Sehari Bersama ASUS Zenbook DUO (UX8406)

ASUS Zenbook DUO
Foto: YouTube ASUS Indonesia

Guys, aku mau ngasih tahu kalau ASUS baru saja meluncurkan laptop dual-screen OLED terbaik di dunia yaitu ASUS Zenbook DUO (UX8406)! Aku nonton live launching event-nya di YouTube sampai terkesima dengan revolusi yang dilakukan oleh ASUS. 

Coba bayangkan, ASUS Zenbook DUO (UX8406) punya dua layar full 14-inci dengan resolusi 3K (2880 x 1800) pixel, refresh rate 120Hz, dan berteknologi ASUS Lumina OLED yang telah tersertifikasi Dolby Vision® serta Pantone® Validated. Dengan layar sentuh ganda 16:10, tingkat kecerahan sampai 500 nits, dan color gamut 100% DCI-P3, laptop ini jadi idaman aku untuk bekerja lebih produktif lagi. Buat infografik atau edit warna gambar jadi bisa pakai warna terbaik. A perfect dual-screen laptop kalau kata orang bule.

Meski pakai dual-screen, laptop ini tetap ada keyboardnya, loh. Ukurannya pun sama seperti laptop pada umumnya. Keyboardnya sangat mudah untuk dilepas pasang. Kalau sedang dilepas dari body laptop, keyboard akan otomatis terkoneksi dengan bluetooth dan langsung siap dipakai. No ribet-ribet club pokoknya. 

ASUS Zenbook DUO
Menariknya lagi, ASUS Zenbook DUO (UX8406) adalah laptop AI karena dibekali Neural Processing Unit (NPU) Intel® AI Boost yang bikin kinerja laptop jadi lebih gesit, hemat daya, dan lebih pintar memproses aplikasi berbasis AI tanpa menguras daya berlebihan. ASUS Zenbook DUO (UX8406) juga ramah dipakai oleh pekerja atau traveller dengan mobilitas tinggi karena beratnya cuma 1,35 kg dan tebal 14,6 mm. Ya ampun, auto pengin beli kan, ya? Ringan dan sangat praktis.

Hadirnya ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini sekaligus menjadi angin segar bagi para pekerja dan konten kreator yang terbiasa menggunakan layar eksternal untuk menunjang produktivitas. Dengan dua buah layar yang dimiliki, ruang kerja dapat diperluas hingga 19,8-inci. Kalau harus bekerja ke luar rumah, nggak perlu repot dan cemas karena sudah memiliki ASUS Zenbook DUO (UX8406).

Aku sholawatin terus laptopnya sambil berkhayal seperti apa ya rasanya menghabiskan waktu sehari bersama ASUS Zenbook DUO (UX8406)? Mengingat kerjaanku sebagai penulis lepas dan wirausaha butuh banget multi monitor untuk cari refenrensi, nulis, edit konten, sampai buka Spotify biar kerja jadi nyaman. Nggak perlu pindah-pindah tab lagi.

Tanpa berlama-lama, seandainya diberi kesempatan sehari bersama ASUS Zenbook DUO (UX8406) di bulan Ramadan, aku akan lebih produktif dengan melakukan hal-hal di bawah ini.


03.00: Buat To Do List

Pukul 03.00 aku bangun buat salat tahajud, terus makan sahur bareng keluarga. Selesai sahur gosok gigi, wudhu, sambil nunggu adzan subuh buka laptop, buat to do list untuk hari ini. To do list membantu aku biar nggak banyak rebahan, jadi tahu apa saja yang harus dilakukan dari bangun tidur sampai tidur lagi. Biasanya bulan Ramadan bawaannya pengin rebahan mulu. 

Foto: Ilustrasi by Canva

Kenapa buatnya di laptop, bukan di handphone? Karena kalau buka handphone justru jadi keterusan scroll Instagram, Twitter, dan TikTok. Hayo siapa yang suka gitu juga? 

Fitur touchscreen di ASUS Zenbook DUO (UX8406) memudahkan aku buat bikin to do list sambil santai. Nggak perlu ngetik dengan keyboard yang berisik karena ada keyboard virtual. Kalau sudah adzan subuh langsung salat, ngaji sebentar, lanjut cuci piring dan nyapu.


07.00: Cari Resep Kue Lebaran

Sejak aku kecil kalau bulan Ramadan Ibu selalu bikin kue kering untuk dijual. Jenisnya bermacam-macam tiap tahun. Pagi hari sebelum mulai bikin kuenya, aku biasanya cari referensi tentang kue yang sedang hits di Ramadan tahun ini. Cari referensi juga gimana caranya olesin nastar biar nggak pecah-pecah. Biar glowing seperti artis yang kaya raya xixixi.

Nastar buatan Ibu & aku

Nah, aku membayangkan kalau cari referensinya pakai ASUS Zenbook Duo (UX8406) pasti nyaman banget. Fitur sharing mode layarnya bisa aku manfaatkan untuk diskusi tentang kue kering bareng Ibu. Aku cukup buka layar laptopnya 180° dan aktifkan sharing mode. Kedua layar ASUS Zenbook Duo langsung bertolak belakang. Jadi lebih nyaman kami mendiskusikan ide sambil nonton referensi di YouTube. Layarnya yang lebih lebar dari handphone juga memudahkan aku dan Ibu melihat dengan jelas karena mata kami sama-sama minus.

ASUS Zenbook DUO
Ilustrasi diskusi pakai fitur sharing mode
Foto: YouTube ASUS Indonesia

Desain laptop yang fleksibel, hadirnya fitur ScreenXpert yang telah disempurnakan, dan dilengkapi penyangga khusus membuat ASUS Zenbook DUO (UX8406) memiliki 5 jenis mode seperti yang dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

ASUS Zenbook DUO


08.00: Bermain dan Belajar Bersama Adik Balita

Setelah diskusi, Ibu biasanya langsung eksekusi bikin adonan. Aku bagian ngemong adik yang baru berusia 18 bulan, namanya Azmi. Kami bermain sambil belajar. Sesekali aku buka YouTube untuk mengenalkan jenis-jenis hewan dan suaranya. Kalau pakai handphone Azmi suka lihat layarnya dekat banget. Meskipun diingatkan berkali-kali, sudah duduk agak mundur nanti maju lagi.

ASUS Zenbook DUO
Ilustrasi menatap layar ASUS Zenbook DUO bersama balita.

Seandainya pakai ASUS Zenbook DUO (UX8406) dengan layar super lebar seperti yang sudah aku sebutkan di awal, Azmi pasti bisa lihat dari jauh. Aku bisa pakai desktop mode dengan memposisikan layar secara vertikal dan berdampingan, atau dual-screen mode dengan membuat layar lebih tinggi. 

Aku juga lebih tenang Azmi menatap layar laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) karena sudah dilengkapi low blu light certified yang akan memberikan perlindungan pada mata. Tentu, Azmi nggak lama juga dong natap layar laptonya karena masih balita.


14.00: Edit Konten

Ibu sudah selesai cetak kukernya, aku bagian kasih toping dan mengemas kue ke stoples. Nggak lupa aku foto dan videoin dulu kuenya untuk konten. Namanya orang jualan harus banyakin konten yang menarik, kan?

Vegas Pro, aplikasi yang biasa aku gunakan untuk edit video di laptop.

Misal kontennya foto terus bosen juga. Pengin buat versi video. Nah, aku lebih suka edit konten video pakai laptop. Cuma untuk saat ini laptopku nggak mendukung buat edit video. Jadi lemot. Kalau pakai ASUS Zenbook DUO (UX8406) sih aku yakin editing konten bakal lancar dan mulus. Kenapa? Karena prosesor laptop ini memakai generasi terbaru yaitu generasi 14 Meteor Lake Intel® Core™ Ultra 7 155H yang bersertifikasi Intel® Evo™ Edition sehingga memberikan performa terbaik saat laptop digunakan. Dipakai multitasking atau editing konten tetap lancar dan mulus. Intel® Core™ Ultra dikenal sebagai prosesor yang irit baterai, loh.


Selain itu, chip grafis ASUS Zenbook DUO (UX8406) memakai Intel® Arc™ yang didukung berbagai teknologi grafis modern seperti real-time ray tracing, Xᵉ Super Sampling, hingga DX 12 Ultimate dan Advanced Media Engine sehingga memberikan visul imersif dan performa tinggi. Segitu saja kelebihannya? Oh, nggak dong! Dengan adanya Intel® Arc™ di ASUS Zenbook DUO  (UX8406), aku bisa melakukan encoding video, atau mengubah file video dari satu format ke format lainnya. Dua layarnya juga membuatku makin mudah melakukan proses editing. Bagi editor, makin banyak monitor makin enak kerjanya.

By the way, kalau bikin konten tuh suka banyak file foto dan videonya karena take beberapa kali. Aku sering khawatir laptop jadi keberatan beban dan lemot. Kekhawatiran itu bisa teratasi seandainya punya ASUS Zenbook DUO (UX8406) karena laptop ini memiliki penyimpanan 1TB hingga 2TB, dengan RAM 16GB hingga 32GB. Mantap dong bisa ngonten sepuasnya!


16.30: Ikut Kelas Zoom Persiapan Tes TOEFL

Selesai bantuin Ibu masak, sambil nunggu waktu buka puasa masih ada waktu 1,5 jam buat ikut kelas lewat zoom. Aku pengin banget melanjutkan pendidikan lagi ke luar negeri dengan beasiswa. Makanya ambil kelas TOEFL. 

Waktu kelas zoom ini bersamaan dengan waktu ngaji sore di tempatku. Kebetulan rumah dekat sekali dengan masjid. Untungnya ASUS Zenbook DUO  (UX8406) dilengkapi dengan fitur smart conferencing yaitu AI Noise Cancelation yang dapat menyaring suara kebisingan di sekitar. 

ASUS Zenbook DUO
Ilustrasi konferensi video pakai ASUS Zenbook DUO (UX8406)

Saat zoom, selain kualitas suara, kualitas gambar juga penting, ya. Beberapa fitur ASUS AiSense Camera di laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) bisa membantu meningkatkan kualitas gambar webcam. Pertama ada fitur background blur yang bisa aku pakai jika kondisi kamar sedang berantakan dan belum sempat merapikan. Kedua, fitur eye contact correction yang bisa bikin mataku tampak seperti sedang melihat kamera walaupun aslinya lagi meleng dikit. Lalu, teknologi ASUS 3D Noise Reduction (3DNR) yang secara signifikan dapat meningkatkan kejernihan gambar webcamku. Nggak takut lagi videoku jadi blur dengan adanya fitur tersebut.

Keuntungan memakai ASUS Zenbook DUO (UX8406) untuk konferensi video adalah bisa pakai mode layar dual-screen mode, di mana mata bisa sejajar dengan layar karena posisi laptop lebih tinggi dari model lain pada umumnya. Biasanya kan agak nunduk gitu ya lihat monitornya jadi leher cukup pegal. Nah, ASUS Zenbook DUO (UX8406) memberi aku kenyamanan mengikuti kelas via zoom.

Laptop yang mendukung multitasking ini bagian layar atas aku pakai untuk menyimak zoom, sedangkan layar bawah digunakan untuk menulis catatan dari kelas TOEFL. Nggak perlu lagi pindah-pindah tab, split layar, atau pakai dua perangkat elektronik seperti laptop dan HP.


18.30; Me Time Nonton Bulutangkis

Ilustrasi me time nonton bulutangkis.

Ramadan tahun ini cukup membahagiakan karena sejak awal bulan kegiatan sahur dan buka puasa ditemani tontonan bulutangkis. Agenda BWF (federasi bulutangkis dunia) sedang melaksanakan tur Eropa ke Inggris, Swiss, dan Spanyol. Selepas salat maghrib seandainya punya laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) bakal aku pakai buat live streaming. Aku lebih suka streaming karena nggak perlu rebutan TV sama Ibu Bapak dan lebih senang dengar komentator pakai bahasa Inggris. Aura magis arena bulutangkis bisa aku dengar dan rasakan berkat fitur smart amplifier dan ASUS Audio Booster.


20.15; Bantu Adik Mengerjakan Tugas

Adikku yang pertama namanya Ririn, sekarang dia kelas 9. Tugas-tugas anak SMP ternyata nggak pernah lepas dari laptop. Mulai dari membuat laporan praktik sampai presentasi. Makanya Ririn sering pinjam laptopku atau minta bantuan. Seandainya punya ASUS Zenbook DUO (UX8406) tugas-tugas Ririn akan terselesaikan dengan cepat karena laptop ini sudah dibekali Widows 11 dan Microsoft Office Home & Student 2021 yang original.

Hadir dengan sistem operasi Windows 11, ASUS Zenbook DUO (UX8406) juga merupakan laptop berfitur Copilot untuk dukungan AI. Copilot di Windows 11 melengkapi keahlian dan kreativitas Anda dengan bantuan kecerdasan serta jawaban relevan. 

Selain itu, sudah dilengkapi Office Pre-Installed, agar Anda bisa nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya.


20.45; Blogging

Setelah membantu Ririn, aku melanjutkan kegiatan bersama ASUS Zenbook DUO (UX8406) dengan menulis di blog. Sebelum menulis, aku pasti akan riset terlebih dahulu. Jadi, butuh banget banyak layar. Dengan laptop ini aku bisa buka 4 website dalam satu layar secara bersamaan dengan preset aplikasi paketan. Menariknya, meskipun 4 website dibuka bersamaan, tingkat kecerahan atau brigtness-nya bisa diatur masing-masing, loh. Ini sih idaman banget, ya. 

ASUS Zenbook DUO
Ilustrasi blogging.

Selain itu, gulir layar untuk baca jurnal penelitian atau sumber lainnya makin mudah berkat teknologi touchscreen yang dapat digunakan bersama dengan stylus ASUS Pen 2.0. Pakai stylus ASUS Pen 2.0 juga memudahkan aku saat melakukan desain infografik.

Kemudahan yang ditawarkan ASUS Zenbook DUO (UX8406) makin komplet berkat adanya semua ports yang aku butuhkan yaitu satu USB 3.2 Gen 1 Type-A, dua Thunderbolt™ 4 USB-C®, HDMI® 2.1 (TMDS), dan audio jack. Mau transfer gambar atau file dari handphone ke laptop atau sebaliknya jadi lebih cepat dan praktis.

Selesai riset, nulis, edit infografik dan foto, sekarang tinggal unggah foto ke blog lalu publikasikan. Dengan adanya konektivitas berupa Wi-Fi 6E pada ASUS Zenbook DUO (UX8406), aku bisa mengakses internet dan mengunggah konten 3x lebih cepat dibanding Wi-Fi 5.

Akhirnya, sehari bersama ASUS Zenbook DUO (UX8406) telah selesai. Aku merasa makin profuktif. Sekarang saatnya istirahat.


22.00; Isi Baterai Tubuh dan Laptop

Setelah lelah seharian beraktivitas, saatnya kembali mengisi baterai tubuh dengan tidur. Tapi sebelum itu, baterai laptop juga perlu diisi dayanya. Baterai ASUS Zenbook DUO (UX8406) bisa dipakai seharian, loh. Kapasitas baterainya sebesar 75 Wh membuat laptop ini bisa produktif sampai 8 jam. Tentu saja daya tahan baterai tergantung jenis pemakaian laptop untuk apa dan berapa tingkat kecerahan layarnya. Laptop ini dilengkapi dengan tekologi fast-charge yaitu dapat mengisi daya 60% dalam kurun waktu 49 menit saja! Charger-nya terlihat mungil dan tidak berat seperti charger laptop ASUS yang lain.

ASUS Zenbook DUO
Foto: YouTube GadgetIn

Kalau misalnya listrik mati gimana? Tenang, ada dukungan USB-C Easy Charge yang membuat ASUS Zenbook DUO (UX8406) dapat diisi dayanya menggunakan power bank. Wah, kalau pas aku bepergian ke luar kota jadi nggak perlu risau karena bisa isi daya dengan power bank.


Spesifikasi Lengkap ASUS Zenbook DUO (UX8406)


Main Spec.

Zenbook DUO (UX8406MA)

CPU

Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H 1.4 GHz (24MB Cache, up to 4.8 GHz, 16 cores, 22 Threads) with Intel® AI Boost NPU

Operating System

Windows 11 Home

Memory

16GB LPDDR5X

Storage

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD

Display

Dual 14-inch ASUS Lumina OLED, 3K (2880 x 1800) 16:10, 120Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, 600nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker, Touchscreen with Stylus Support

Graphics

Intel® Arc™ Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Connectivity

Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3

Camera

FHD camera with IR and Ambient Light Sensor function, support Windows Hello, support Windows Studio Effect

Audio

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified

Battery

75WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension 

31.35 x 21.79 x 1.46 ~ 1.99 cm

Weight

1.39 Kg (laptop)

0.3 Kg (keyboard)

Price

Rp33.999.000

Warranty

2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty




Penutup

Sehari bersama ASUS Zenbook DUO (UX8406) membuat produktivitasku meningkat drastis. Laptop ini memang sangat cocok digunakan untuk kegiatan multitasking yang membutuhkan banyak layar. Laptop dual-screen terbaik di dunia, idaman para pekerja. Harganya memang cukup fantastis, Rp33.999.000. Tapi jika semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan sat-set, harga ini tentu sebanding, ya. Apalagi ASUS memberikan 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP perfect warranty.

ASUS memang paling pandai merebut hati konsumen dengan terus melakukan inovasi dan menciptakan laptop sesuai kebutuhan era. Pantas saja jika selama berkiprah ASUS telah menerima ribuan penghargaan salah satunya penghargaan Multiple Best Choice Award pada gelaran Computex 2023.

Semoga aku dan para pembaca yang membutuhkan ASUS Zenbook DUO (UX8406) bisa segera membawanya pulang ke rumah, ya! Aamiin. Let's DUO it!


***

Referensi
https://www.asus.com/id/laptops/for-home/zenbook/asus-zenbook-duo-2024-ux8406/

Posting Komentar

0 Komentar