Ubah Dunia dengan Pendidikan Berbasis Multimedia

Pendidikan Berbasis Multimedia

"Pendidikan adalah senjata paling kuat yang dapat kamu gunakan untuk mengubah dunia."

Kalimat di atas merupakan kutipan pernyataan yang disampaikan oleh mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela. Untuk mengubah dunia, kita harus mengendalikan perilaku serta pola pikir di mana dua hal tersebut sangat dipengaruhi oleh tingkat pendidikan seseorang.

Ada sebuah contoh kasus dua orang wirausaha yang sama-sama jualan es dawet. Satu orang memiliki pola pikir 'jualan saja seadanya yang penting laku'. Satunya lagi berpikir 'membuat varian rasa, toping, dan kemasan yang menarik untuk meningkatkan penjualan". Pola pikir yang berbeda tentang pemasaran es dawet tersebut tentu tak lepas dari pengaruh pendidikan seseorang. Itulah alasan di balik pentingnya pendidikan bagi setiap orang yang ingin memberikan perubahan pada dunia.

Di masa pandemi seperti saat ini, sektor pendidikan menjadi salah satu yang terdampak. Banyak adaptasi kebiasaan baru yang harus dilakukan. Prestasi siswa pun ditakutkan mengalami penurunan. Ini bukanlah kondisi yang kita harapkan. 

Lalu, bagaimana kondisi pendidikan Indonesia selama pandemi?


Kondisi Pendidikan Indonesia Selama Pandemi

Pendidikan Berbasis Multimedia

Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pada Agustus 2020 sebanyak 68 juta peserta didik mulai dari PAUD sampai SMA terdampak virus Covid-19 dan terpaksa belajar dari rumah. Perubahan pola belajar yang biasanya tatap muka menjadi daring dilakukan demi mengurangi potensi penyebaran virus corona. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri di tengah upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. 

Sistem online learning sangat berat dijalankan ketika fasilitas internet belum merata di seluruh wilayah, guru masih banyak yang gagap teknologi, serta keterbatasan perangkat elektronik untuk belajar seperti komputer dan handphone. Saat pertama kali pembelajaran jarak jauh (PJJ) ditetapkan oleh pemerintah, kita melihat cerita-cerita haru di media sosial. Salah satunya kisah seorang guru bernama Avan di Sumenep, Madura yang harus jemput bola. Mengajar dari rumah ke rumah karena siswanya tak punya ponsel. Pasti ada banyak sekali cerita Avan di luar sana yang tidak terekspos media.

Bagi kaum milenials, sistem pembelajaran secara daring bukanlah hal yang memberatkan. Akan tetapi untuk pendidik generasi baby boomers, online learning menjadi berat karena butuh persiapan ekstra. Terlepas dari semua keterbatasan yang ada, dunia pendidikan Indonesia memang sudah sepatutnya mengikuti perkembangan teknologi. Baik pendidik, peserta didik, maupun orang tua harus memberikan respon yang cepat terhadap perubahan ini. 


Teknologi Pendidikan Selangkah Lebih Maju    

Pendidikan Berbasis Multimedia

Teknologi pendidikan memiliki peranan yang sangat penting pada saat pandemi. Penyampaian materi pelajaran menjadi lebih mudah menggunakan teknologi dan internet karena tak dibatasi ruang, jarak, dan waktu. Layaknya seorang content creator, para akademisi pun membuat berbagai alat pembelajaran baru berbasis multimedia seperti aplikasi, website, video youtube, podcast, video online class, dan masih banyak lagi. Meski belum sempurna dan masih banyak kendala, namun kita patut memberikan apresiasi.

Kondisi yang memaksa setiap orang untuk belajar teknologi pendidikan ini secara tidak langsung membuat Indonesia selangkah lebih maju dalam penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia. Sehingga kedepannya, saat pandemi telah reda, konsep pendidikan dapat dikombinasikan menjadi offline-online.

Karena mulai terbiasa dengan online learning, orang tua siswa pun mulai melirik beberapa lembaga bimbingan belajar online untuk anaknya. Bukan tanpa alasan, ya. Banyak orang tua yang sudah tidak mampu mengajari anaknya. Bahkan untuk mata pelajaran SD sekalipun. Akhirnya mereka mempercayakan kepada bimbel online untuk menjadi teman belajar anak.


Tempat Bimbel Online Terbaik di Indonesia

Brain Academy

Siapa yang berlangganan bimbel online untuk sang buah hati? Bimbel online menjadi pilihan orang tua untuk memberikan pendidikan tambahan kepada anak. Terlepas dari adanya pandemi atau tidak, industri ini telah memiliki tempat tersendiri bagi mereka yang menginkan kepraktisan. Praktis karena tidak perlu antar jemput anak ke tempat les. 

Salah satu tempat bimbel online terbaik di Indonesia adalah Ruangguru. Saat ini Ruangguru memiliki produk bernama Brain Academy yang memberikan bimbingan belajar melalui live interaktif dengan Star Master Teacher. Tak hanya itu saja, Brain Academy juga memberikan beberapa fasilitas lain seperti di bawah ini.

Klinik PR

Sesi Klinik PR dapat dimanfaatkan siswa untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah bersama Master Teacher melalui video call. Sehingga siswa dapat bertanya secara langsung jika memiliki kendala dalam mengerjakan PR.

Modul Belajar

Modul yang disediakan untuk proses pembelajaran selama setahun. Modul ini tersedia dalam bentuk digital dan cetak yang akan dikirimkan ke alamat rumah siswa.

Tryout Ujian

Menjelang ujian kamu suka mencari tryout untuk tes kemampuan? Tenang, jika berlangganan paket belajar di Brain Academy, tryout sudah masuk dalam fasilitas mereka untuk mempersiapkan siswa menghadapi ujian.

Konseling Pendidikan

Sebagai orang tua, perlu juga berkonsultasi tentang perkembangan belajar anaknya. Para orang tua dapat melakukannya melalui privat video online dengan guru wali. Oh iya, akan ada laporan perkembangan anak juga yang disampaikan ke orang tua, loh.

Kelas Pengembangan Diri

Salah satu kelebihan bimbel online ini adalah menyediakan kelas tambahan untuk membahas hal-hal lain di luar materi pelajaran seperti tips masuk PTN favorit, public speaking, dan prospek karir.

Komunitas Diskusi Soal

Anak-anak mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal? Brain Academy memiliki Komunitas Diskusi Soal yang akan membantu menjawab soal tersebut melalui grup. Selain tutor, ada juga teman-teman dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam komunitas ini.

Klub Hobi

Punya teman satu hobi tuh asyik banget, ya. Bisa sharing banyak hal seputar hobi dan kegiatan lain. Tentunya dapat menambah relasi juga. Di Brain Academy ada lebih dari 50 Klub Hobi, loh.


Brain Academy ditujukan untuk jenjang kelas berapa saja, sih? Layanan bimbel online ini dapat diikuti oleh siswa kelas 3 SD sampai dengan kelas 12 SMA. Saat ini Brain Academy sudah mempunyai 20 cabang di seluruh Indonesia seperti di Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan Riau. 

Untuk jenis paket belajar yang disediakan ada 3 yaitu regular, premium, dan elite. Harganya mulai dari satu juta rupiah saja per tahun atau sekitar 5-10 ribu per sesi. Sangat terjangkau, ya? Kamu dapat memilihnya sesuai kebutuhan.

Dengan berlangganan Brain Academy, orang tua tidak kesusahan lagi dalam membantu anak belajar selama PJJ. Karena sekali lagi, pendidikan sangat diperlukan untuk mengubah dunia menjadi lebih baik.

You Might Also Like

1 comments

  1. Seiring berjalannya teknologi, belajar jadi mudah ya. Mudah2an Indonesia semakin maju dan anak2 bisa membangun Indonesia lebih maju untuk masa depan

    BalasHapus