Aplikasi Belajar Seru untuk Menyambut Tahun Ajaran Baru

Aplikasi Belajar Ruangguru

Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang ditetapkan pemerintah sejak tahun 2020 berpengaruh pada peningkatan jumlah pengguna aplikasi belajar di Indonesia. Salah satu start-up dibidang teknologi pendidikan yaitu Ruangguru bahkan memiliki 22 juta pengguna hingga akhir 2020, loh! Luar biasa, ya?

Ruangguru hadir salah satunya untuk menjawab tantangan akan kualitas dan pemerataan pendidikan di Indonesia. Apalagi dengan adanya wabah Covid-19 seperti sekarang. Bukan hanya kementerian terkait dan guru yang pusing menyiapkan sistem pembelajaran selama pandemi. Orang tua siswa juga banyak yang kesusahan dalam membantu anak ketika PJJ. Beberapa kali aku mendengar keresahan orang tua yang harus 'sekolah lagi' demi anak mereka. Ya gimana dong, tugas-tugas anak yang mengerjakan orang tuanya hahaha. 

Lalu, seperti apa persiapan para orang tua untuk menyambut tahun ajaran baru 2021/2022? Bagaimana peran Ruangguru dalam membantu siswa mendapatkan pengetahuan lebih? 

Tapi sebelum menjawab pertanyaan di atas, aku mau flashback dulu dengan pendidikan di kampungku setahun ke belakang.


Melihat Pembelajaran Setahun ke Belakang

Kalau diingat-ingat, setahun rasanya cepat sekali berlalu. Banyak hal tak terduga terjadi. Termasuk sekolah yang serba daring. Itu, sih, kalau di kota. Di desa ku beda cerita. Boro-boro sekolah daring, SDM gurunya saja masih banyak yang belum mampu untuk menyesuaikan pendidikan di era new normal ini. Terutama untuk tingkat SD, ya. Alhasil, anak-anak justru lebih banyak main daripada belajarnya. 

Masuk sekolah seminggu sekali untuk mendapatkan beberapa materi pelajaran dan diberi tugas. Minggu depan masuk lagi kumpul tugas. Begitu seterusnya. Belajarnya di rumah sama siapa? Lebih banyak dengan Mbah Google. πŸ˜”

Padahal tahun kemarin adik aku, Ririn, masuk kelas 6 SD. Seharusnya sedang gencar-gencarnya belajar untuk persiapan ujian dan masuk SMP. Yah, apa daya. Saat itu Mbah Google adalah teman setia. 


Menyambut Pembelajaran Setahun ke Depan

Dulu, setiap pergantian tahun ajaran, toko peralatan sekolah sangat ramai pembeli. Banyak orang tua yang sibuk menyiapkan tas, sepatu, seragam, dan peralatan sekolah baru untuk anaknya. Akan tetapi, untuk kondisi seperti sekarang, berlangganan bimbel online juga menjadi salah satu prioritas orang tua. Wajar saja, ya, karena PJJ membuat pembelajaran tak bisa maksimal. Terlebih, segala bentuk kegiatan yang menimbulkan kerumunan dilarang pemerintah. Sehingga platform bimbel online menjadi pilihan orang tua untuk menemani belajar anak di rumah. 

Kebetulan Ririn tahun ini baru mau masuk SMP. Lulus SD dengan predikat 'angkatan corona' membuat kami sekeluarga putar otak agar Ririn nantinya mampu beradaptasi lebih cepat dengan materi pelajaran baru. Apalagi, insya Allah dia diterima disalah satu SMP favorit. Teman-teman barunya mayoritas adalah anak-anak yang sekolah SD di kota. Tentu sistem pembelajaran SD di kota lebih baik, ya. Makanya perlu banget Ririn untuk mendapat pelajaran tambahan melalui bimbel.

Berhubung era digital semakin maju, banyak sekali aplikasi belajar yang menyediakan fasilitas bimbel online. Semakin banyaknya aplikasi tersebut membuat kami makin selektif dalam menentukan pilihan. Setelah melihat beberapa keunggulan dari masing-masing platform, aku merekomendasikan Ruangbelajar by Ruangguru untuk Ririn.


Lebih Dekat dengan Ruangbelajar

Aplikasi Belajar Ruangguru

Sejak Oktober 2017, Ruangguru melakukan inovasi dengan menghadirkan Ruangbelajar yang berisi ribuan video materi pelajaran untuk berbagai jenjang pendidikan. Siswa bebas memilih learning journey yang diinginkan sesuai dengan kelas dan mata pelajaran yang diminati.

Untuk konten materi di Ruangbelajar merupakan hasil kolaborasi dari lulusan universitas top di Indonesia, bahkan dunia, dengan menggunakan kurikulum 2013 Revisi dan SKLUN terbaru. Tidak heran jika materi video yang disajikan pun dilengkapi dengan animasi yang menarik sehingga membuat siswa merasa nyaman selama belajar.

Ada yang suka belajar sambil membuat rangkuman dengan visual yang menarik? Biasanya, sih, kalau tampilan rangkuman eye catching bikin siswa makin semangat untuk review materi yang sudah dipelajari. Ya, kan? Nah, di Ruangbelajar ini siswa akan diberi rangkuman dalam bentuk infografis yang bikin belajar makin seru. Ini, sih, kesukaan Ririn. Belajar tanpa harus membuat rangkumannya. πŸ˜…

Sudah itu saja fitur di Ruangbelajar? Masih banyak lagi dong fitur lainnya seperti bank soal, kuis, jadwal belajar, ruangguru adventure, laporan belajar, dan beberapa fitur baru yang akan diluncurkan bulan Juli ini. Wah, kira-kira apa saja fiturnya? Penasaran banget? Langsung download ruangguru sekarang, yuk!


Tersedia Versi Desktop dan Android

Aplikasi belajar Ruangguru dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan siswa dalam mengakses materi kapan saja. Oleh karena itu, aplikasi ini tersedia dalam dua versi yaitu desktop dan android. 

Kebetulan Ririn punya kedua versi di atas. Kalau versi android biasanya dia pakai untuk menyimak video-video materinya. Versi ini lebih simple, ya, karena cukup bermodalkan handphone saja. Meski sedang dalam perjalanan ke luar kota, tetap bisa sambil belajar di mobil.

Nah, untuk versi desktopnya Ririn pakai untuk mengerjakan kuis-kuis. Kadang dia pakai juga untuk menyimak materi kalau pas laptopnya tidak ku pakai. Maklum, laptopnya masih sharing sama Mbaknya haha. Oh iya, untuk versi desktop tersedia untuk Windows dan Mac.

Tinggal pilih saja mau versi android atau desktop. Yang penting anak-anak nyaman belajarnya.


Tahun Ajaran Baru Bersama Ruangbelajar by Ruangguru

Aplikasi Belajar Ruangguru

Tanggal 13 Juli 2021 nanti Ririn akan mulai hari pertamanya sebagai siswa SMP. Karena ada PPKM darurat Jawa-Bali, otomatis sekolah akan dilaksanakan secara daring. Bapak dan Ibu kami jelas sudah tidak 'mampu' untuk mengajari materi anak SMP zaman now. Aku sebagai kakaknya sering sibuk dengan urusan sendiri di rumah. πŸ˜„

Supaya Ririn mendapatkan pengetahuan yang lebih dalam memahami beragam mata pelajaran baru, solusinya memang harus berlangganan Ruangbelajar by Ruangguru. Selain harganya yang terjangkau, sistem pembelajarannya juga praktis karena dapat diakses kapanpun. Paling penting, tidak perlu berkerumun sebab semua serba digital.

Berbagai pelajaran kelas 7 ada di Ruangbelajar seperti Matematika, Fisika, Biologi, Sejarah, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Geografi, Sosiologi, Ekonomi, bahkan Pendidikan Karakter. Ririn paling tertarik dengan pelajaran Bahasa Inggris karena sebelumnya di SD belum mengenal pelajaran tersebut.

Harga paket belajar di Ruangguru berapa, sih? Harganya mulai dari dua ratus ribuan saja. Paketnya pun bermacam-macam. Ada yang masa aktifnya sebulan, setahun, dan dua tahun. Kalau ada kendala dengan akses internet yang tidak stabil bagaimana belajarnya? Tenang saja. Materinya dapat diunduh dan diakses secara offline

Jadi, sudah siap untuk menyambut tahun ajaran baru? Yuk, putus jarak, ruang, dan waktu dengan aplikasi belajar Ruangguru. 

You Might Also Like

14 comments

  1. Maafkan aku ya sov jarang baca blogmu hehehe.sukses sih buat sovi semoga aku bisa menulis seperti sovi jika ada kemauan menulis 🀭🀭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha it's okay, Des. Sukses juga buat Desi apapun itu pilihan karirnya.

      Hapus
  2. Anakku dulu juga langganan di ruangguru, kak. Alhamdulillah sekarang sudah lulus SMA. Adanya bimbel online semacam ruangguru ini, bisa makin menambah rasa percaya diri buat pelajar.

    BalasHapus
  3. Bimbel online seperti Ruangguru ini bisa jadi pilihan bagi para orangtua saat masih pandemi gini ya, Mbak. Di kampungku juga gitu. Seminggu sekali mengumpulkan tugas ke sekolahan dan belajarnya lewat Google.

    BalasHapus
  4. Ruangguru sangat membantu banget ya mba mengejar ketertinggalan anak saat pandemi gini, apalagi untuk SD yang banyak mainnya, fitur2 belajar onlinenya juga lengkap anak jadi semangat belajarnya :)

    BalasHapus
  5. Selamat memasuki jenjang pendidikan yang baru, kak Ririn.
    Semoga bersama ruangguru, semakin bersemangat menggali ilmu dan memahami dengan sepenuh hati.
    Ruangguru memang aplikasi online belajar terbaik.

    BalasHapus
  6. Aplikasi ruang guru ini bermanfaat banget ya terutama membantu para murid yang PJJ dan para orang tua biar ga terlalu ribet bantu belajar anaknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba yah, hadirnya app Ruangguru membantu banyak siswa khususnya apalagi di masa pjj

      Hapus
  7. Anak2 memang butuh tempat bertanya yg nyaman. Kadang2 orangtua sudah terlalu lelah dan tidak berkompetensi kan ya. Solutif sekali dan topπŸ‘

    BalasHapus
  8. tahun ajaran baru memang perlu kita persiapkan dengan baik ya mba, termasuk dengan beri dukungan kepada anak - anak untuk bisa menikmati PJJ dengan baik

    BalasHapus
  9. Yuk ah semangat belajar kembali ya anak-anak dengan bantuan ruangguru ini. Ada banyak fitur bagus yang ditawarkan di sini yang bisa bikin anak semangat dalam belajar.

    BalasHapus
  10. Sekarang aku cuma bisa menyemangati adik adik buat sekolah online lagi. RUANG guru membantu sekali sih. Sistem daringnya jauh lebih siap. Semangat buat anak-anak yang sekolah daring ya.

    BalasHapus
  11. Mb sovi terlepas dari ruang guru memang bagus next post mungkin bisa dishare agar mau fokus duduk manis menatap layar laptop, anak sy gamau anteng belajarnya ;( nh

    BalasHapus
  12. Karena masih belajar daring atau PJJ atau apalah itu namanya, ruang guru ini memang solusi yang paling pas buat anak-anak kita. Fitur-fiturnya makin keren dan wajib ini dimiliki oleh para pelajar.

    BalasHapus