Manfaat Skill Academy Bagi Seorang Blogger


Ada yang pernah bercita-cita ingin menjadi jurnalis? Tos dulu kita! Saat usiaku masih belasan tahun, hasrat untuk menjadi jurnalis begitu kuat. Daftar kuliah pun memilih program studi ilmu komunikasi. Lulus seleksi atau tidak? Tentu tidak, dong. Dari SMK jurusan administrasi perkantoran kok loncat jauh banget ke ilmu komunikasi. Ya sudah pasti ditolak. 

Mengapa ingin sekali menjadi jurnalis? Membagikan informasi yang bermanfaat kepada orang lain melalui tulisan membuat perasaan ini sangat senang. Aku juga tertarik dengan kehidupan jurnalis yang tak pernah lelah berburu informasi bak seorang petualang. 

Dibalik kegagalan itu, Allah telah menyiapkan hadiah yang lebih indah. Aku justru diterima beasiswa penuh dari Kementerian Perindustrian. Alhamdulillah. Jalan ini pula yang membawaku mengenal beberapa rekan blogger dalam komunitas pariwisata di Banjarnegara. Paham kan kalau disatukan dengan teman satu frekuensi? Rasanya semangat untuk menulis di blog semakin menggebu-gebu. 

Nyatanya, untuk berbagi melalui tulisan tidak harus menjadi jurnalis. Menjadi blogger juga bisa melakukan hal tersebut. Setelah tidak memperpanjang kontrak kerja di akhir 2019, aku memutuskan untuk membuka usaha bersama teman dan fokus menulis di blog. Karena tidak pernah mengikuti kelas menulis sebelumnya, tulisanku pun sedikit membosankan. "Duh, mau jadi blogger profesional masa tulisanku begini", pikirku.

Aku harus meningkatkan kemampuan agar karyaku dapat dinikmati dan bermanfaat untuk pembaca. Apa saja kemampuan menulis yang harus dimiliki sebagai seorang blogger?


Kemampuan Menulis yang Harus Dimiliki Blogger


Menulis yang efektif, persuasif, dan informatif tentu tidak mudah, ya. Agar tulisan enak dibaca, tidak membosankan, dan memiliki kekuatan, minimal ada 3 kemampuan yang harus dimiliki seorang blogger.

Creative Writing
Tujuan penulisan kreatif adalah untuk menghibur, memberikan edukasi kepada orang lain, atau mengekspresikan pikiran. Melalui creative writing, seorang blogger dapat memunculkan imajinasi pembaca, menginspirasi, serta meningkatkan daya kritis bagi pembacanya.

Copywriting
Sebagai seorang profesional blogger, kamu tentunya pernah bahkan sering dihubungi oleh beberapa brand untuk bekerja sama, kan? Nah, saat menulis tentang brand tersebut, blogger harus menjual kata-kata untuk membujuk pembaca melakukan tindakan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Inilah yang dinamakan copywriting. Dalam sebuah artikel di blog, copywriting style yang digunakan biasanya storytelling. Karena storytelling memudahkan penyampaian pesan dan manfaat dari sebuah produk yang dilakukan secara soft selling.

Storytelling
Narasi yang bercerita dan tidak kaku lebih menyentuh bagi para pembaca. Dalam mempromosikan sebuah produk di blog, akan lebih baik jika tidak direct dan agresif. Blogger sebaiknya menggunakan teknik storytelling untuk memainkan emosi pembaca. Sehingga mereka ikut merasakan apa yang ditulis oleh penulis dan mau melakukan tindakan sesuai dengan yang diharapkan. Kekuatan storytelling terletak pada nilai pesan yang ingin disampaikan.

Dari ketiga kemampuan di atas, tentu aku belum menguasai semua. Masih perlu untuk banyak belajar. Selama setahun terakhir, aku memutuskan untuk mengikuti kelas online dengan tema yang tidak jauh dari ilmu penulisan. Berhubung pandemi juga, jadi lebih baik produktif di rumah saja sambil upgrading skills. 

Awalnya bingung mau ambil kelas di mana, karena banyak sekali platform pelatihan online yang menyediakan kelas-kelas tersebut. Setelah membaca beberapa ulasan dan mendapat rekomendasi dari teman, akhirnya aku memilih untuk mengambil kelas pelatihan di Skill Academy.


Tentang Skill Academy by Ruangguru


Skill Academy merupakan platform pelatihan online nomor satu di Indonesia hasil inovasi dari Ruangguru. Kehadirannya menjadi solusi bagi masyarakat baik mahasiswa, profesional, maupun umum, untuk meningkatkan skills. Berbagai kategori pelatihan dihadirkan dengan harga yang terjangkau. Mulai dari puluhan ribu saja. 

Skill Academy memberikan dua pilihan bagi para penggunanya untuk mengakses materi pelatihan, yaitu melalui website dan aplikasi. Pada tahun 2020, Skill Academy berhasil mendapatkan penghargaan Best Personal Growth App dari Google Play Store atas pencapaian 4 juta pengguna dalam satu tahun dan rating 5 sempurna dari users.

Sebagai bentuk komitmen untuk memberikan materi pelatihan terbaik, Skill Academy menghadirkan instruktur yang ahli dibidangnya. Tidak heran jika materi yang disampaikan relate dengan dunia kerja.

Tidak sampai di situ saja. Agar peserta pelatihan lebih siap untuk berkarir setelah belajar, Skill Academy membuka career mentoring yang akan membimbing anggotanya dalam mendapatkan pekerjaan. Syaratnya cukup membeli minimal 2 kelas dan melakukan pendaftaran program career mentoring. Keuntungan mengikuti program tersebut adalah mendapatkan bimbingan dan materi tentang pembuatan CV, surat lamaran, tips menghadapi interview, dan Linkedin branding. Sangat bermanfaat, kan? 


Cerita Mengikuti Kelas Skill Academy


Aku tipe orang yang mudah belajar di manapun dan kapanpun. Misalnya, dalam perjalanan ke luar kota, aku menyempatkan untuk menyimak materi pelatihan. Oleh karena itu, dibutuhkan platform pelatihan online yang mudah digunakan dalam satu genggaman, seperti Skill Academy.

Saat ini aplikasi Skill Academy telah diunduh oleh jutaan orang dan memiliki rating yang sangat bagus. Wajar saja, ya, karena selain easy to use, navigasinya pun jelas, dan dapat dimengerti. 

Waktu aku buka jenis kelasnya, ternyata sangat beragam. Jumlahnya lebih dari 100 kelas dengan beberapa kategori seperti bisnis & keuangan, pemasaran, pengembangan diri, teknologi & software, persiapan tes, hingga mentoring. Kelasnya pun selalu ditambah dengan tema baru sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi yang ada.

Dalam proses belajar, aku tidak hanya menyimak video dari instruktur. Tapi juga membuat catatan terkait materi yang disampaikan beserta contohnya. Eh, ternyata Skill Academy memberikan ringkasan materi dalam bentuk PDF pada akhir sesi. Alhamdulillah jadi punya materi dobel, nih.

Untuk tipe orang yang malas mencatat, memilih kelas di Skill Academy sangat direkomendasikan. Mengapa? Karena Skill Academy memberikan lifetime access kepada para pengguna. Tidak perlu takut videonya kedaluwarsa atau tidak dapat diakses lagi, ya. Mau mengulang materi kapan saja bisa. Tinggal masuk ke akun masing-masing dan pilih menu 'kelas saya'. 

Setelah menyelesaikan semua materi dan lulus exam, aku mendapat dua sertifikat yaitu Certificate of Excellence dan Certificate of Completion. Bisa banget, nih, dipakai untuk melamar pekerjaan. Salah satu kelas yang aku ikuti di Skill Academy adalah storytelling dan creative writing untuk non-fiksi.


Kelas Storytelling dan Creative Writing untuk Non-Fiksi


Enaknya mulai menulis cerita dari mana, ya? Begitu pertanyaan yang selalu muncul setiap mau ngeblog. Sampai akhirnya aku memutuskan untuk membeli kelas "Kuasai Teknik Storytelling & Creative Writing untuk Non-fiksi." Kelas ini ditujukan bagi penulis pemula yang tertarik menuliskan artikel non-fiksi menggunakan gaya storytelling. Ah, ini sih kursus online favorit aku! 

Terdapat 10 topik dan 24 materi yang dikemas dalam video dengan total durasi 3 jam 15 menit. Meutia Azzura, sang instruktur, menyampaikan bahwa ada tiga manfaat penggunaan storytelling dan creative writing.

  1. Membuat tulisan lebih hidup, tidak monoton, dan memiliki rasa. Sehingga lebih menarik minat pembaca.
  2. Pesan yang akan disampaikan mudah dipahami karena gaya tulisannya ringan dan tidak kaku.
  3. Pesan mudah diingat karena materi yang ditulis relevan dengan khalayak.
Dalam penulisan kreatif, seorang penulis pemula harus memerhatikan tata bahasa, ejaan, dan tanda baca. Karena kesalahan penulisan dapat membuat kesan negatif pembaca. Setiap menulis, sebaiknya posisikan diri sebagai pembaca juga. Sesuaikan gaya tulisan dengan audiens yang dituju.

Meutia menambahkan bahwa jenis tulisan yang populer atau menarik dibaca khalayak ada tiga.

  1. Menggugah emosi. Tulislah kisah yang dapat membuat pembaca tertawa, menangis, kecewa, kesal, atau ikut bahagia.
  2. Mengedukasi. Tulislah artikel yang dapat menambah kemampuan orang lain atau membuat orang tersebut mempelajari hal-hal baru.
  3. Menginspirasi. Tulislah cerita yang dapat membuat perubahan pola pikir pembaca ke arah yang lebih baik.
Dari mengikuti kelas ini aku belajar banyak hal bahwa tulisan yang baik 'mahal' harganya. Untuk dapat menulis sesuai dengan teknik yang diajarkan, rutinlah menulis. Nanti akan bertemu pada suatu titik "Inilah gaya tulisanku."


Lebih Siap untuk Membuat Portofolio Melalui Blog


Ada salah satu platform fundraising yang aku incar untuk dapat bekerja di sana. Aku senang dengan misi sosial mereka yang ingin membantu banyak orang. Dalam kampanyenya, platform fundraising online ini selalu menggunakan teknik storytelling dan creative writing untuk mengajak orang berdonasi. Aku bahagia jika dapat berbagi melalui tulisan dalam kegiatan kemanusiaan. 

Setelah mengikuti kelas Kuasai Teknik Storytelling & Creative Writing untuk Non-fiksi di Skill Academy, aku lebih siap dan percaya diri untuk membuat portofolio melalui blog. Nantinya portofolio akan digunakan untuk melamar kerja di perusahaan tersebut. Mengingat, sekarang persaingan sangat ketat sehingga menuntut setiap orang untuk terus meningkatkan keterampilan. Doakan, ya, teman-teman. Semoga aku dapat segera bergabung dengan Indonesia's Fundraising Platform yang aku incar.

Di Skill Academy juga ada beberapa materi lain tentang dunia blog seperti SEO, monetisasi blog, bahkan cara membuat blog yang sangat membantu blogger untuk meningkatkan kemampuan.

Waktu, tempat, tenaga, dan biaya, bukan lagi menjadi alasan untuk tidak meningkatkan kualitas diri. Karena dengan adanya Skill Academy, dapat menjadi solusi untuk upgrading skills, baik technical skill maupun soft skill

Aku sudah merasakan manfaat Skill Academy. Kamu kapan?

You Might Also Like

22 komentar

  1. Bener banget, nih. Blogger bukan hanya tentang nulis menulis aja. Karena menulis pun punya seni, dan harus dikembangkan dengan softskill lainnya. Contohnya Copywriting. Aku juga ikut kelas ini sih, Mbak Sovi. Dan pelatihan di Skill Academy juga menurutku asyik banget! Mudah dipahami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuuu, Mbak Ika. Kalau nggak dikembangkan nanti tulisannya stagnan gitu-gitu aja. Yuk, ikut kelas lainnya juga selain copywriting.

      Hapus
  2. Waah senangnya sudah belajar kemampuan penunjang ngeblog di Skill Academy. Setuju saya, creative writing, copywriting, dan story telling adalah 3 kemampuan yang harus dipelajari oleh seorang blogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya, nih, Bun. Soalnya Skill Academy easy to use dan harganya terjangkau. Makanya buru-buru beli kelasnya biar skill-nya makin oke.

      Hapus
  3. Mpo juga pernah ikutan skill academy. Membantu kita mengali potensi diri untuk terus berkembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mpo. Apalagi pilihan kelasnya banyak banget, yaa.

      Hapus
  4. Yeaaayyy, Kak Sovi kreatif, semangat dan bertalenta!
    Mengikuti aneka course d SKILL Academy udah pasti pilihan terbaiiik ya
    Good job!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duhh, makasih loh Mbak Nurul yang lebih bertalenta. Jadi ingin terbang aku, nih. Wkwk.

      Hapus
  5. Alhamdulillah sekarang banyak pelatihan untuk menulis ya termasuk untuk menulis blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Alhamdulillah bisa belajar dengan mudah ilmu yang nggak diajarkan saat kuliah.

      Hapus
  6. Ternyata banyak banget ya manfaat dengan mengikuti skill academy ini.. aku setuju banget siapapun kita dan apapun profesinya harus terus meningkatkan skill untuk dapat terus berkarya dan tentunya bisa berdaya atau menghasilkan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Elly. Upgrade terus biar nggak ketinggalan. Hehee.

      Hapus
  7. Aku juga lagi ikut kursus di skill academy loh mba. Tapi kelas nya kelas excell. Biar makin pinter operasiin excell

    BalasHapus
  8. beberapa lama ini aku banyak review tntenag berbagai pelatihan dan skills yang ditawarkan di sini ya mba. Semangat untuk maju selaluu

    BalasHapus
  9. Bloger menulis selain untuk dirinya ajuga untuk pembaca setia blognya, makanya ilmu menulis harus diupgrade terus, salah satunya melalui Skill Academy yg dapat diakses dari mana saja ya, mba.
    Kemampuan menulis meningkat, pembaca makin betah menikmati tulisan2 blog.

    BalasHapus
  10. Gak ada alasan lagi buat gak belajar yaa kak. Mau belajar apa aja ada di skill academy. Hihihi

    BalasHapus
  11. Wah seringnya kalau kelas selesai tu video dan materi gak bisa diakses ya tapi kalau di skill academy bisa lama aksesnya bahkan kalau dah gak kursus lagi, gud

    BalasHapus
  12. Wah dapat sertifikat dari Skill academy, senang deh bisa dapat pengakuan secara ga langsung dengan skill yang kita punya. Jadi pengen deh ikutan juga

    BalasHapus
  13. Kelasnya banyak banget ya ternyata sampai 100 lebih gt duh jadi pengen juga nih belajar lagi update ilmu di Skill academy.

    BalasHapus
  14. iyaa aku juga sering ikut kelas2 gitu mbaa. di SA aku udah ambil 3 kelas nih, semuanya cukup bermanfaat buatku, sekalipun belum ke hal-hal teknis yaa yang diajarkan. makasih buat tulisannya yaa mba :)

    BalasHapus
  15. Keren juga nih materi kursusnya. Siapa tau tulisan jadi makin kece badai. Bisa sering menang lomba blog ya.

    BalasHapus
  16. Wah itu ID Card-nya bikin mupeng deh
    Trus sertifikatnya juga
    Tapi saranku jangan di share utuh Mbak agar tidak ada yang salah gunakan

    BalasHapus