Pentingnya Mengelola Stres Agar Hidup Lebih Bahagia

Desember 13, 2021
Mengelola Stres

Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Penyebabnya bermacam-macam, seperti masalah dengan pekerjaan, keluarga, bahkan dengan diri sendiri. Jika stres tidak dikelola dengan baik, maka dapat menimbulkan berbagai dampak negatif. Paling fatal, stres dapat menyebabkan seseorang bunuh diri. 

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, setiap tahunnya ada sekitar 800.000 jumlah kematian di dunia yang disebabkan oleh bunuh diri. Artinya, 1 kematian terjadi setiap 40 detik. Iya, 40 detik. Kamu tidak salah baca, kok. Menyedihkan sekali, ya? Stres tidak dapat dihindari, namun dapat dikelola agar hidup lebih bahagia dan produktif.

Menurut aku pribadi, bersyukur menjadi kunci utama untuk dapat mengelola stres. Karena dengan bersyukur rasanya hidup ini baik-baik saja. Berikut beberapa cara mengelola stres yang murah dan mudah untuk dilakukan.

6 Cara Mudah dan Murah untuk Mengelola Stres

Mengelola Stres

Mengelola stres tidak harus mahal seperti hangout dengan teman-teman, melakukan perawatan di salon, atau pergi traveling ke luar negeri. Stres juga dapat dikelola dengan cara sederhana yang tak memakan banyak biaya.

1. Bersyukur Atas Segala Nikmat

Coba tanyakan pada diri sendiri. Sudahkah kamu bersyukur hari ini? Bersyukur atas hal-hal yang kamu anggap sederhana, seperti masih diberikan kesempatan untuk menghirup sejuknya udara di pagi hari. Atau bersyukur masih diberi kesehatan sedangkan di luar sana banyak sekali orang yang sedang berjuang melawan penyakitnya. Meski pekerjaanmu menguras tenaga dan pikiran, bersyukurlah karena masih diberi kesempatan untuk bekerja saat jumlah pengangguran di negara ini terus bertambah. Atau mungkin kamu sedang mengalami stres karena tak kunjung mendapat pekerjaan? Maka tetaplah bersyukur. Setidaknya kamu masih dapat berkumpul bersama keluarga di rumah. Menikmati setiap momen tertawa bersama mereka. Dengan bersyukur atas segala nikmat, kita juga dapat menjadi pribadi yang mampu menerima diri apa adanya.

2. Selalu Berpikir Positif

Aku paham banget kalau berpikir positif tidak mudah untuk dilakukan. Apalagi saat kita mendapat suatu masalah. Bawaannya pengin negative thinking aja gitu. Padahal, jika kita mau melatih diri untuk mengambil sisi baik dari setiap kejadian, hidup akan terasa lebih nikmat. Misalnya saja saat kamu sudah berlatih semalaman untuk presentasi di depan dosen besok pagi. Tiba-tiba dosennya membatalkan kelas karena ada kepentingan. Maka kamu dapat melihat sisi positifnya yaitu jadi memiliki waktu untuk istirahat.

3. Olahraga Secara Teratur

Siapa yang hobinya rebahan aja sambil scroll akun gebetan? Adudu, bangun dari tempat tidur dan olahraga, yuk! Dengan berolahraga secara teratur, tubuh dan pikiran akan lebih rileks. Kamu dapat melakukan olahraga ringan selama 30 menit setiap hari atau 150 menit dalam seminggu. Olahraga juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mental dan memperbaiki mood, loh. Dengan demikian stres akan enyah dari tubuh kamu!

4. Menjaga Pola Makan

Jam makan yang berantakan dan makanan tidak sehat yang masuk ke tubuh dapat memengaruhi tingkat stres seseorang. Zat gizi dalam tubuh memang memiliki peran penting untuk menjaga kekebalan tubuh, mendukung fungsi kerja otak, mengatur tekanan darah, hingga menurunkan adrenalin yang meningkat saat stres. Oleh karena itu, perhatikan pola makan agar teratur. Kurangi asupan lemak, perbanyak minum air putih, makan makanan yang mengandung serat, karbohidrat kompleks, dan minum vitamin.

5. Istirahat Cukup

Jika beberapa orang tidak dapat tidur saat stres, aku justru sebaliknya. Aku salah satu tipe orang yang dapat menyembuhkan bad mood dengan tidur. Jadi, ketika suasana hati sedang berantakan, aku akan pergi tidur. Saat bangun, tubuh lebih rileks dan pikiran lebih jernih. Nah, istirahat cukup ini dapat digunakan untuk mengelola stres. Kalau kamu sering begadang, mungkin hal itulah yang menjadi salah satu penyebab stres tak kunjung reda. Menurut pakar kesehatan, waktu istirahat yang baik saat malam hari adalah selama 7-8 jam agar tubuh memiliki metabolisme yang lebih baik.

6. Cari Hobi Positif

Ketika hidup sedang mengalami banyak tekanan, maka sisihkan waktu untuk melakukan kegiatan yang disukai. Tidak perlu waktu lama, cukup sisihkan sekitar 30 menit saja. Kamu dapat memanfaatkan waktu singkat tersebut untuk menyalurkan hobi seperti berkebun, membaca buku, bermain musik, menggambar, atau bermain game. Aku pribadi di sela-sela pekerjaan biasanya mendengarkan musik atau main game di laptop. Main game online tidak melulu berdampak negatif. Banyak juga dampak positifnya, kok. Asalkan mainnya tahu batas waktu, ya. Intinya, sih, jangan berlebihan apalagi sampai kecanduan.

Manfaat Bermain Game Online

Manfaat Bermain game online

Selain dapat mengelola stres, bermain game online juga memiliki banyak manfaat lain, loh. Pertama, dapat melatih kreativitas. Beberapa game online dirancang untuk merangsang otak kanan kita agar dapat berpikir lebih kreatif. Lalu manfaat selanjutnya adalah melatih kita untuk fokus dan menjadi problem solver handal. Pada setiap level permainan selalu ada masalah yang harus dipecahkan agar kita dapat naik level. Hal inilah yang membantu kita untuk meningkatkan fokus, konsentrasi, dan mencari jalan keluar dari masalah yang dihadapi.

Selain game yang dapat dimainkan secara individu, ada pula game online yang harus dimainkan secara kelompok. Nah, jika kamu memilih jenis game ini, maka kamu dapat melatih kerja sama tim. Oh iya, manfaat lain yang dapat kamu peroleh dari hobi bermain game online adalah mendapatkan cuan. Ya, beberapa gamers profesional mendapatkan uang dari hobi tersebut. Bahkan saat ini game online sudah dimasukkan dalam kompetisi e-sport atau olahraga elektronik. Kamu tertarik untuk menjadi atlet e-sport?

By the way, game online apa sih yang biasa kamu mainkan, Guys? Kalau aku pribadi tipe orang yang malas download aplikasi game di handphone atau laptop. Jadi, aku lebih suka main langsung di website gitu. Lah, memangnya ada game yang tidak perlu unduh aplikasinya? Ada, dong! Cobain deh, namanya Plays.org.


Alasan Memilih Plays.org

Plays.org

Kegiatan karantina mandiri di dalam rumah yang dialami oleh kita semua selama masa pandemi membuat Plays.org berinisiatif untuk menciptakan kegembiraan dalam kehidupan banyak orang. Kegembiraan tersebut mereka tuangkan dalam sebuah website video game online gratis. Berikut beberapa alasan memilih Plays.org.

Lebih Dari Seribu Game Online Tersedia

Di dalam situsnya, Plays.org telah mempersiapkan lebih dari 1.000 game online yang dapat dimainkan dengan cepat di browser. Setiap harinya, game di sini terus ditambah, loh. Kamu bisa memilih menu "baru" atau "new" untuk melihat permainan terbaru apa saja yang tersedia.

Tidak Perlu Unduh Aplikasi

Biasanya untuk bermain game kita harus unduh aplikasi terlebih dahulu di PlayStore atau AppStore, ya. Nah, untuk bermain di Plays.org kita hanya perlu membuka browser dan menuju situsnya. Lalu pilih deh permainan yang diinginkan. Tidak perlu mengunduh aplikasi untuk bermain.

Tidak Ada Iklan

Pernah tidak kamu sedang asyik bermain game lalu ada iklan yang muncul? Rasanya kesal sekali, ya. Bikin kurang nyaman juga bermainnya. Karena Plays.org ingin membuat kamu senyaman mungkin saat bermain, maka mereka tidak memasang iklan di dalam situsnya. 

Tidak Perlu Registrasi Akun

"Duh, anak-anak mau main game, tapi harus bikin email dulu untuk registrasi akun. Malas, ah. Ribet!" Pernah mengalami hal seperti itu? Aku pernah banget. Waktu itu adik aku masih kecil dan pengin main game. Eh, harus registrasi segala. Maunya tuh langsung main aja. Untuk menjawab keresahan kaum-kaum seperti aku ini, Plays.org tidak mewajibkan pengguna untuk mendaftar akun terlebih dahulu sebelum bermain. Tapi, kalau mau menyimpan permainan favorit di beberapa perangkat, kamu bisa membuat akun pengguna terlebih dahulu.

Banyak Kategori Permainan

Kalau kamu merasa bosan dengan permainan yang gitu-gitu aja, coba deh main ke Plays.org. Di sana terdapat ratusan kategori permainan yang dapat kamu pilih. Kategori tersebut antara lain Edukasi, Barbie, Sepak Bola,  Kapal Perang, Game Warna, Puzzle, LEGO, Game Anak-anak, Balap, Zombie, dan masih banyak lagi.


Sudoku, Online Video Game Favorit di Plays.org

Plays.org

Dulu waktu kecil aku suka banget main Sudoku, sebuah game puzzle matematika. Maklum, matematika memang menjadi mata pelajaran favorit sejak SD. Di Plays.org aku sudah mencoba memainkan beberapa game. Sudoku inilah yang membuat aku bernostalgia dengan masa kecil.

Ada dua jenis game Sudoku di Plays.org. Pertama, ada CalcuDoku: Timed Sudoku Inspired Math Puzzle. Kedua adalah Ultimate Sudoku Timed Puzzle Game with Easy & Had Level. Perbedaan keduanya adalah kalau yang Ultimate ini game Sudoku klasik. Kita dapat mengisi puzzle dengan angka 1-9. Sedangkan CalcuDoku sudah dimodifikasi dari game tipe klasik dengan menambahkan ilmu pengurangan, penjumlahan, perkalian, atau pembagian. 

Karena aku mau nostalgia sama permainan klasik zaman dulu, maka Ultimate Sudoku jadi pilihan untuk dimainkan. Ultimate Sudoku memiliki beberapa level permainan seperti berikut.
  • Beginner. Teka-teki level mudah.
  • Intermediate. Teka-teki yang sedikit lebih sulit.
  • Advanced. Teka-teki paling sulit.
Kira-kira kalau kamu main Sudoku ada di level yang mana, nih? Oh iya, Sudoku dapat dimainkan oleh semua umur, loh. Bermain Sudoku dapat melatih konsentrasi, meningkatkan daya ingat, meningkatkan keterampilan dalam pemecahan masalah, sampai mengurangi stres. Kalau stres sudah dikelola dengan baik, maka hidup jadi lebih bahagia dan produktif, deh.

Yuk, cobain juga main Sudoku atau game lainnya di Plays.org!

18 komentar:

  1. kalau aku sih selain main game, nonton drakor, aku juga suka bikin bullet journal mba, ngegambar dan nempel2in sticker tuh bikin relax kalau buat aku

    BalasHapus
  2. Aku kalau stress sama pekerjaan biasanya istirahat sebentar mereka time, ngopi kalo gak nonton drakor hihi.

    BalasHapus
  3. Mantaap, 6 hal menghindari stress yg telah dijabarkan dengan jelas. Bunda seringnya melakukan no.1 sesering mungkin kemudian tenggelamkan diri utk hal2 yg membuat hati senang a.l. utak ztik tanaman. Dan berhasil.

    BalasHapus
  4. aku pun sudah mereview plays ini, aku bermain spongebob yang seru banget di kriteria Christmas. Seru pokoknya mah!

    BalasHapus
  5. Iya mbak, mengelola stress itu penting ya, karena kalau tidak dikelola dengan baik akan berdampak pada kehidupan kita, gak cuma jangka panjang tapi jangka pendek juga.

    BalasHapus
  6. Makasih tipsnya, tapi bener jiga sih main game bisa bikin stres hilang hehe dan jadi lebih rileks

    BalasHapus
  7. main game memang bikin stress kita berkurang yaaa, wah asik juga nih main di plays yaa, gak perlu download bisa langsung main

    BalasHapus
  8. setuju banget sama semua tipsnya.. terutama harus banget bersyukur sih karena dengan begitu hati jadi lebih tenang.

    kalo pikiran lagi kusyut, dijeda main game dulu juga oke sih biar otak seger lagi gak stress..

    BalasHapus
  9. Positif thinking emang ngebantu banget buat terhindar dari stress. Btw aku juga sering main game di plays.org mbak, yang tebak gambar biasanya

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah aku mengelola stress cukup dengan mendekatkan diri kepada sang penguasa alam ini. Alhamdulillah itu jadi pengobat stresa yang paling mujarab. hehe...

    BalasHapus
  11. Aku pikir yang namanya stres tuh hanya yang memiliki beban kerja da deadliners.
    Tapi meski jadi Ibu dan semua bisa dimanage sedemikian rupa juga bisa stres. Huhuu... Harusnya kalau alarm stres uda nyala, buruan cari healing yang sesuai yaa.. Salah satunya dengan bermain di plays.org

    BalasHapus
  12. baru kemarin nih aku ngobrol ama anak2ku... aku kangen dengan game jaman facebook baru muncul dulu dimana kita bisa main di browser facebooknya, jadi nggak perlu donlot macam2 di gadget kita... eh.. sekarang muncul play.id.. asyik nih

    BalasHapus
  13. Aku lebih suka baca-baca twitter atau postingan yang berpotensi ketawa. Lebih ngena bahagianya dan masalah yang bergelayut seketika hilang. Main game juga oke juga

    BalasHapus
  14. Kalau lagi stres atau bad mood, aku olahraga bener banget itu bisa mengatasi stres & bisa cepat tidur di malam hari. Olahraga juga bisa bikin happy. Kesehatan mental perlu banget di jaga apalagi di masa pandemi kaya sekarang ya. Kalau sukanya main games gak masalah yang penting bisa menjaga kesehatan mental & gak stres yang bisa berakibat depresi

    BalasHapus
  15. Beberapa kali aku nyobain main plays dot org ini, jadi nostalgia deeeh... kayak ngegame di jaman kuliah dulu. Udah 20 tahunan yang lalu tapi berasa kayak baru aja deh. :))
    Seruuuu... beneran mengurangi pikiran deh kalau pas ngegames gini, habis itu suasana hati jadi membaik.

    BalasHapus
  16. Bikin makin fresh main game online ini ya mba Sov, sama aku juga gitu mba hehehe

    BalasHapus
  17. Benerf banget ini, stres bisa menghambat kehidupan. Penting kita kelola ya, salah satu hempaskan stres dengan me time main game hehe. Game yang ringan kayak gini bikin gak banyak mikir dan jadi terhibur ya

    BalasHapus
  18. Aku sih level beginner keknya mbak hehehe. Tp asik ya pake plays.org ini mbak. Ga perlu daftar2.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.