garden, hotel, kitchen, pirate, dan princess. Aku memilih Garden karena menurutku bendanya lebih mudah untuk ditemukan daripada jenis lain. Lalu, bagaimana cara memainkan Hidden Object "Garden"? Simak di bawah ini, ya.

Cara Bermain Hidden Object "Garden"

Solitaire.org

  1. Hidden Object "Garden" terdiri dari 10 level. Masing-masing level ada 12 benda tersembunyi yang harus ditemukan dalam kurun waktu 4 menit.
  2. Setiap levelnya kamu akan mendapatkan 1-3 bintang, tergantung seberapa cepat menyelesaikan level tersebut. 
  3. Jika kamu salah klik, atau salah menebak benda yang dimaksud, maka akan dikenakan penalti pengurangan waktu 5 detik untuk setiap kesalahan.
  4. Saat kamu sudah berusaha mencari semua benda tersembunyi namun masih ada yang belum ditemukan, maka ada bantuan yang bisa digunakan. Klik tombol [?] di pojok kanan bawah lalu klik item tersebut untuk mengungkapkan di mana lokasinya. Tapi langkah ini akan mendapat penalti 100 poin.
  5. Untuk ke level berikutnya, kamu harus menyelesaikan level sebelumnya terlebih dahulu.

Setelah bermain game ini beberapa kali, aku merasakan beberapa manfaat. Pertama, hidden game melatih ketajaman penglihatan karena benda yang tersembunyi sering kali warnanya hampir sama dengan background atau benda lain disekelilingnya. Kedua, melatih daya ingat karena jika mengulang pada level yang sama, beberapa benda yang harus ditemukan jenis dan lokasinya tidak berubah. Ketiga yaitu melatih kesabaran dan ketelitian. Terkadang, ada satu atau dua benda yang sangat sulit ditemukan karena faktor warna. Jadi harus benar-benar sabar dan teliti.


Mahjong "Animal Connection"

Solitaire.org

Animal Connection merupakan sebuah permainan mencocokkan gambar hewan yang sama pada layar. Di Solitaire.org, ada 4 tipe permainan yaitu easy, normal, hard, dan puzzles. Untuk tipe puzzles setiap levelnya dibatasi waktu yang berbeda-beda dengan tingkat kesulitan masing-masing. Sedangkan 3 tipe lainnya tidak dibatasi waktu. Aku memilih memainkan tipe puzzles karena lebih menantang saat harus mencocokkan semua puzzles sebelum waktu habis. Bagaimana cara memainkan Animal Connection tipe puzzles? Simak penjelasannya berikut.

Cara Bermain Animal Connection Tipe Puzzles

Solitaire.org

  1. Klik 2 kotak dengan gambar hewan yang sama. Garis yang menghubungkan dua bagian yang diklik tidak boleh memiliki lebih dari dua sudut atau dua putaran 90 derajat.
  2. Semua hewan harus dicocokkan sebelum waktu habis.
  3. Jika tidak ada kotak hewan yang dapat dicocokkan, maka kotak akan diacak ulang secara otomatis.
  4. Kamu akan mendapatkan poin setiap berhasil mencocokkan dua gambar.
  5. Ada 30 level permainan yang harus diselesaikan secara berurutan.

Animal Connection tipe puzzles ini memberi beberapa manfaat bagi para gamers antara lain melatih ketangkasan tangan, ketajaman penglihatan, dan mengatur strategi. Karena dibatasi oleh waktu, maka tangan harus dengan sigap mencocokkan dua gambar hewan. Jika lambat, puzzles masih banyak di layar sedangkan waktu sudah habis. Lalu, ketajaman penglihatan jadi terasah karena mata harus dengan jeli melihat mana dua gambar yang sama dan dapat dicocokkan. Gamers juga harus pandai mengatur strategi karena pada beberapa level kotak hewan akan bergerak ketika ada yang dihilangkan. 


Penutup

Itulah dua game di Solitaire.org yang biasa aku mainkan saat libur akhir pekan. Keduanya membantu aku menyegarkan pikiran saat banyak deadline tulisan. Senangnya bermain di situs ini karena tidak perlu mengunduh aplikasi permainan, cukup membuka tab baru pada laptop atau handphone. Semua permainan dapat dimainkan secara gratis dan tanpa iklan. 

Apakah kamu juga suka bermain web game di saat libur akhir pekan? Game apa yang menjadi favorit kamu? Yuk, share di kolom komentar!

Posting Komentar

0 Komentar