Menjelajah Setiap Sudut Kota Dengan Jogja Bike

Shelter Depan Mall Malioboro

Enam tahun nggak ke Yogyakarta ternyata banyak yang sudah berubah, salah satunya adalah moda transportasi. Begitu sampai di Stasiun Yogyakarta, Rabu (27/3), aku berjalan sampai daerah Loco Cafe. Terlihat di sudut dekat lampu merah ada beberapa sepeda kayuh berjejer rapi. "Wah bisa sepedaan keliling Yogya nih", batinku.

Keesokan harinya sekitar pukul 08.00 WIB aku sampai di daerah Malioboro. Saat lewat depan mall, ada yang menawarkan sepeda kayuh gratis. Eh, gratis? Yups, ini adalah sepeda yang sama dengan yang aku lihat di Loco Cafe. Jogja Bike, merupakan salah satu layanan transportasi sepeda kayuh berbasis aplikasi yang tergolong baru di Kota Yogyakarta.

Di launching pada 27 Oktober 2018, moda transportasi yang didukung Dinas Pariwisata setempat ini sudah memiliki beberapa shelter atau titik peminjaman sepeda di Kota Yogyakarta. Contohnya ada di depan Mall Malioboro, Taman Pintar, Silol Cafe, Loco Cafe, dan Hotel Harper. Untuk jam operasionalnya mulai pukul 06.00-21.00 WIB ya, guys.

Tampilan Aplikasi InaBike

Bagaimana caranya untuk pinjam sepeda kayuh ini? Gampang banget. Berikut 5 langkah mudah memakai Jogja Bike:
1. Download aplikasi InaBike di Google Play > Registrasi > Login.
2. Sentuh device di stang sepeda hingga menyala > Tunggu sampai muncul "Saya Siap Pindai QR".
3. Scan QR code untuk unlock.
4. Tarik sepeda dari dock > Sepeda siap digunakan.
5. Selesai bersepeda > Kembalikan sepeda ke shelter.

Kalau dipetunjuk peminjaman, sepeda bisa dikembalikan ke shelter manapun. Tapi kemarin waktu aku pinjam, ternyata harus dikembalikan ke shelter asal. Tentunya ini menjadi kurang efisien.

Bersepeda Sampai Nol Kilometer Yogyakarta

Pinjam sepeda gratis, lalu timbul pertanyaan "Kita ninggalin KTP atau identitas lain nggak sebagai jaminan?" Jawabannya enggak. Peminjam diberi waktu selama 5 jam. Jika sepeda belum dikembalikan sampai batas waktunya, pihak Jogja Bike akan menghubungi nomor yang didaftarkan di aplikasi InaBike. Dengan waktu yang cukup lama ini tentunya kita bisa menjelajah setiap sudut kota dengan mengayuh sepeda.

Oh iya, di sepeda terpampang jelas tulisan dan logo Pertamina. Hal tersebut dikarenakan Pertamina menjadi Corporate Social Responsibility (CSR) Jogja Bike. Asik bukan bisa keliling Kota Istimewa dengan transportasi yang istimewa juga? Hehehe

You Might Also Like

0 komentar