Perawatan Wajah Sederhana Saat Bertualang

Oktober 22, 2021
Perawatan Wajah Sederhana Saat Bertualang

Tak terasa kurang dari tiga bulan lagi kita akan menyambut tahun 2022. Bagaimana wishlist liburan kamu tahun ini? Siapa yang sudah traveling virtual ke berbagai negara? Yaaa lumayan lah. Meski virtual, setidaknya masih ada hiburan bermodal kuota internet saja hahaha.

Ke manapun rencana liburan kamu, pastikan tetap melakukan perawatan wajah meskipun sederhana saat bertualang. Karena berbagai masalah wajah seperti jerawat kerap muncul selepas liburan. Beberapa faktor seperti pola tidur, pola makan, dan faktor cuaca sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit wajah, loh.

Kerap kali saking asyiknya menikmati liburan kita jadi lupa atau malas merawat wajah. Hayo, siapa yang sering begitu? Aku kadang juga gitu. Karena malas akhirnya cuma cuci muka pakai facial wash saat mandi pulang jalan-jalan. Efeknya jerawat pun mulai muncul. Apalagi tipe kulitku kombinasi yang berminyak di zona T yaitu area dagu, hidung, dan dahi. Tapi kering di area pipi. Makanya rada gampang muncul jerawat. 

Padahal sebenarnya tidak perlu perawatan yang muluk-muluk. Kita juga bisa menerapkan perawatan wajah dasar yang biasa dilakukan sehari-hari. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat wajah saat bertualang.


Perawatan Wajah Sederhana Saat Bertualang

Perawatan Wajah Sederhana Saat Bertualang

Beberapa tips yang akan aku bagikan sangat sederhana dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Selain itu juga tidak membutuhkan banyak biaya. 

1. Cuci Wajah Sebelum dan Setelah Bertualang

Sebelum mencuci wajah pastikan tangan sudah bersih, ya. Jangan lupa bersihkan makeup terlebih dahulu dengan makeup remover. Setelah itu baru cuci wajah dengan facial wash. Lalu keringkan dengan handuk atau tisu wajah. Sabun wajah yang cocok dengan karakter kulit akan terlihat ketika wajah kamu tetap kenyal dan lembab setelah cuci muka.

2. Memakai Toner, Serum, dan Krim Wajah

Setelah mencuci wajah, kita dapat melanjutkan perawatan selanjutnya dengan memakai toner yang sesuai dengan tipe kulit. Meski sudah cuci muka dengan facial wash, terkadang masih ada kotoran yang tersisa di wajah. Aku biasanya pakai toner dengan tujuan untuk mengangkat sisa kotoran dan membuat kulit lebih lembab. Ketika wajah sudah benar-benar bersih, kita dapat mengaplikasikan serum dan krim wajah. Manfaat dari keduanya tentu tergantung dengan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Tahap ini dapat dilakukan pagi hari sebelum bertualang dan malam hari sebelum tidur.

3. Memakai Tabir Surya

Ini merupakan salah satu perawatan yang paling penting bagi seorang petualang. Kegiatan yang banyak dilakukan di luar ruangan membuat wajah lebih sering terkena paparan sinar matahari. Efeknya wajah menjadi lebih mudah keriput, muncul garis halus, bintik hitam, dan meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Oleh karenanya, tabir surya wajib dipakai setelah menggunakan krim pagi. Tabir surya dapat dipakai setiap 3-4 jam sekali, ya. Pokoknya selama masih ada matahari pakailah tabir surya.

4. Tidak Memakai Makeup Tebal

Penggunaan makeup yang tebal saat bertualang dapat menyumbat pori-pori sehingga kuman penyebab jerawat mudah berkembang biak. Oleh karenanya, gunakan makeup yang ringan saja. Kebetulan aku bukan tipe orang yang suka pakai makeup tebal jadi lebih mudah membersihkan wajah setelah bepergian.

5. Jangan Menyentuh Wajah Terlalu Sering Menggunakan Tangan

Bertualang di alam terbuka membuat tangan kita sering menyentuh benda apa saja. Kuman mungkin saja berpindah dari benda tersebut ke tangan. Oleh sebab itu, agar bakteri tidak menempel di wajah sebaiknya hindari menyentuh wajah terlalu sering menggunakan tangan. Pastikan tangan dalam kondisi bersih sebelum memegang muka.

6. Perbanyak Minum Air Putih

Saat bepergian kadang aku jarang minum air putih karena malas bolak-balik ke toilet. Ada yang sama? Nah, hal ini tidak baik untuk kesehatan tubuh termasuk kulit wajah. Air penting untuk menjaga kelembaban kulit sehingga tanda penuaan seperti keriput dan garis halus tidak mudah muncul. Minum air putih minimal 8 gelas atau 2 liter per hari bagi orang dewasa juga dapat meningkatkan metabolisme dan memperlancar pencernaan, loh. Dengan demikian, kulit menjadi lebih sehat. 

7. Jangan Memencet Jerawat

Siapa yang gemas banget ketika traveling sedang jerawatan? Bawaannya pengin pencetin jerawatnya gitu. Tapi hal tersebut tidak membuat masalah jerawat selesai. Justru dapat timbul masalah baru karena kulit menjadi iritasi dan jerawat jadi meninggalkan bekas. Nah, daripada jerawatnya dipencetin, aku lebih memilih untuk pakai face care khusus saat wajah sedang berjerawat. Aku menggunakan rangkaian Acne Series dari Scarlett Whitening karena aman dan memiliki banyak manfaat.


Scarlett Whitening Acne Series untuk Wajah Berjerawat

Scarlett Whitening Acne Series

Ini bukan kali pertama aku memakai rangkaian produk face care dari Scarlett Whitening. Seperti yang aku sampaikan di atas, tipe kulit wajah ku adalah kombinasi yang berminyak di zona T yaitu area dagu, hidung, dan dahi tapi kering di area pipi. Ketika wajahku sedang dalam kondisi baik, aku memakai rangkaian face care yang Brightly Series. Nah, saat jerawat muncul baik saat datang bulan atau ketika pulang bertualang, aku memakai Acne Series.

Aku memilih Acne Series dari Scarlett karena produk ini aman digunakan dan telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selain itu, rangkaian face care dari Scarlett telah teruji bebas merkuri dan hydroquinon. Seperti yang kita ketahui bahwa dua kandungan tersebut dapat merusak jaringan kulit dan dalam waktu lama dapat menyebabkan kanker. Jadi, aku bersyukur dan merasa aman ketika tahu produk Scarlett tidak mengandung merkuri dan hydroquinon.

Scarlett Whitening Acne Series

Rangkaian Acne Series yang aku pakai terdiri dari Brightening Facial Wash, Acne Serum, Glowtening Serum, serta Acne Cream Day & Night. Masing-masing manfaat yang diperoleh dari produk tersebut seperti yang tertulis pada gambar di atas. Setelah kurang lebih tiga minggu memakainya, kulit wajah jadi lebih lembab dan membantu menyembuhkan jerawat.

Uniknya Acne Serum dapat dipakai bersamaan dengan Glowtening Serum. Sehingga dengan sekali pakai ada dobel manfaat yang diperoleh yaitu jerawat dapat teratasi dan wajah lebih cerah. Ketika baru diaplikasikan ke wajah, Glowtening Serum ini membuat wajahku agak berminyak. Tapi setelah beberapa saat serumnya meresap, kok. Isi produknya 15 ml baik untuk Acne Serum maupun Glowtening Serum.

Untuk Brightening Facial Wash wanginya enak dan cocok di kulitku. Setelah memakainya tidak ada tanda kulit kering. Wajahku tetap kenyal dan lembab. Dengan isi 100 ml bisa dipakai untuk dua bulan, nih. Punyaku di rumah dipakai bertiga bareng Ibu dan Adik. Pada cocok semua meski tipe kulit kami beda-beda. Brightening Facial Wash ini memang dapat digunakan untuk semua jenis kulit, ya.

Rangkaian Acne Series ini aku pakai dua kali sehari yaitu pagi sebelum beraktivitas dan malam sebelum tidur. Langkah-langkahnya seperti ini.

  1. Pertama, cuci muka dengan Brightening Facial Wash. Tuangkan secukupnya facial wash ke telapak tangan lalu usap hingga merata ke seluruh area wajah. Setelah itu bilas hingga bersih.
  2. Keringkan wajah dengan handuk atau tisu.
  3. Teteskan 2-3 tetes Acne Serum. Usap dan pijat secara perlahan sampai merata pada wajah. Tunggu beberapa saat sampai serum meresap.
  4. Setelah Acne Serum meresap, lakukan langkah yang sama untuk Glowtening Serum.
  5. Pakai Acne Cream Day/Night lalu pijat lembut sampai merata.
Acne Cream Day & Night ini memiliki tekstur, bau, dan warna yang agak berbeda. Krim pagi memiliki warna lebih putih daripada krim malam. Untuk bau, krim malam memiliki bau yang lebih kuat. Menurutku baunya seperti daun sereh. Sedangkan krim pagi cenderung tidak berbau. Selain itu, tekstur krim malam lebih kental daripada krim pagi. Acne Cream Day & Night masing-masing memiliki isi 20 gram. 

Oh iya, kamu pasti tahu dong kalau sekarang Song Joong-ki menjadi Star Ambassador Scarlett. Nah, kemarin pas aku beli satu paket rangkaian Acne Series ini aku dapat special gift card dan photo card Song Joong-ki di dalam box. Uhuy, senang banget rasanya. Kapan lagi kan dapat surat dari Oppa Joong-ki hahaha. Teman-teman ku sampai ada yang pengin photo card-nya. Ada juga yang minta gift card-nya. Idihhh, minta? Beli Scarlett dong biar dapat hadiah dari Oppa. 😋

Selain dua hadiah tersebut, Scarlett juga memberikan bonus hand sanitizer dan berbagai stiker lucu. Kemasan box-nya pun elegan berwarna ungu. Seperti warna rangkaian produk Acne Series. Oh iya, karena face care Scarlett ada dua rangkaian yaitu Acne dan Brightly, maka untuk membedakan keduanya dapat dilihat dari warnanya. Ungu untuk Acne dan merah muda untuk Brightly.

Kemasan dari produk face care Scarlett yang ramping dan mungil memudahkan aku membawanya saat bertualang. Jadi tidak makan tempat. Produk face care dari Scarlett ini masing-masing dijual dengan harga Rp75.000, ya. Tapi kalau beli sepaket biasanya ada diskon. Anyway, sejak Scarlett kolaborasi sama Song Joong-ki, sering ada diskon gede-gedean di marketplace, loh. Kamu bisa cek di sini untuk membeli atau memantau diskon produk Scarlett Whitening.

Melakukan perawatan wajah sederhana saat bertualang tidak susah, kan? Cukup hilangkan rasa mager-nya saja, kok. Buat para petualang, mari kita rawat wajah dengan baik. Agar wajah tetap glowing meski sering traveling.

11 komentar:

  1. Oh jadi mencuci muka pake sabun muka aja itu nggak cukup? wkwkk duh ke mana aja buuuk! Padahal muka sekarang gampang banget berjerawat. Duh kaykanya micellar waterku bakal kepake lagi ini.

    BalasHapus
  2. wah hebat kakak, waktu bertualang juga tetap memerhatikan kebersihan wajah. Salut banget kak. Ini penting ya dilakukan agar wajah tetap terawat meski pun sedang berpetualang di alam bebas. Saya juga setiap hari merutinkan untuk mencuci wajah dan memakai essence dan day cream agar wajah enggak kering banget. btw makasih rekomendasinya untuk perawatan wajah berjerawat, cocok kayaknya untuk anak-anakku yang mulai berjerawat nih.

    BalasHapus
  3. Saat bertualangpun tidak lupa merawat dan menjaga kesehatan kulit ya, apalagi kalau pakai Scarlett skincare, saya cocok banget pakai body carenya, jadi penasaran skin carenya juga cocok nggak di kulit saya :)

    BalasHapus
  4. Aaakk, ada special gift card dan photo card Oppa!
    Seneng bangeettt dgn produk Scarlett ini ya
    Bagus pol!
    Kualitasnya paripurna, harganya ramah di dompet.

    BalasHapus
  5. Saya sering melupakan step yang memakai toner, serum dan krim wajah nih mba. Padahal penting banget ya! Biasanya hanya pakai yang tabir surya saja. Mesti ditingkatin lagi nih semangat merawat muka untuk kulit wajah lebih sehat

    BalasHapus
  6. masalah wajah emang rentan bgt buat para travelling. Sering terpapar matahari itu yg bikin galau. tipsnya bagus nih utk dilakukan. makasi udah berbagi info.

    BalasHapus
  7. Semangat lihatnya....rangkaian face care yang Brightly Series dari Scarlett dapat photocard Song Joong Ki.
    Aman kalau ada Scarlett. Perawatan wajah menjadi lebih menyenangkan.

    BalasHapus
  8. setuju dengan tipsnya nih. tapi kalo buru2, biasanya aku cuma cuci muka, pake toner dan tabir surya ^^ kadang tambah pelembab biar ga terasa kering.

    BalasHapus
  9. Yang rajin traveling mah wajib banget ya perawatan wajah. Tapi pastinya gak mau juga yang ribet-ribet ya. Scarlett pas nih jadi pilihan. Aku juga kebetulan pake. Alhamdulillah cocok. Wajah kusamku lumayan berubah. Kayaknya bakalan repurchase deh. Sukaaaa.

    BalasHapus
  10. Bener banget ini Mba, kadang kalo lagi traveling itu kita jadi males ngurusin muka. Padahal mau kapan dan dimana aja perawatan wajah ini penting ya. Biar terawat dan sehat terus. Makasih tipsnya ya Mba.

    BalasHapus
  11. Tips perawatan wajah sederhananya mudah diikuti nih, makasi ya, Kak, sudah berbagi. Aku penasaran pengen coba glowing serum Scarlett nih nanti begitu stok serumku yang sekarang habis. Mau juga kulit wajah jadi glowing

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.