Belajar Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Bersama PDGI Banjarnegara

Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut

Pengurus Pasar Lodra Jaya berkesempatan untuk mengundang Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Banjarnegara pada Minggu, (24/3). Hadir dua orang yaitu drg. Erna dan drg. Yon yang memberikan penyuluhan terkait cara menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Kita semua sudah tahu bahwa sikat gigi minimal adalah dua kali sehari. Namun, ada yang salah dengan kebiasaan kita. Kebanyakan orang justru menyikat gigi saat mandi saja. Padahal, waktu sikat gigi yang tepat adalah setelah sarapan dan sebelum tidur. Aku punya adik yang masih SD dan sering tidak mau gosok gigi sebelum tidur. Kemudian drg. Yon menyarakan untuk mengajak anak/adik sikat gigi sebelum tidur, bukan memerintah.

Lalu, bagaimana cara memilih sikat gigi yang baik? Sikat gigi yang baik adalah yang batangnya lurus, bulunya lembut dan datar. Oh iya, penting untuk menekan pasta gigi masuk ke bulu-bulu supaya gosok gigi kita lebih optimal.

Ada yang suka menutup kepala sikat gigi? Jangan dibiasakan lagi ya. Hal tersebut yang kita anggap untuk mencegah sikat gigi kotor justru sebaliknya. Ketika ditutup, kepala sikat gigi menjadi lembab dan menyebabkan timbulnya kuman dengan mudah. Akan lebih baik jika kita menaruh sikat gigi di luar kamar mandi, di tempat yang kering.

Cara menyikat gigi yang baik dan benar seperti apa sih? Menurut drg. Erna, caranya adalah dari merah ke putih. Duh, maksudnya gimana? Kok seperti bendera Indonesia saja merah-putih. Maksudnya adalah sikat gigi dari gusi ke gigi. Kalau gigi bagian atas, disikat dari atas ke bawah. Sedangkan gigi bagian bawah, disikat dari bawah ke atas. Satu arah ya, jangan dua arah.

Ada informasi penting bagi aku dan para calon ibu. Ternyata saat wanita hamil, tingkat keasaman mulut akan tinggi yang dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan mulut. Padahal saat pasien mengandung, dokter tidak dapat melakukan tindakan yang maksimal. Oleh karena itu, untuk para calon ibu yang memiliki rencana hamil dalam waktu dekat, sebaiknya cek kesehatan gigi dan mulut secara rutin untuk mencegah timbulnya berbagai gangguan.

You Might Also Like

0 komentar