Tips Menjalani Ramadan Extra Faedah

Ramadan Extra Faedah

Beberapa hari terakhir, anak-anak di sekitar rumah ramai menyalakan petasan. Iklan sirup dan sarung di televisi sudah sering ditayangkan. Resep makanan untuk berbuka puasa mulai bermunculan. Itu tandanya sebentar lagi akan datang bulan Ramadan. Yey, alhamdulillah!

Kamu sudah mempersiapkan apa saja supaya tahun ini Ramadan Extra Faedah? Mengingat, untuk kedua kalinya harus menjalani Ramadan dalam situasi pandemi. Semua kegiatan masih serba terbatas, ya, Gengs. Larangan mudik pun telah disampaikan oleh pemerintah. Sedih pasti, tapi ini bukan halangan untuk tetap berkreasi. Apalagi sampai memutus tali silaturahmi.

Tahun lalu, kegiatan yang identik dengan bulan Ramadan seperti sahur on the road, ngabuburit, buka bersama, dan solat tarawih berjamaah di masjid, terpaksa harus aku jalani di rumah saja atau melalui virtual. Tahun ini pun sepertinya masih akan sama. Walau bagaimanapun, aku percaya kalau virus Covid-19 benar-benar ada.

Meski semua masih serba online, jangan sampai mengurangi kualitas ibadah. Jangan pula menjadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Lakukan kegiatan yang berfaedah selama bulan Ramadan. Karena di bulan yang penuh berkah ini, Allah telah menjanjikan setiap amalan ibadah pahalanya berlipat ganda. Nah, biar Ramadan Extra Faedah, aku punya beberapa tips buat kamu.


Tips Menjalani Ramadan Extra Faedah

Ramadan Extra Faedah

Ramadan bukan hanya tentang puasa untuk menahan lapar dan haus, ya, Gengs. Tapi juga menahan diri dari perkataan dan perbuatan yang tidak berfaedah. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk membuat Ramadan Extra Faedah antara lain.

Perbanyak Ibadah
Ramadan menjadi momen yang tepat untuk memperbanyak ibadah dengan salat berjemaah bersama keluarga, memperbanyak salat sunah, membaca Al-Qur'an, mengikuti pengajian secara virtual, dan berzikir. 

Tetap Produktif
Siapa yang setelah sahur suka tidur lagi? Bagaimana rasanya ketika bangun? Jadi lemas, kan? Memang tidak dianjurkan untuk tidur setelah sahur, ya, Gengs. Mending ambil air wudu, terus membaca Al-Qur'an sambil menunggu azan subuh. Setelah itu jalan-jalan di sekitar rumah. Karena udara pagi hari sangat baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Untuk yang belum bekerja, dapat mengisi waktu agar tetap produktif dengan mengikuti kelas online. Banyak sekali kelas online yang dapat meningkatkan keterampilan baik berbayar maupun gratis, lho.

Jalin Silaturahmi Meski Pandemi
Walaupun masih dalam situasi pandemi, jangan sampai putus silaturahmi. Karena silarurahmi dapat memperpanjang umur dan melapangkan rezeki. Buka puasa atau sahur bersama keluarga bisa dilakukan secara virtual dengan adanya kemajuan teknologi. Apalagi sinyal internet sekarang hampir merata ada di seluruh pelosok negeri. 

Berbagi Dengan Sesama
Acara bagi-bagi takjil gratis, buka bersama di panti asuhan, dan sahur on the road sangat lazim kita jumpai di bulan Ramadan. Banyak orang baik yang ingin bersedekah di bulan penuh berkah. Berhubung masih pandemi, kegiatan ini bisa kita lakukan dengan menyalurkan donasi ke lembaga terkait. Yang penting niat untuk melakukan kegiatan extra faedah telah dicatat malaikat sebagai ibadah.

Menyalurkan Hobi
Jam kerja bulan Ramadan pastinya lebih singkat daripada hari biasa. Selain memanfaatkan waktu untuk berkumpul dengan keluarga, kita dapat mengisi kekosongan dengan menyalurkan hobi. Seperti memasak, berkebun, main game, nonton film, atau ngeblog. Berfaedah banget, kan? Jadi tidak terasa kalau sedang puasa. Nanti tahu-tahu sudah magrib. Asyiiiiiiik.

Membuat Konten Positif dan Berfaedah
Para content creator sudah menyusun program apa saja untuk bulan Ramadan? Pasti sudah banyak banget list-nya buat 30 hari, ya. Membuat konten yang positif dan berfaedah lalu membagikannya ke media sosial dapat mendatangkan manfaat dan pahala, lho. Eits, bukan hanya itu saja. Ternyata bisa juga dapat berbagai hadiah menarik. Bagaimana caranya? Ikutan #RamadanExtraFaedah bareng smartfren, dong.


Ramadan Extra Faedah Bersama smartfren

Ramadan Extra Faedah

Sejak berdiri, smartfren berkomitmen untuk menjadi platform yang bermanfaat bagi content creator dan brand lokal. Hal ini dibuktikan dengan adanya program kokreasi. Salah satunya adalah kokreasi smartfren yang bekerja sama dengan visual artist Hana Madness dan produsen fesyen lokal Koolastuffa. Ada merchandise berupa kemeja koko dan syal yang dikeluarkan pada Ramadan kali ini. Hasil penjualannya akan disalurkan ke Benih Baik untuk mendukung UMKM milik penyandang disabilitas, kegiatan kampanye sosial, dan mendukung pembangunan rumah baca. Masya Allah. Yuk, kita dukung programnya!

Selain itu, pada bulan Ramadan 1442 Hijriyah, smartfren menghadirkan berbagai macam kegiatan bertajuk #RamadanExtraFaedah dengan memanfaatkan teknologi digital. Tujuannya, untuk menyebarkan konten berfaedah dan menginspirasi banyak orang untuk berbuat kebaikan. 

Rangkaian acara tersebut adalah Ngonten Extra Faedah, Sahur Extra Faedah, Ngabuburit Extra Faedah, Extra Seru Bareng Para Pencari Tuhan, Keluarga Extra, Wow Talks with Idol Extra, Konser Kemenangan Extra, Rejeki Wow, dan Extra Promo. 

Deputi CEO smartfren, Djoko Tata Ibrahim, dalam acara press conference mengatakan bahwa pandemi bukanlah halangan untuk menjalani Ramadan dengan penuh makna. "Smartfren bersama Arief Muhammad dan Anya Geraldine mengajak anak-anak muda untuk menyebarkan kebaikan dengan menciptakan konten-konten berfaedah di media sosial", ungkapnya.

Dengan begitu diharapkan dapat memicu kreativitas dan membuka peluang bagi masyarakat untuk berkreasi dan membuat Ramadan kali ini extra faedah.


Ngonten Extra Faedah


Bikin konten berfaedah dan dapat hadiah, siapa yang tidak mau? Ya mau banget, dong! Periode digital competition dari smartfren ini dimulai tanggal 7 April-12 Mei 2021. Hadiahnya banyak bangeeeeet, Gengs. Kamu bisa menangin Asus Note Book A56, Sepeda Exclusive Addy Debil, Kamera Fujifilm Xa5, iPhone 12, PS 5, Handphone Samsung, dan masih banyak lagi. Hadiah ini akan diundi setiap minggu. Ngiler, kan? Hahaha.

Buat ikutan Ngonten Extra Faedah caranya gampang banget.
  1. Follow Instagram @smartfrenworld
  2. Buat konten Extra Faedah versi kamu berupa video atau foto dengan caption paling faedah.
  3. Unggah ke Instagram kamu, tag dan mention @smartfrenworld.
  4. Gunakan tagar #RamadanExtraFaedah, #UnlimitedBisaSemua, dan mention teman kamu.
  5. Unggah sebanyak-banyaknya karena tidak ada batasan jumlah submission.
Setelah bikin konten mau unggah takut kuota jebol? Tenang wahai para kaum fakir kuota. Karena smartfren punya Extra Unlimited Malam Full Speed. Kamu bisa menikmatinya mulai pukul 01.00-05.00. Sambil sahur, bisa unggah konten yang sudah dibuat. Extra Unlimited Malam Full Speed juga dapat mendukung kegiatan positif yang penuh faedah lainnya saat sahur.

Yuk, bikin tahun ini Ramadan Extra Faedah dengan membuat dan menyebarkan konten positif!


 

You Might Also Like

28 komentar

  1. selamat menjalankan ibadah puasa ya kak :D sukses dan sehat selalu

    BalasHapus
  2. thank you for all the tips mbaaa. Aku juga berharap Ramadhan kali ini akan penuh dengan manfaat serta berkah-Nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Selamat menunaikan ibadah puasa, Mbak Indah.

      Hapus
  3. Semogaaa kita bisa optimal dalam menjalankan Ibadah ramadan yaa
    btw, sukaaaakk bgt dgn program2 SMARTFREN
    beneran memahami para user yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, Mbak. Smartfren paling mengerti generasi milenial dan gen Z, nih. Hihi.

      Hapus
  4. awww.. seruu banget nih digital competition yang diadakan smartfren.. ini mah ramadhan jadi berfaedah banget. Apalagi kalo menang ya.. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuuulll. Ayo ikutan, Mbak Thya. Lumayan hadiahnya buat lebaran wkwk.

      Hapus
  5. aku udah ikutan dong di Instagram. Aku ikut yang saut sautan pantun sama Syakir Daulay, doain aku menang ya....
    Mupeng banget sama hadiahnya...

    BalasHapus
  6. Jangan pernah mensia-siakan ramadhan karena pahala melimpah ruah dan momentum ramadan berfaedah

    BalasHapus
  7. Ramadan berfaedahku seperti hari biasa karena hari biasa juga udah sibuk wkwkw... Banyakin ibadah dan sedekah aja nih di bulan ramadan.

    BalasHapus
  8. ramadan kali ini lebih terasa sibuk juga sih buatku mba, soalnya cukup banyak agenda dan ketambahan anak sekolah di rumah kan yaa haha jadi yang namanya internet lancar itu udah wajib deh.. biar semua urusan, kerjaan, dan sekolah anak lancar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau internet nggak lancar bikin uring-uringan, ya, Mbak. Wkwkw

      Hapus
  9. Ramadan kudu banget memberikan yang ekstra yaa..
    Tidak banyak berbicara tapi banyak melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk lingkungan.
    Dengan Smarfren, semua kegiatan ekstra faedah bisa terwujud dengan mudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Pahalanya kan ekstra. Ibadahnya juga harus ekstra, dong. Hehe

      Hapus
  10. Wah hadiahnya menarik sekali. Tinggal bikin kontennya nih, selain menarik tentu saja wajib yang bermanfaat ya mbak, jgn sekadar viral:D
    Makasih info lombanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, pastinya, Mbak. Semangat bikin kontennya. Semoga menang, ya, Mbak.

      Hapus
  11. Keren nih smartfren menginisiasi kaum muda milenial atau yang estewe kayak diriku ini untuk tetap rajin membuat konten yang berfaedah selama bulan Ramadhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo berlomba-lomba bikin konten yang berfaedah, Mbak Uniek. Hihi.

      Hapus
  12. Bismillah semoga Ramadan ini makin produktif engga males malesan mentang mentang puasa hahaah harus tetep positif dan pastinya makin aktif kalau pakai smartfren yaaa

    BalasHapus
  13. Ramadan kali ini udah lumayan ramai, sudah banyak yang berangkat tarawih, ngabuburit sore hari. Walaupun tetap harus menjaga protokol kesehatan. Tapi udah menyenangkan daripada tahun kemarin, sepi sangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uhuiii. Jangan lama-lama lah cororonya di Indonesia. Udah pengin bebas rasanya, ya, Ikk.

      Hapus
  14. Semoga Ramadan kali ini semakin banyak pahala yang bisa kita kumpulkan ya mba, sehat sehat dan selamat berpuasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin yaa rabbal'alamiin. Selamat puasa juga, Mbak Ima.

      Hapus