Selain Menyucikan Harta, Zakat Dapat Membantu Duafa dan Program Lumbung Desa


Pada suatu pagi setelah melaksanakan salat subuh, seorang perempuan paruh baya mendapat surel masuk bertuliskan "Bayi-bayi Mungil Lahir dengan Selamat Berkat Zakatmu." 

Lalu di tempat lain, seorang pemuda yang rutin menunaikan zakat profesi juga mendapat surel dengan judul "Ratusan Petani Mendapatkan Hadiah Traktor Baru Berkat Zakatmu".

Siapa yang tidak bahagia menerima kabar seperti itu? Zakat yang ditunaikan ternyata bukan hanya berdampak baik untuk diri sendiri. Akan tetapi, juga dapat membantu orang lain yang membutuhkan. Bahkan, bisa menyelamatkan nyawa seseorang.

Seperti yang kita ketahui, menunaikan zakat sama dengan membersihkan atau menyucikan harta. Rezeki orang yang rutin bayar zakat tidak akan berkurang. Justru akan dilipatgandakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Seperti firman Allah dalam Al-Qur'an Surat Ar-Rum ayat 39 "...... Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk memperoleh keridaan Allah, maka itulah orang-orang yang melipatgandakan (pahalanya)."  Sejatinya, dalam Al-Qur'an disebutkan bahwa pada harta yang dimiliki seseorang, di dalamnya terdapat hak orang lain yang Allah titipkan dan harus diberikan kepada yang berhak melalui zakat, infak, atau sedekah.

Sebagai rukun islam yang ketiga, zakat hukumnya wajib bagi umat muslim yang mampu. Mampu di sini berarti memiliki makanan pokok melebihi kebutuhan dirinya sendiri dan keluarganya untuk sehari semalam. Dalam Al-Qur'an cukup banyak ayat yang menjelaskan tentang kewajiban berzakat. Umumnya, ayat tersebut beriringan dengan kewajiban mendirikan salat. Oleh karenanya, ibadah salat dan zakat memiliki persamaan dalam keutamaannya.

Kemajuan teknologi internet mempermudah setiap muslim untuk melaksanakan zakat di mana saja dan kapan saja. Bahkan dalam kurun waktu kurang dari satu menit kita dapat menunaikan zakat melalui lembaga-lembaga terpercaya. Salah satunya adalah Sinergi Foundation.


Menunaikan Zakat Melalui Sinergi Foundation


Sinergi Foundation sebagai lembaga independen milik publik, menaruh perhatian untuk mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi Sosial-Pemberdayaan berbasis Wakaf Produktif dan ZIS (Zakat, Infak, Sedekah). Hingga Desember 2020, jumlah penerima manfaat telah mencapai 770.752 orang dari 37.659 donatur bersinergi dan 13.047 mitra bersinergi. 

Membayar zakat secara online menjadi salah satu pilihan, terutama di masa pandemi yang belum berakhir seperti sekarang. Tak perlu keluar rumah, waktu yang diperlukan untuk bayar zakat online melalui Sinergi Foundation tak sampai satu menit. Selain itu lebih praktis karena cukup bermodalkan ponsel dan kuota internet. Apalagi metode pembayaran yang tersedia sangat beragam baik melalui bank transfer maupun e-wallet. Sehingga lebih memudahkan masyarakat untuk menunaikan kewajibannya. 

Sebagai lembaga pengelola zakat, Sinergi Foundation memiliki 6 jenis zakat yaitu Zakat Profesi, Zakat Fitrah, Zakat Maal (tabungan, emas, perak), Zakat Perniagaan, Zakat Perusahaan, dan Zakat Peternakan. Setiap jenisnya memiliki perhitungan yang berbeda. Tak perlu khawatir dengan perhitungan tersebut karena Sinergi Foundation menyediakan fasilitas kalkulator zakat.

Oh iya, menjelang akhir Ramadan, kita dapat menyempurnakan ibadah dengan menunaikan zakat fitrah melalui Sinergi Foundation. Insya Allah, zakat fitrah yang diamanahkan akan digunakan untuk membeli beras dari para petani Lumbung Desa untuk selanjutnya disalurkan kepada duafa. Batas pembayaran zakat melalui lembaga yang beralamat di Jl. HOS Tjokoaminoto (Pasirkaliki) No. 143 Bandung ini sampai H-2 Idulfitri, ya. 

Bukannya zakat fitrah dibayarkan saat malam Idulfitri? Benar. Waktu wajibnya memang setelah matahari terbenam pada malam Idulfitri. Namun, tidak ada larangan jika ingin menunaikannya sebelum waktu tersebut. Majelis Ulama Indonesia melalui Fatwa Nomor 23 Tahun 2020 mengatakan bahwa "Zakat fitrah boleh ditunaikan dan disalurkan sejak awal Ramadan tanpa harus menunggu malam Idulfitri." 

Hanya ada 7 langkah untuk membayar zakat melalui Sinergi Foundation.
  1. Buka website Sinergi Foundation.
  2. Pilih "Donasi Zakat".
  3. Pilih jenis zakat yang ingin dibayarkan.
  4. Masukkan nominal donasi lalu klik tunaikan zakat.
  5. Pilih metode pembayaran dan isi data donatur.
  6. Lakukan pembayaran. Jangan lupa untuk membaca niatnya.
  7. Konfirmasi donasi. Akan ada email serta pesan melalui WhatsApp jika zakat telah diterima.
Ada banyak kebaikan yang tercipta dengan berzakat melalui Sinergi Foundation. Uang yang terkumpul akan disalurkan kepada penerima yang membutuhkan dan untuk kegiatan sosial seperti pemberdayaan petani dan nelayan melalui program Lumbung Desa serta membantu ibu duafa melahirkan secara gratis.


Bantu Ibu Duafa Melahirkan Secara Gratis


Kehamilan menjadi momen yang sangat dinantikan oleh setiap perempuan yang telah menikah. Perjuangan untuk melewati masa mengandung pun tak mudah. Rasa gundah menanti lahirnya sang buah hati kian memuncak tatkala suami memiliki penghasilan rendah. Mereka pun tak hentinya memanjatkan doa sepanjang malam di atas sajadah. Berharap ada donatur yang membantu biaya persalinan secara gratis dan tentunya, semoga persalinan dipermudah.

Lalu, apa solusi bagi ibu duafa untuk dapat melahirkan secara gratis?

Di Bandung, ada Rumah Bersalin Cuma-cuma (RBC) yang membantu ibu duafa melahirkan secara gratis. RBC juga memberikan layanan gratis lainnya seperti pemeriksaan kehamilan, imunisasi, dan pemantauan tubuh kembang anak hingga usia 1 tahun. Sejak Oktober 2004 hingga Desember 2020, RBC telah memberikan 15.049 layanan kesehatan kepada mereka yang kurang mampu. Keberhasilan program tersebut tentunya tak lepas dari adanya sinergi zakat yang disalurkan melalui Sinergi Foundation.

Meski namanya Rumah Bersalin Cuma-cuma, pelayanan yang diberikan petugas kesehatan kepada duafa sangat maksimal. Jika zakat yang ditunaikan dapat menyelamatkan nyawa ibu dan bayinya lahir ke dunia, maka akan menjadi amal jariyah bagi kita semua.

Andai bayi-bayi tersebut ketika lahir dapat berbicara, mereka pasti akan mengucapkan:

"Terima kasih Om dan Tante yang telah menjadi donatur sehingga aku lahir ke dunia dengan selamat. Aku tahu perjuangan Ibu dan Ayah selama aku dikandungan sangat berat. Ibu dan Ayah mencari nafkah untuk biaya hidup sehari-hari sampai malam. Meski sudah berjuang hingga matahari terbenam, orang tuaku tak mampu menabung untuk biaya persalinan. Penghasilannya hanya cukup untuk makan. Berkat donasi Om dan Tante, alhamdulillah Ibu bisa melahirkan aku tanpa dikenakan biaya. Insya Allah aku akan menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tuaku."


Berdayakan Petani dan Nelayan Melalui Program Lumbung Desa 


Sejak kecil, aku tinggal di desa yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani. Sayangnya, tak sedikit dari mereka yang harus bekerja pula menjadi buruh bangunan karena hasil dari lahan pertanian tak mampu untuk mencukupi kebutuhan. Keadaan ini diperparah dengan semakin sempitnya lahan yang beralih fungsi menjadi gedung perkantoran. Padahal, desa merupakan penyangga utama ketahanan pangan nasional. 

Guna mengembalikan desa pada cita-cita awal yaitu sebagai sumber pangan di Indonesia, Sinergi Foundation membuat program Lumbung Desa. Sampai tahun 2020, sebanyak 180 petani di Cigalontang, Tasikmalaya dan 234 petani di Compreng, Subang telah diberdayakan berkat zakat dari ribuan donatur yang bersinergi. Program Lumbung Desa pun diperluas penerima manfaatnya, bukan hanya petani, tapi juga para nelayan di Banyuwangi. 

Setidaknya, ada 237 nelayan Fish Bank yang kini tak mengalami kesulitan lagi ketika menangkap ikan. Fish Bank merupakan rumah ikan yang dirancang dari pelepah kelapa dan bambu. Rumah tersebut dibuat sekat-sekat menyerupai apartemen untuk melindungi telur dan anak ikan. Para nelayan pun tersenyum bahagia saat mendapati tangkapan ikannya begitu banyak. Kebahagiaan mereka akan terus berlanjut berkat zakat dari kita semua.

Bantuan bagi petani dan nelayan dari dana zakat yang terkumpul melalui Sinergi Foundation digunakan untuk berbagai kegiatan seperti berikut.

  1. Bantuan modal untuk mitra tani dan nelayan;
  2. Pembibitan;
  3. Pembelian lahan dan pembangunan gudang saprotan;
  4. Perbaikan kualitas beras;
  5. Pembuatan bagan tanam;
  6. Peningkatan keterampilan petani dan nelayan;
  7. Pemantapan desa wisata (Cigalontang); serta
  8. Pemberian Fish Bank dan bantuan alat selam.
Insya Allah harta yang digunakan untuk membayar zakat menjadi catatan amal saleh dan tabungan di akhirat kelak. Aamiin yaa rabbal'alamiin.

Yuk, terus bersinergi dalam kebaikan dengan menunaikan zakat melalui Sinergi Foundation. Karena selain menyucikan harta, zakat dapat membantu ibu duafa melahirkan secara gratis dan memberdayakan petani melalui program Lumbung Desa.



***
Sumber: https://www.sinergifoundation.org/

You Might Also Like

15 comments

  1. Masya Allah .. suatu kemudahan ketika lembaga ZIS mampu menyediakan metode pembayaran yang sangat beragam seperti Sinergi ini.

    BalasHapus
  2. Masyaallah.. banyak yang terbantu berkat zakat ya..
    baru tau ada sinergi foundation, bayar zakat jadi lebih mudah dan pastinya penyalurannya juga ke orang yang tepat ya..

    BalasHapus
  3. Senangnya menunaikan kebaikan melalui zakat dengan segala kemudahan yang ditawarkan seperti ini. Akan banyak yang juga terbantu ya

    BalasHapus
  4. Luar biasaaaa, kalo ada program ini beneran membantu dhuafa
    tepat sasaran banget ya
    semoga berkaahhh

    BalasHapus
  5. Senang kalau zakat sudah bisa tersalurkan dengan jalan yang benar, tanpa takut khawatir akan disalahgunakan. Semoga lembaga ZIS terus berada di dalam jalan kebaikan ya.

    BalasHapus
  6. iya aku juga setuju mba, zakat itu sangaat banyak manfaatnya. bayangkan kalau orang2 pada rutin bersedekah yaa.. pasti akan berdampak juga ke perekonomian dan pemberdayaan masyarakat

    BalasHapus
  7. Keren banget ini sinergi foundationnya, bayar zakat jadi mudah sekali dan disalurkan kepada yang membutuhkan, semoga berkah buat semuanyaa.

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah, kemarin aku sudah bayar zakat fitrah, Mbak. Seneng juga rasanya sudah bisa bayar zakat sendiri. Biasanya dibayarin orang tua hehe. Dan baru tau aja aplikasi bayar zakat online. Mungkin taun depan, nih. Biar nggak perlu repot repot keluar rumah. Terima kasih infonya, ya, Mbak Sovi.

    BalasHapus
  9. MashaAllah~
    Barakallahu fiik, info mengenai zakat online ini penting sekali. Sudah tinggal besok pagi waktunya berzakat. Semoga semua bisa saling memberikan dan menebarkan manfaat, baik dari sisi mustahiq dan muzakki.

    BalasHapus
  10. Untuk jenis zakatnya sendiriitu zakat fitrah atau zakat mal, terus di aplikasinya ada cara penghitungan zakat malnya? Biwr kita tahu standar zakat mal sesuai hukum dan aturannya

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah makin mudah ya membayar zakat saat ini, tanpa perlu keluar rumah, misal kita benar-benar sedang sulit bepergian, bisa menggunakan platform dari Sinergi ini.

    BalasHapus
  12. Keren banget nih, programnya. Moga barokah buat semua, ya. Baik pembayar zakat, pengelola, maupun desa.

    BalasHapus
  13. Ada begitu banyak manfaat yang bosa didapat oleh komunitas lewat zakat yang kita bayarkan yaa mba. Aku senang lihat programnya

    BalasHapus
  14. Teknologi makin memudahkan ya, sekarang bayar zakat pun bisa lewat online. Kita bisa membantu meringankan saudara yang jauh di sana. Semoga berkah untuk semuanya, aamiin.

    BalasHapus
  15. Masyaallah, teknologi makin memudahkan kita menunaikan kewajiban berzakat. Maka tak ada alasan lagi untuk tidak berzakat ya bun. Semoga makin banyak yang terbantu dengan program sinergi foundation ini.

    BalasHapus