Self Love Sebagai Upaya Menjaga Kesehatan Mental

Self Love untuk Kesehatan Mental

Sudahkah kamu mencintai diri sendiri?

Akhirnya aku membuka tulisan ini dengan sebuah kalimat tanya sederhana tentang self love. Butuh waktu berjam-jam untuk memikirkannya. Kenapa lama? Karena terkadang, cinta memang sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata. 😄 

Btw, akhir-akhir ini ramai kampanye tentang self love di media sosial, ya? Karena tak dapat dipungkiri, self love memang berkaitan erat dengan kesehatan mental seseorang. Maraknya penggunaan media sosial untuk 'pamer' tanpa sadar membuat sebagian orang merasa insecure, loh. Sebenarnya insecure hal yang wajar dan dapat dialami siapa saja. Sayangnya, jika kecemasan tersebut terjadi terus-menerus maka akan mengganggu kesehatan mental seperti stres, depresi, dan kehilangan semangat.

Agar tidak terjadi hal-hal tersebut, seseorang dapat mencegahnya dengan mulai mencintai diri sendiri. Self love merupakan bentuk menerima diri sendiri dan bersyukur dengan anugerah yang Allah beri. Aku ingat sebuah kalimat yang diucapkan oleh Ralph Marston ini.

"You were born to be real, not to be perfect. You are here to be you, not to live someone else's life."


Ya, setiap orang dilahirkan bukan untuk menjadi sempurna. Bukan pula untuk menjalani hidup orang lain. Kamu di sini untuk menjadi diri sendiri. 

Lalu, seperti apa sih dampak self love terhadap kesehatan mental? 


Dampak Self Love Terhadap Kesehatan Mental

Self Love untuk Kesehatan Mental

Jika self love dapat diterapkan dengan baik, maka akan berdampak positif terhadap kesehatan mental seseorang. Apa saja dampak tersebut? Yuk, kita simak!

1. Mampu Mengendalikan Diri

Seseorang yang mencintai diri sendiri dapat mengendalikan emosi dan perasaan yang berlebihan saat senang, sedih, maupun kecewa. Masalah yang datang bertubi-tubi dapat dikendalikan dengan baik tanpa melukai diri sendiri dan orang lain.

2. Optimis dan Percaya Diri 

Jika mentalnya sehat, seseorang akan berpikir positif ketika menghadapi berbagai persoalan dalam hidup. Ia selalu menatap masa depan dengan baik. Ia juga percaya dan bangga dengan kemampuan yang dimiliki.

3. Jarang Stres

Kamu pernah bertemu seseorang yang jarang terlihat stres? Eits, bukan berarti orang tersebut tidak pernah memiliki masalah, ya. Stres normal terjadi karena adanya beban perkerjaan atau faktor lain. Namun biasanya orang yang mampu menerapkan self love jarang merasa stres karena mereka tidak menanggapi dan memikirkan masalah secara berlebihan. Itu tandanya, ia memiliki kesehatan mental yang baik.


Cara Menerapkan Self Love dalam Kehidupan

Self Love untuk Kesehatan Mental

Untuk dapat mencintai diri sendiri di kehidupan yang terasa berat ini, kamu harus menerapkan beberapa hal yang terlihat sederhana namun tak mudah dilakukan. Di bawah ini ada empat cara menerapkan self love yang biasa aku lakukan.

1. Bersyukur

Agar dapat menikmati indahnya kehidupan, maka bersyukur menjadi sebuah keharusan. Bersyukurlah karena hari ini masih bisa bangun dan menikmati udara pagi hari. Bersyukur karena masih memiliki kedua orang tua meskipun tidak kaya harta. Bersyukur dengan pekerjaan yang dimiliki saat ini karena banyak orang yang menginginkan posisimu. Syukurilah segala pemberian, nikmat, dan anugerah yang diberikan Allah. Dengan begitu kamu tidak akan merasa insecure.

2. Menerima Kritik dari Orang Lain

Mencintai diri sendiri bukan berarti acuh dengan orang lain, ya. Sebagai makhluk sosial, kita tentu membutuhkan kritik dan saran yang membangun agar mampu menjadi pribadi yang lebih baik. Terimalah segala bentuk kritik yang membangun dengan sopan dan ikhlas.

3. Selalu Upgrade Skills

Setiap yang terjadi dalam perjalanan hidupmu terimalah dengan baik tanpa menyalahkan diri sendiri. Tapi, menerima diri sendiri bukan berarti tidak peduli dengan kekurangan yang dimiliki. Justru sebagai bentuk self love, kamu harus upgrade kemampuan. Karena salah satu bentuk cinta adalah adanya upaya untuk menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

4. Me Time

Meluangkan waktu untuk diri sendiri dipercaya dapat menjaga kesehatan mental, loh. Dengan me time, otak jadi lebih fresh, produktivitas dapat meningkat, dan lebih menghargai hubungan dengan orang lain. Banyak cara yang dilakukan orang saat me time. Misalnya meditasi, olahraga, ngopi, jalan-jalan sendiri, pergi ke salon, membaca buku, merawat tanaman, atau bisa juga berdiam diri tanpa memikirkan apapun. Nah, salah satu me time yang sering aku lakukan adalah merawat wajah dengan serum karena banyak manfaat yang akan didapatkan jika rutin memakainya.


Manfaat Serum Untuk Wajah

Self Love untuk Kesehatan Mental

Serum merupakan cairan yang mengandung bahan aktif untuk memelihara dan meremajakan kulit wajah. Ada banyak sekali jenis serum dengan berbagai merek. Aku menjadi salah satu pengguna rangkaian face care dari Scarlett Whitening, nih. Salah satu produk yang aku pakai adalah Brightly Ever After Serum. Oh iya, baru-baru ini Scarlett mengeluarkan produk baru yaitu Glowtening Serum. Aku pun tertarik untuk mencobanya.

Dalam Glowtening Serum ini terdapat beberapa kandungan dan manfaatnya, antara lain:
  • Tranexamide Acid. Untuk meredakan peradangan kulit, melindungi dari sinar UV, dan meratakan warna kulit.
  • Niacinamide. Mampu melembabkan kulit, menyamarkan noda hitam, dan mengendalikan produksi minyak di wajah.
  • Geranium Oil. Untuk menyamarkan garis halus di wajah, mengencangkan kulit, dan memperlambat penuaan.
  • Allantoin. Kaya akan antioksidan sehingga dapat merangsang pertumbuhan kolagen bada kulit.
Uniknya, Glowtening Serum ini dapat digunakan bersamaan dengan rangkaian produk face care lain dari Scarlett baik Brightly Series maupun Acne Series. Kebetulan aku pakai yang Brightly Series. Jadi setelah cuci muka menggunakan Brightening Facial Wash, aku mengaplikasikan Brightly Serum terlebih daluhu. Setelah meresap, aku tambahkan Glowtening Serum sebanyak 2-3 tetes lalu usap dan pijat hingga merata. Setelah itu baru aku pakai Brightly Day/Night Cream. 

Brightly Serum memiliki warna bening, sedangkan Glowtening Serum warnanya putih susu. Kombinasi dari Brightly Series dan Glowtening Serum ini dapat memaksimalkan kulit aku jadi lebih cerah, glowing, dan sehat. Btw, Ibuku juga pakai, loh. Dan flek hitamnya perlahan mulai memudar berkat rangkaian face care dari Scarlett Whitening.

Oh iya, seluruh rangkaian produk dari Scarlett telah terdaftar di BPOM sehingga aman untuk dipakai. Setelah aku pakai Glowtening Serum selama beberapa hari, kulit wajah jadi lebih kenyal dan cerah. Seluruh rangkaikan face care dari Scarlett dibanderol dengan harga Rp75.000 per produk dan dapat dipesan melalui Shopee Mall: Scarlett Whitening Official Shop, atau ke Whatsapp 0877-0035-3000.

Memiliki wajah cerah dan sehat menjadi idaman semua orang karena dapat meningkatkan kepercayaan diri. Sedangkan merawat wajah adalah salah satu bentuk self love paling sederhana yang mudah dilakukan. 

Yuk, mulai sekarang cintai diri sendiri! Kalau kamu biasanya menerapkan self love dengan melakukan apa? Sharing di kolom komentar, ya.

You Might Also Like

22 comments

  1. aku belum nyobain glowtening ini mba, yang brightening udah, udah abis 2 botol malah hahaaa

    BalasHapus
  2. Self love memang booster bahagia utk diri ya mba, sebab katanya kebahagiaan kita, kita yg ciptakan. Salah satunya dgn me time sm produk Scarlett, wajah jd terawat, jiwa ikut bahagia.

    BalasHapus
  3. Merawat muka memang sebuah bentuk self love yang jarang disadari orang. Alih-alih membuat diri senang, yang ada malah sibuk memainkan perasaan haha..

    Saya sejak kenal serum-seruman sekarang jadi semangat merawat muka, senang sih lihat perubahan wajah yang awalnya burek sekarang bening hehe

    BalasHapus
  4. Mencintai diri sendiri itu memang penting ya, Mbak. Aku belum pernah pakai serum Scarlett nih jadi pengen beli serum Scarlett nih setelah baca postingan ini.

    BalasHapus
  5. Self love terbaik..
    Kalaulah kita bisa mengelola emosi yang kita rasakan dengan baik, tentu menghadapi sebuah masalah bisa dengan kepala dingin yaa.. Semoga senantiasa belajar menjadi hamba yang lebih baik dan lebih baik lagi.

    Dengan menrawat kulit terutama wajah menggunakan serum scarlett juga bagian dari self love niih..

    BalasHapus
  6. Kesehatan mental adalah utama bagi kehidupan dan sepertinya mencintai diri adalah salah satu jalan agar bisa percaya diri dari berbagai hal. Tpi bagaimana kalau kulit wajah terasa suram dan kerutan, hal ini ada upaya utk menjaga kesehatan kulit dan tentunya menggunakan serum Scarlett juga pasti solusi

    BalasHapus
  7. Horraaayyy ada produk glowtening serum dari Scarleeettt!
    Aku selalu menanti2kan produk anyar apa lagi yg dibesut Scarlett
    Karena emang cocok bgt akutuuu dgn facecare dan bodycare nya

    BalasHapus
  8. mencintai diri sendiri berakibatkan ikut merawat tubuh dan wajah secara optimal. Apalagi jaman now, banyak produk kecantikan yang oke punya salah satunya produk-produk dari Scarlett

    BalasHapus
  9. Merawat diri juga bentuk dari self love ya, bikin tambah percaya diri juga kalau lihat hasilnya bagus

    BalasHapus
  10. AKu baru tahu ada serum Scarlett yang varian glowtening ini mbak
    Warna packagingnya ngingetin aku sama warna merah putih cakep hehe
    Self love ini penting banget ya apalagi di masa kyk skrng harus jaga diri supaya enggak stress

    BalasHapus
  11. Menyayangi diri sendiri jadi modal kita bisa hidup dan berososialisasi juga ya, apalagi buat yang sudah berkeluarga menjadi penentu kebahagiaan keluarga juga. Wah sekarang Scatrlett ada serum glowtening juga ya

    BalasHapus
  12. Waahh sekarang ada glowtening juga ya selain brightening. Harus nyobain nih, ada banyak rekomendasi teman-teman yang bilang ini bagus juga untuk menyamarkan garis-garis halus gitu.

    BalasHapus
  13. Aku setuju banget, self care pakai skincare memang salah satu bentuk self love ya mbaaa....

    BalasHapus
  14. Aku juga sedang memakai produk ini sejauh ini cocok .... sukaa mau bikin reviewnya juga ah....

    BalasHapus
  15. Setuju kalau merawat wajah adalah bagian dari self love. Jangan lupa juga untuk olahraga, banyak minum air putih, dan istirahat yang cukup juga.

    Btw untuk wajah, aku baru pakai Scarlett yang Brightly Series nih, Mbak. Fungsinya sama ngga ya dengan yang Glowtening?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fungsiny beda, Mbak. Glowtening ini ada kandungan Tranexamide Acid-nya yang bisa meredakan peradangan kulit, melindungi dari sinar UV, dan meratakan warna kulit.

      Hapus
  16. sampai skarang, aku masih belajar nih kak biar bisa mencintai diri sendiri. btw aku belom cobain nig glowtening nya scarlett. penasaran deh

    BalasHapus
  17. Self love dengan melakukan perawatan diri itu menyenangkan kok. Kadang sendiri, melibatkan pasangan lebih asyik, contohnya saling bantu pakai serum wajah, gantian pasangkan masker... hahaha

    BalasHapus
  18. Aku juga pakai scarlett mbak cuma yg acne. Btw saya juga setuju dengan belajar untuk lebih mencintai diri sendiri dan percaya diri dalam menghadapi banyak hal.

    BalasHapus
  19. aduuuh aku teracuni lagi nih, soalnya aku pakai brightly ever after seruum sama facial washnya cocok banget, mungkin kalau ditambah serum ini jadi lebih glowing ya...

    BalasHapus
  20. bener banget, self love penting dalam menjaga kesehatan mental. sebagai ibu, selain merawat anak, suami, rumah, tentunya juga harus merawat diri sendiri, peduli dan mencintai diri sendiri. sebisa mungkin kita menyadari alert dalam tubuh kita (baik kesehatan mental mau pun kesehatan fisik), kapan saatnya kita perlu beristirahat sejenak untuk memulihkan kondisi agar nantinya bisa bekerja kembali, sehingga hasil bisa lebih optimal.

    BalasHapus
  21. Yap setuju banget kalau merawat diri salah satu bentuk mencintai diri sendiri,, sepele sih tapi bikin enteng jiwa dan raga

    BalasHapus