6 Tips Merawat Rantai Motor

Tips merawat rantai motor
Picture: freepik/@peoplecreations

Guys, siapa di sini yang sepeda motornya masih menggunakan rantai sebagai penggerak? Kalau aku perhatikan, jenis kendaraan yang masih pakai rantai itu tipe manual seperti motor bebek.

Rantai motor merupakan komponen kendaraan yang memiliki peran vital untuk menghubungkan gir dengan roda belakang. Setelah terhubung, rantai akan menyalurkan tenaga dari mesin ke roda sehingga motor dapat berjalan. Selain itu, rantai motor juga memiliki peran untuk menjaga keseimbangan dan kestabilan saat digunakan.

Biasanya kalau tarikan motor menjadi berat, keluar bunyi tidak normal dari rantai, dan atau rantai motor melorot dari gigi roda rantai, itu artinya rantai dalam kondisi aus. Mengingat peran rantai motor sangat penting, maka harus dilakukan perawatan agar tidak cepat aus.


Tips Perawatan Rantai Motor

Guna mencegah rantai motor cepat rusak, maka diperlukan beberapa perawatan secara rutin. Berikut beberapa tips perawatan yang bisa kamu terapkan agar kinerja motor maksimal dan nyaman saat dikendarai.

1. Pahami Jenis Rantai yang Digunakan

Rantai motor memiliki beberapa jenis seperti rantai standar, rantai o-ring, dan rantai x-ring. Kamu perlu memahami jenis rantai yang digunakan agar dapat melakukan pengecekan dan mengetahui letak pemberian pelumas.

2. Jaga Kebersihan Rantai Motor

Rantai yang kotor dan tidak rutin dibersihkan akan menyebakan karat sehingga lebih rentan putus. Gunakan sikat dan pembersih khusus untuk rantai saat membersihkannya. Bersihkan sela-sela rantai dan mata rantai. Jangan gunakan air karena dapat menyebabkan rantai berkarat. Setelah seluruh bagian rantai disikat, selanjutnya keringkan menggunakan kain.

3. Gunakan Pelumas Khusus Rantai

Setelah rantai motor dibersihkan dan dikeringkan, beri pelumas sesuai dengan yang direkomendasikan oleh produsen motor. Beri pelumas secukupnya saja. 

Pemberian pelumas yang berlebihan akan membuat rantai mejadi kotor karena terkena debu sehingga rantai cepat aus. Sedangkan jika terlalu sedikit memberi pelumas, efeknya rantai menjadi kering dan menyebabkan gesekan berlebih antara rantai dengan gir. 

Pelumas pada rantai berfungsi untuk mengurangi kebisingan dan gesekan pada rantai. Selain itu, pelumas dapat mencegah timbulnya karat. Pemberian pelumas akan menjaga kinerja rantai lebih optimal dan memperpanjang umur pakai rantai.

4. Rutin Periksa Kekencangan Rantai

Tingkat kekencangan rantai motor memiliki standar yang direkomendasikan oleh produsen sepeda motor. Rantai yang terlalu kencang atau kendur akan berpengaruh pada performa motor dan merusak komponen rantai sehingga menyebabkan cepat aus. Oleh karena itu, perlu melakukan pengecekan secara rutin dan sesuaikan tingkat kekencangan rantai.

5. Jangan Menggunakan Oli Bekas

Oli bekas yang dianggap murah terkadang dimanfaatkan sebagai pengganti pelumas untuk rantai motor. Alih-alih menjaga kinerja rantai, kotoran yang ada pada oli bekas justru akan merusak rantai. Jadi, jangan coba-coba pakai oli bekas, ya. Pakailah pelumas khusus rantai motor yang mudah ditemukan di bengkel atau toko sparepart.

6. Ganti Rantai Motor dan Gir 

Apabila rantai motor sudah aus sebaiknya ganti dengan yang baru untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan. Saat mengganti rantai sebaiknya gir juga diganti dalam waktu yang bersamaan. Jika hanya mengganti rantai saja, maka gir yang lama dapat merusak rantai baru.

Penggantian rantai dan gir dapat dilakukan setiap 15.000-25.000 KM. Semua tergantung cara berkendara dan perawatan yang dilakukan secara berkala. Saat akan mengganti rantai dan gir, pastikan menggantinya dengan yang original agar performa motor tetap terjaga. 

Kamu dapat mengganti rantai di tempat servis motor, salah satunya di Planet Ban. Berapa sih harga rantai motor di Planet Ban? Yuk, simak informasinya di bawah ini!


Harga Rantai Motor Chain Kit X-Grade di Planet Ban

Picture: Planet Ban

Planet Ban sebagai toko ritel modern yang berkomitmen untuk menyediakan suku cadang motor berkualitas bukan hanya menjual ban saja, ya, Guys. Planet Ban juga menjual rantai sepeda motor untuk jenis motor bebek dan sport merek X-Grade dengan berbagai tipe. Berikut informasi harga rantai motor di Planet Ban.

  • Chain Kits H02-KTL untuk motor Karisma/Supra 125 harga Rp153.000
  • Chain Kits H01-KPH untuk motor Revo/New Supra Fit harga Rp170.000
  • Chain Kits H03-K18 untuk motor Verza 150 (428H) harga Rp258.000
  • Chain Kits Y01-5TP untuk motor Jupiter Z harga Rp160.000
  • Chain Kits Y02-50C untuk motor Jupiter MX New harga Rp185.000
  • Chain Kits Y03-1PA untuk motor New Vixion harga Rp245.000

Oh iya, kalau kamu servis motor di Planet Ban, maka pengecekan motor dan pasangan sparepart-nya gratis, loh. Produk di Planet Ban juga diklaim asli.

Teman-teman ada yang sudah pernah ganti rantai motor di Planet Ban? Yuk, sharing pengalamannya di kolom komentar!

Posting Komentar

6 Komentar

  1. Planet Ban tuh terkenal harga miring, tapi kualitas nggak kaleng-kaleng. Aku pernah servis di Planet Ban Sokanandi, hasilnya okeeiii bangettt. Motor lama serasa motor ADV baru.

    BalasHapus
  2. Emang rantai jadi bagian penting yang diperhatikan, jangan sampai rantai putus atau bahkan macet yang akhirnya membahayakan pengguna. Duhhh, jangan sampai dehhh.

    BalasHapus
  3. Rantai ban memang vital banget buat kendaraan roda dua, makanya saat membeli butuh ketelitian jangan sampai salah memilih rantai yang kualitas rendah.

    BalasHapus
  4. Rantai motor ngga pernah diganti sampe ada suara krek krek. Karena emang jarang banget merhatiin rantai motor. Berarti udah saatnya ganti, nih. Alhamdulillah tercantum harganya. Jadi bisa persiapan berapa kira2 biaya yang aku butuhin buat ganti rantai di Planet Ban

    BalasHapus
  5. Sering lihat kakak di rumah kasih oli bekas ke rantai motornya ternyata ga boleh taa.. mana rantai karatan pula jarang dibersihin. Kasihan rantai, nanti beli yg baru di rawat dg baik.

    BalasHapus
  6. wiiii makasii makasiii
    karena cewek tuh sebagian kagak bs ngerawat motor dan aneka pirantinya.
    bisanya makai doang hahahahah

    BalasHapus
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)