Dompet Ketinggalan Saat Liburan? Untung Ada M-Syariah!

M-Syariah Bank Mega

"Guys, aku balik ke rumah bentar, ya. Mau ambil dompet. Ketinggalan di kamar."

Rasanya cukup kesal mendengar kalimat di atas dari seorang teman yang sudah janjian di suatu tempat untuk berangkat liburan bareng tapi ternyata dompet dia ketinggalan. Nunggu semua orang kumpul sebelum berangkat membutuhkan waktu cukup lama. Eh, pas sudah kumpul ada yang izin pulang lagi ke rumah untuk ambil dompet yang tertinggal. Hmmm, ada yang pernah mengalaminya juga?

Untungnya di era serba digital seperti sekarang kejadian di atas tidak perlu dirisaukan lagi. Fitur pada ponsel pintar atau smartphone sudah bisa menggantikan dompet. Banyak obyek wisata, toko oleh-oleh, dan rumah makan yang menyedikan opsi pembayaran non tunai melalui QRIS. Layanan transportasi umum pun kini menyediakan pembelian tiket via online dan pembayarannya dapat dilakukan melalui transfer bank. Dengan demikian, wisatawan tidak perlu pusing menyediakan banyak uang tunai atau gelisah saat dompet tertinggal di rumah.

Kebiasaan anak muda dalam bertransaksi secara cashless membuat mereka tidak bisa jauh dari smartphone. Buktinya, menurut survei yang dilakukan oleh Alvara Research Center, sebanyak 63,8 persen generasi Z memilih handphone sebagai barang yang tidak boleh tertinggal saat bepergian. Hanya 36,2 persen yang lebih memilih dompet daripada ponsel.

Kira-kira, kenapa banyak anak muda yang lebih menyukai pembayaran digital? Yuk, simak alasannya di bawah ini! 


Gen Z dan Milenial Lebih Suka Pembayaran Digital

QRIS
Foto: Dokumentasi Pribadi

Sebagai salah satu generasi milenial, jujur aku lebih menyukai digital payment. Berbagai kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan membuat jatuh hati. Berikut beberapa alasan Gen Z dan milenial lebih menyukai pembayaran digital.

Lebih Praktis, Cepat, dan Mudah

Pembayaran non tunai dinilai lebih praktis karena tidak perlu menyiapkan uang tunai dalam jumlah banyak ketika liburan. Selain itu, wisatawan juga tidak perlu menunggu penjual mencari uang kembalian. Pembayaran digital makin mudah dan cepat karena cukup dengan satu sentuhan layar smartphone. Misalnya, saat membeli oleh-oleh wisatawan dapat melakukan pembayaran cukup dengan scan QR code QRIS melalui mobile banking atau aplikasi dompet digital.

Banyak Promo Menarik

Promo diskon atau cashback adalah salah satu idaman Gen Z dan milenial saat liburan. Biasanya melalui digital payment banyak potongan harga yang ditawarkan. Misalnya, saat staycation di Jakarta ingin makan di restoran tertentu bareng keluarga. Kalau bayar tunai tidak mendapatkan diskon, tapi bayar pakai dompet digital atau kartu debit dapat diskon sampai 10 persen. Lumayan banget, kan? Jadi, bisa ajak keluarga makan di restoran namun tetap hemat.

Lebih Aman

Saat liburan bawa banyak uang tunai pasti bikin kita was-was. Apalagi ketika libur lebaran seperti beberapa hari lalu yang mana pengunjung tempat wisata membludak. Risiko copet, uang terjatuh, atau dompet tertinggal di tempat wisata sangat mungkin terjadi. Nah, apabila menggunakan pembayaran digital tidak perlu menyiapkan banyak uang cash. Yang terpenting dapat menjaga handphone dengan baik. Digital payment juga kini dilengkapi sistem keamanan ganda seperti sidik jari dan PIN. Bertransaksi jadi lebih aman.

Pencatatan Keuangan Lebih Mudah

Belanja kebutuhan saat liburan apalagi dengan uang tunai sering membuat kita lupa untuk mencatat pengeluaran. Waktu sampai rumah ternyata uang tinggal sedikit dan bertanya-tanya "Uangnya aku pakai untuk apa saja, ya?" Dengan adanya pembayaran secara digital maka semua pengeluaran akan tercatat di ponsel. Kita hanya perlu cross-check saat tiba di rumah.

Perubahan gaya hidup menjadi serba digital membuat banyak bank kini turut bertransformasi menyediakan layanan digital banking, salah satunya adalah Bank Mega Syariah. Melalui aplikasinya yaitu M-Syariah, Bank Mega Syariah menawarkan beberapa keunggulan yang menjadi idaman para sobat rupiah seperti di bawah ini.


M-Syariah Idaman Sobat Rupiah

M-Syariah Bank Mega

Saat memutuskan untuk membuka rekening bank, banyak hal yang menjadi pertimbangan calon nasabah. Misalnya perihal biaya admin tiap bulan, setoran awal yang ringan, dan berbagai fitur m-banking yang memudahkan berbagai jenis pembayaran. M-Syariah dari Bank Mega Syariah ini dapat menjadi salah satu pilihan untuk melengkapi kebutuhan finansial kamu.

Buka Rekening Online Tidak Perlu Video Call

Jujur, aku adalah salah satu tipe orang yang malas kalau buka rekening online harus video call dulu dengan petugas bank. Jadi waktu tahu buka rekening di M-Syariah tidak perlu melakukan hal tersebut, aku langsung unduh aplikasinya dan membuka rekening baru. Ternyata cukup membuat akun, mengisi identitas diri, foto KTP, swafoto, dan melakukan tanda tangan digital. Mudah dan sangat praktis!

Bebas Biaya Administrasi Bulanan

Buka rekening tabungan secara online melalui M-Syariah tidak dikenakan biaya administrasi bulanan. Namun, ada biaya administrasi ATM sebesar Rp2.500 untuk jenis Magenta Card; Rp7.500 untuk jenis Gold Card; dan Rp15.000 untuk Platinum Card. Jadi, apabila kamu membuka rekening berkah digital dan memilih jenis ATM Magenta Card, maka hanya ada administrasi ATM Rp2.500/bulan.

Setoran Awal Ringan

Tabungan Berkah Digital memiliki setoran awal yang ringan yaitu Rp50.000 dengan saldo minimum Rp10.000. Sangat terjangkau, kan? Cocok untuk calon nasabah yang ingin belajar menabung.

Berdasarkan Prinsip Syariah dengan Akad Mudharabah Mutlaqah

Mudharabah mutlaqah adalah akad antara pemilik modal dengan pengelola dana untuk memperoleh keuntungan kemudian dibagi dengan nisbah yang telah disepakati. Dana dari nasabah dapat digunakan oleh pengelola (pihak bank) dalam usaha yang dianggap baik dan menguntungkan namun tetap 'sehat' dan halal. Sehingga tidak ada riba dalam setiap transaksi.

Fitur Cukup Lengkap 

M-Syariah memiliki fitur yang cukup lengkap seperti transfer antar bank, top up e-wallet, isi pulsa, token PLN, virtual account, bayar PDAM, beli paket data, pasca bayar, ziswaf, bayar kartu kredit, dan fitur islam yang mencakup cari masjid terdekat, arah kiblat, dan jadwal salat. Sedangkan beberapa fitur masih dalam tahap pengembangan seperti QRIS, tarik tunai tanpa kartu, bayar pajak, BPJS, telpon rumah, pendidikan, serta transaksi terjadwal. Semoga secepatnya semua fitur dapat digunakan secara optimal, ya.

Transaksi Lebih Aman dan Nyaman

Untuk masuk ke akun M-Syariah, nasabah dapat menggunakan 3 cara yaitu dengan memasukkan password, menggunakan sidik jari, atau sensor wajah. Selain lebih aman, pengguna juga merasa lebih praktis. Misalnya, cukup menggunakan sidik jari tanpa perlu repot mengetik kata sandi. Saat akan melakukan transaksi, M-Syariah memberlakukan PIN sehingga ada double keamanan.

Diawasi Oleh OJK

PT Bank Mega Syariah telah berizin dan diawasi oleh otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga sistem perbankan yang sehat dapat tercipta secara efektif. Bank ini juga menjadi peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Nasabah tidak perlu khawatir karena simpanannya dalam bentuk tabungan, deposito, atau yang lainnya dijamin oleh LPS.

Setelah mengetahui beberapa kelebihan di atas, kamu ingin cepat-cepat buka rekening M-Syariah? Sini aku bisikin caranya!


Daftar M-Syariah Sembari Rebahan di Rumah

M-Syariah Bank Mega

Salah satu hal yang membuat aku berpikir dua kali untuk membuat rekening dengan datang langsung ke bank adalah antriannya. Apalagi antrian di customer service cukup lama. Satu orang nasabah bisa menghabiskan waktu 20-30 menit kalau cepat. Aku pernah ambil nomor antrian sekitar pukul 11.00 WIB dan baru mendapat pelayanan pukul 15.00 WIB. Cukup membuang waktu antri berjam-jam di bank.

Untungnya saat aku buka rekening di M-Syariah bisa sembari rebahan di rumah. Hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja. Seperti yang aku sampaikan sebelumnya, pembukaan rekening ini tidak perlu melakukan video call dengan petugas bank. Yuk, simak caranya berikut ini!


Cara Membuka Tabungan Berkah Digital M-Syariah

  1. Unduh aplikasi M-Syariah di Google Play Store atau App Store.
  2. Registrasi/buat akun M-Syariah dengan cara memasukkan nama lengkap, alamat email, password, dan buat PIN.
  3. Lakukan verifikasi nomor ponsel dengan memasukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS.
  4. Setelah pendaftaran akun berhasil, masuk ke aplikasi M-Syariah.
  5. Pilih menu "Buka Rekening".
  6. Verifikasi data dengan Foto KTP, foto selfie, dan tanda tangan digital.
  7. Lalu, isi informasi pribadi seperti NIK, tanggal lahir, alamat, nama ibu kandung, jenis kelamin, status perkawinan, informasi pekerjaan, alamat pengiriman ATM, dan memilih kantor cabang.
  8. Selanjutnya pilih jenis kartu ATM yang diinginkan yaitu antara Magenta Card, Gold Card, dan Platinum Card. Ketiga jenis kartu ini memiliki kelebihan masing-masing yang dapat kamu ketahui saat membuat rekening.
  9. Berikutnya lakukan verifikasi wajah.
  10. Selesai. Pendaftaran rekening berhasil dan nikmati berbagai fitur di M-Syariah.

Salah satu keunikan M-Syariah adalah adanya "Fitur Islam" yang membantu umat muslim untuk tetap menjalankan ibadah sebagaimana mestinya meski sedang liburan.


Pakai M-Syariah, Meski Liburan Tidak Lupa Ibadah

M-Syariah Bank Mega
"Senang-senang saat liburan, ibadahnya jangan sampai ditinggalkan." Ya, ibadah khususnya salat hukumnya wajib bagi umat muslim sekalipun dalam perjalanan. Bank Mega Syariah mendesain M-Syariah yang memanjakan umat muslim dengan menyediakan berbagai fitur islam seperti berikut.

Arah Kiblat

Beberapa kali aku staycation di hotel yang tidak menuliskan ke mana arah kiblat. Adanya fitur ini pada M-Syariah membantu para traveler menemukan arah salat sehingga tidak perlu mengunduh aplikasi khusus untuk mengetahui arah kiblat.


Masjid Terdekat

Dalam perjalanan traveling, ketika masuk waktu salat biasanya aku mencari tahu masjid terdekat dengan menanyakan ke warga sekitar. Namun dengan hadirnya fitur "Cari Masjid" di aplikasi M-Syariah, pencarian masjid terdekat dengan lokasi saat ini jadi lebih mudah tanpa perlu turun dari kendaraan.

Jadwal Salat

Rehat untuk makan siang ketika liburan biasanya aku dan teman-teman manfaatkan untuk sekaligus melaksanakan salat zuhur. Adanya jadwal salat di M-Syariah yang disesuaikan dengan lokasi saat ini membantu kami mengecek waktu salat. Sehingga kami dapat memutuskan untuk salat zuhur terlebih dahulu atau makan siang dulu. Fitur ini sekaligus membantu mengetahui waktu berbuka puasa.

Ziswaf

Liburan sambil beramal memangnya bisa? Tentu saja bisa, dong! Fitur Ziswaf pada aplikasi M-Syariah membantu para traveler untuk menunaikan zakat, infaq, shodaqoh, atau wakaf melalui online. Ada puluhan lembaga sosial yang dapat kamu pilih untuk disalurkan ziswafnya. Lembaga sosial tersebut antara lain Badan Amil Zakat Nasional, Lazis Muhammadiyah, Yayasan Baitul Wakaf, dan Yayasan Rumah Zakat Indonesia.


Liburan Tak Risau Meski Dompet Tertinggal

M-Syariah Bank Mega
Foto: YouTube Bank Mega Syariah

Keseimbangan antara urusan dunia dan akhirat yang ditawarkan oleh M-Syariah membuat para traveler tidak perlu risau lagi ketika dompet tertinggal di rumah. Fitur-fiturnya dapat memenuhi kebutuhan pembayaran dan pembelian selama perjalanan. 

Kamu suka bertualang dan menyukai kemudahan? M-Syariah adalah solusi agar piknik jadi makin asyik karena banyak fiturnya, banyak berkahnya! Yuk, download M-Syariah sekarang juga!




***

Referensi

https://www.megasyariah.co.id/id/digital-banking/m-syariah

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/29/survei-anak-muda-lebih-cemas-jika-tak-bawa-ponsel-ketimbang-dompet


Infografis by Sovi Nur Wakhidah

Posting Komentar

15 Komentar

  1. Bener banget ini. Sekarang daripada ketinggalan ponsel mending ketinggalan dompet deh. Hehehe ... Secara ponsel pintar kita yg sudah terkoneksi dengan internet isinya bisa melebihi dompet manual ya...

    BalasHapus
  2. Kalau zaman sekarang ketinggalan hape bisa lebih heboh daripada ketinggalan dompet. Bayar2 bisa cashless pakai dompet digital. Perlu uang tunai juga bisa ambil di ATM pakai aplikasi.

    BalasHapus
  3. memudahkan bangettt
    apalagi sekarang apa2 serba digital kan yaaa
    super hepi ada terobosan ini

    BalasHapus
  4. Kalau sudah menggunakan M Syariah, gak ada lagi acara ketinggalan dompet.
    Sebab ponsel pastinya selalu digenggaman tangan. Praktis dan efisien banget.

    BalasHapus
  5. Sebagai orang yang suka males bawa duit cash, aku seneng banget ama yang namanya pembayaran digital ini. Lebih praktis siih. Asal jangan sampe ketinggalan henpon aja. Bisa berabe semua urusan yaa

    BalasHapus
  6. Sekarang lebih panik kalau ketinggalan hp, ya. Karena hp udah bisa untuk segala macem. Termasuk transaksi keuangan. Bener banget deh Millenial ke bawah memanglebih suka cashless

    BalasHapus
  7. Kerap kali terjadi di kehidupan nyata wkwkwk
    Bukan ketinggalan dompet, tapi dompetnya ga ada uang cash belum tarik
    beruntung bisa bayar pake Qr Code tinggal scan aja mudah heee

    BalasHapus
  8. Masha Allah sekarang makin nyaman aja bertransaksi cashless. Termasuk lengkap juga ya fitur M Syariah ini. Daftarnya tanpa video call pula. Wah jadi pengen buka rekening juga jadinya

    BalasHapus
  9. Memang iya kak Sov, kalau lewat pembayaran digital tuh lebih simple. Klak-klik terus sukses deh. Cuma ya kudu bijak jangan sampe boncos haha

    BalasHapus
  10. M-syariah membantu sekali ya. Mending ketinggalan dompet dari pada ketinggalan hape. Selalu menjadi prioritas semua orang. Karena hape adalah genggaman dalam kehidupan kita di zaman digital.

    BalasHapus
  11. lebih nyaman saat bertransaksi dengan m-syariah ya mba, nggak perlu repot mikirin dompet ketinggalan karena bisa akses semua pembayaran dari henpon aja

    BalasHapus
  12. Yang nggak suka aplikasi macem-macem dan nggak syariah kini sudah ada m-syariah jadi berkah insyaAllah ya mba Sov

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah,
    Meski kini gak perlu bawa-bawa dompet, tapi tetep gak boleh lupa bawa HP untuk tetap bisa memanfaatkan M-Syariah. Lebih nyaman cashless seperti ini ya... Karena serba praktis dan bisa kontrol pengeluaran.

    BalasHapus
  14. Selain ngasih kemudahan dalam hal transaksi, m-syariah juga ngasih banyak manfaat ya, seperti kemudahan pas traveling.

    BalasHapus
  15. Ya enaknya zaman sekarang ya, serba canggih termasuk buat urusan keuangan karena udah ada mobile banking seperti M-Syariah ini jadi tak bawa dompet pun tak masalah asal jangan sampai lupa bawa hp

    BalasHapus
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)