Membangun Karir Bersama Kelas Online Skill Academy



Aku sangat bersyukur ketika usiaku belum menginjak 25 tahun, namun sudah menemukan passion dalam hidup yaitu menulis. Layaknya tersenyum kepada orang lain, berbagi melalui tulisan juga salah satu bentuk ibadah, menurutku. Bagaimana, ya, kalau passion-ku berubah menjadi pekerjaan? Sebagian dari kita memang mendambakan berkarir sesuai kegemaran. Akan tetapi, menjadi seorang profesional dengan bermodal senang menulis saja tentu tidak cukup. Apalagi seni merangkai kata bukan sesuatu yang statis. Aku harus meningkatkan kemampuan agar karyaku selalu dinikmati pembaca. Salah satu cara yang aku tempuh dengan mengikuti kelas online.

Pandemi memang banyak mengubah tatanan kehidupan menjadi serba digital. Untungnya, sumber daya manusia dan teknologi kita siap menghadapinya. Sepanjang tahun 2020, aku adalah tim di rumah aja yang memanfaatkan waktu dengan mengikuti berbagai macam kelas online. Temanya tidak jauh-jauh dari penulisan kreatif dan pemasaran. Biar aku bisa survive di dunia kerja yang sangat dinamis. Skill Academy by Ruangguru menjadi platform favorit yang aku gunakan untuk upgrading skills.

Apakah kamu pengguna Skill Academy juga? Apa alasan kamu memilih platform tersebut?

6 Alasan Memilih Skill Academy by Ruangguru

6 Alasan Memilih Skill Academy by Ruangguru

Akses Materi Seumur Hidup
Skill Academy memberikan lifetime access kepada pengguna yang telah membeli kelas untuk dapat memutar video pembelajaran kapanpun dan di manapun. Jadi, kalau lupa dengan materi tertentu, kita dapat menonton lagi video dari para instruktur. Di platform lain, akses untuk membuka materi biasanya terbatas selama 3 bulan. 

Kelas Beragam Dengan Instruktur Berpengalaman
Kelas yang ditawarkan sangat beragam dan jumlahnya lebih dari 100 kelas. Pilihan kategori kelas yang disediakan meliputi technical dan soft skill yang ditujukan untuk mahasiswa, profesional, serta umum. Kategori tersebut antara lain bisnis & keuangan, pemasaran, pengembangan diri, teknologi & software, serta persiapan tes. Instruktur tiap kelas adalah para profesional yang telah berpengalaman dalam bidangnya. Oleh karena itu, materi yang disampaikan bukan hanya teori semata, tapi juga sesuai dengan realitas di dunia kerja.

Harga Terjangkau 
Harga yang ditawarkan untuk kelas online persiapan kerja Skill Academy sangat terjangkau mulai dari puluhan ribu saja. Menurutku, ini investasi yang worth it untuk membangun sebuah karir. Harga ekonomis, ilmu yang didapat top abis.

Mendapatkan Sertifikat
Certificate of Excellence akan diberikan ketika pengguna telah menyelesaikan kelas, mengikuti ujian akhir, dan lulus sesuai dengan nilai minimal yang telah ditentukan. Selain sertifikat tersebut, pengguna juga akan mendapatkan Certificate of Completion ketika semua materi video dan kuis telah diselesaikan.

Tersedia Ringkasan Materi
Di akhir sesi kelas online, Skill Academy memberikan ringkasan materi yang berisi poin-poin penting beserta penjelasannya secara singkat. Dikemas dengan apik dan menggunakan bahasa sederhana sehingga mudah untuk dipahami. Ikhtisar materi ini berbentuk PDF dan dapat diunduh oleh pengguna.

Bimbingan Karir
Setelah mengikuti minimal 3 kelas online, pemilik kartu prakerja akan mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan salah satu program unggulan Skill Academy yaitu bimbingan karir secara gratis. Fasilitas yang akan didapatkan antara lain mentoring tentang CV, cover letter, interview, informasi lowongan pekerjaan, serta webminar upskilling gratis setiap minggunya. Sangat menarik, ya? Kapan lagi bisa upgrade skill sekaligus didampingi sampai dapat pekerjaan. 

Pengalaman Mengikuti Kelas Online Skill Academy

Kelas Online di Skill Academy

Ada dua kelas online yang pernah aku ikuti di Skill Academy. Pertama, aku tertarik mengikuti kelas copywriting karena ingin belajar untuk membuat iklan yang powerful. Kedua, aku membeli kelas storytelling & creative writing untuk memperdalam teknik menulis tersebut. At least sebagai seorang blogger teknik bercerita dan penulisan kreatif merupakan jurus ampuh untuk menaklukan hati pembaca. 

Copywriting: Trik Merangkai Kata untuk Tingkatkan Penjualan
Kelas ini merupakan salah satu best seller di kategori pemasaran. Nabilla Aidid menjelaskan cara membuat copy yang powerful untuk iklan di beberapa jenis media. Seorang copywriter, menurutnya, harus memiliki 6 kemampuan dasar menulis yaitu kemampuan bahasa, menulis efektif, lebih menonjolkan manfaat produk daripada fiturnya, menguasai teknik bercerita, menulis dengan empati, dan melakukan proofreading

Pengalaman Nabilla sebagai UX Writer membuat materi yang disampaikan mudah untuk dipahami karena dilengkapi dengan contoh-contoh copy yang telah beliau buat untuk perusahaan tempatnya bekerja. Di era digital seperti sekarang, copywriting bukan hanya diperuntukkan bagi mereka yang ingin bekerja menjadi penulis naskah iklan. Akan tetapi, penting juga bagi para young entrepreneur yang ingin membujuk target konsumen untuk melakukan tindakan sesuai dengan goals yang diinginkan.

Kuasai Teknik Storytelling & Creative Writing untuk Non-Fiksi
Bagi penulis, koneksi dengan pembaca sangat penting agar pesan dapat tersampaikan dengan baik. Oleh karena itu, teknik bercerita ini cocok digunakan untuk membawa pembaca larut dalam narasi yang kita tulis. Menurut Meutia Azzura, sang instruktur, manfaat menulis dengan teknik storytelling dan creative writing adalah tulisan memiliki nyawa dan rasa sehingga menarik minat pembaca.

Storytelling bahkan bisa digunakan untuk membangun citra sebuah merek. Aku ingat betul, waktu itu tahun 2019, saat mengadakan kegiatan pelatihan Industri Kecil dan Menengah (IKM) di tempat kerja salah satu narasumber membawa kerajinan yang unik. Aku bilang unik karena mereka bukan hanya menjual produk semata. Akan tetapi juga menjual storytelling tentang produk tersebut yang diproduksi oleh orang-orang eks pengemis di daerah Muntigunung, Bali. 

Ketika cerita yang diangkat menggugah perasaan pembaca secara personal, bukan tidak mungkin yang tadinya kita tidak ingin membeli produk tersebut jadi tergugah untuk beli, kan? Meutia Azzura juga memberikan tips untuk menciptakan brand storytelling yang efektif yaitu dengan bercerita secara sederhana, adanya koneksi dengan konsumen, kisah yang menyentuh, dan narasi yang unik. Hmm, bagaimana tertarik juga untuk membangun brand storytelling produkmu? 

Setelah mengikuti dua kelas online tadi, kira-kira kelas apalagi yang menarik dan worth it untuk dipelajari? Kalian yang punya rekomendasi kelas di Skill Academy bisikin ke aku, ya!



You Might Also Like

3 comments

  1. Makasih ya, Kak. Aku jadi tau sekarang kelas online yang ada di Skill Academy. Sangat bermanfaat. Semoga sehat selalu, Kak.

    BalasHapus
  2. Wahh...perlu sharing nih tentang storytelling. Ketimbang aku ambil kelas, belajar dari bareng aja yuhh. hahaha

    BalasHapus