Brand Lokal Ini Akan Kolaborasi dengan Aktor Korea?

Brand Lokal x Aktor Korea

Siapa yang suka nonton drama atau film Korea? Pasti hapal, dong, nama-nama aktornya. Apalagi kalau ada yang ganteng-ganteng, kan. Seandainya aktor Korea favorit kamu kolaborasi dengan brand lokal dari Indonesia, gimana perasaanmu? Pasti senang dan bangga, ya? 

Cepatnya perkembangan teknologi dan arus informasi memang menyebabkan terjadinya akulturasi budaya antara Indonesia dengan Korea Selatan. Anak-anak SMP di sekitar tempat tinggalku bahkan banyak sekali yang mengidolakan artis Korea. Terkadang, mereka juga meniru cara berpakaian atau cara berbicara idolanya. Semoga masuknya budaya asing ini tidak melunturkan budaya lokal, ya.

Percepatan teknologi tak hanya membuat kita mudah dalam mengakses informasi seputar drama, film, atau musik Korea Selatan. Namun juga segala aktivitas, termasuk salah satunya berbelanja. Apapun yang kita ingin beli, bisa didapatkan dengan mudah dalam satu sentuhan jari. 

Kalau dulu orang ingin menikmati kue cucur harus jalan beberapa kilometer ke pasar. Sekarang mau beli produk yang jauh di Korea tinggal pencet gawai. Tidak ada lagi sekat ruang dan waktu dalam penjualan sebuah produk.

Maka dari itu, perkembangan pemasaran sebuah produk kini telah bergeser dari traditional marketing ke digital marketing. Alhasil, pemanfaatan media sosial dan website menjadi tren pada banyak perusahaan. Internet dan dunia digital adalah lahan bisnis yang menjanjikan. 

Aku masih ingat betul dulu waktu mata kuliah manajemen pemasaran ada yang namanya Marketing Mix. Kalian pernah dengar juga? Nah, biasanya untuk usaha dibidang produk, bukan jasa, kita mengenalnya dengan 4P (Product, Price, Place, and Promotion). Kita bahas dulu sedikit tentang 4P sebelum ke aktor Korea lagi, ya. 😂


Marketing Mix 4P


Marketing mix atau bauran pemasaran merupakan variabel penentu suksesnya strategi pemasaran sebuah produk untuk mengejar keuntungan. Pada sebuah perusahaan, pemasaran merupakan ujung tombak, loh. Sebagus apapun produknya, kalau pemasarannya tidak efektif, ya, percuma. Perusahaan tidak akan survive kalau tidak ada profit. Betul, kan?

Dalam digital marketing, apakah konsep 4P masih berlaku? Tentu saja. Saat memutuskan untuk menjual produk, baik secara tradisional maupun digital, kita dituntut untuk memastikan konsep 4P ini sudah jelas arahnya ke mana. Kita coba bedah satu-satu, ya, 4P itu apa saja.

Product (Produk)
Produk merupakan segala sesuatu yang ingin ditawarkan ke calon konsumen. Penting bagi produsen untuk membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan pasar. Oleh karena itu, sebelum merancang produk, produsen biasanya melakukan riset pasar terlebih dahulu. Jangan lupa beri keunikan atau kelebihan produk kamu dibanding dengan kompetitor dan tawarkan manfaat produk bagi konsumen.

Price (Harga)
Dalam menentukan harga ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan antara lain cost atau biaya yang dikeluarkan untuk membuat produk tersebut. Lalu kompetitor. Lagi-lagi kita harus melihat berapa harga yang ditetapkan oleh kompetitor dengan produk yang sejenis. Ketiga adalah manfaat yang akan didapatkan oleh konsumen. Jika harga yang ditentukan lebih mahal sedikit dari kompetitor, tentu kita harus memberikan manfaat yang lebih.

Place (Tempat)
Di era digital seperti sekarang, selain punya toko fisik, kamu juga perlu memilih platform penjualan. Apakah melalui media sosial, website sendiri, atau marketplace? Ketiganya dapat berjalan beriringan atau memilih salah satunya saja. Semua disesuaikan dengan sumber daya manusia dan anggaran pemasaran yang dimiliki. 

Promotion (Promosi)
Nah, pada variabel ini kita harus menentukan konsep promosi, media yang akan digunakan, dan anggaran untuk mencapai profit tertentu. Selain mendapatkan keuntungan, promosi juga bertujuan untuk membentuk brand image, mengomunikasikan produk baru, memotivasi, atau menghibur calon konsumen. Selain menggunakan media cetak, televisi, radio, atau media online, beberapa merek ternama juga menggandeng artis, atlet, atau tokoh besar untuk menjadi brand ambassador produk mereka, loh. Duta merek ini diharapkan dapat memengaruhi keputusan membeli calon konsumen. Lalu, seberapa besar pengaruh brand ambassador terhadap pemasaran produk?


Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Pemasaran Produk

Brand Lokal x Aktor Korea

Penggunaan brand ambassador untuk mengenalkan produk sebuah perusahaan bukan strategi baru, ya. Pemilihannya jelas dilatarbelakangi oleh citra positif, seperti prestasi yang dimiliki oleh si brand ambassador. Jangan lupa juga untuk sesuaikan dengan target pasarnya.

Banyak perusahaan yang sudah menggunakan brand ambassador untuk pemasaran produk mereka dan terbukti efektif. Aku juga pernah, loh, mencari merek suatu biskuit ke beberapa minimarket karena salah satu penyanyi favoritku juga suka biskuit itu. Lalu, kamu tentu masih ingat, ya, beberapa waktu lalu ada restoran fast food yang bekerja sama dengan boy band asal Korea. Antrian panjang pembeli terjadi di mana-mana sampai ada yang dibubarkan petugas Satpol PP. Terbukti pengaruh brand ambassador sangat besar terhadap keputusan membeli calon konsumen. Yang tadinya tidak butuh, jadi beli karena ada artis favorit kita. 

Selain memengaruhi keputusan membeli, seorang brand ambassador juga dapat berpengaruh terhadap brand image, loh. Hal itu dikarenakan kepribadian seorang duta merek yang akan berpengaruh pada gambaran atau persepsi orang tentang sebuah brand. Jadi, seandainya kamu punya usaha, siapa orang yang akan kamu jadikan brand ambassador? Apakah akan berkolaborasi artis Korea yang kamu suka? 😄

Oh iya, baru-baru ini aku dengar ada salah satu brand lokal yang akan berkolaborasi dengan dengan aktor dari Negeri Gingseng. Kira-kira siapa, ya?


Brand Lokal X Aktor Korea

Scarlett Whitening X Song Joong-Ki

Korean wave atau gelombang Korea menjadi fenomena yang menarik di Indonesia. Budaya Korea telah banyak berpengaruh pada kehidupan sosial masyarakat melalui drama, film, atau musik. Hal ini pula yang menjadi penyebab munculnya tren baru perusahaan dalam menggunakan strategi pemasaran. 

Sudah banyak, ya, perusahaan lokal yang bekerja sama dengan artis Korea untuk project iklan produk mereka. Nah, ini kabarnya mau ada lagi brand lokal yang menggandeng Oppa. Karena aku orangnya kepo, akhirnya aku berusaha mencari siapa sih brand itu? Dan siapa pula aktornya? Siapa tahu aktor favorit aku juga kan. 😂

Untuk menjawab rasa penasaranku, aku nonton channel YouTube pemilik brand-brand besar di Indonesia yang kemungkinan ada peluang. Siapa tahu mereka bikin konten yang menyinggung soal aktor Korea. Terus aku dapat, nih, salah satu konten YouTube-nya "FELITOgether Official" yang Feli nge-prank Hito katanya ngidam pengin video call sama salah satu aktor Korea favoritnya. Lucu si Hito kaya polos gitu di prank dan baik banget mau nurutin kemauan istrinya. Sampai Hito telepon temannya, Raymond, yang ada di Korea. Dia minta tolong buat mewujudkan keinginan istrinya.

Di video tersebut, Feli tidak menyebutkan siapa aktor Korea yang ingin dia ajak video call. Dia hanya memberi clue kepada Hito kalau aktor tersebut ada di drama yang terakhir mereka tonton. Feli pun mengajak viewers untuk menebak, siapa aktor Korea tersebut? Berhubung aku tidak ada gambaran sama sekali, aku pun mencari jawaban di kolom komentar. Ternyata banyak yang nebak Song Joong-Ki.

Dari konten tersebut aku jadi nebak-nebak. Apa mungkin brand lokal yang di maksud adalah Scarlett Whitening? Dan artis Korea-nya adalah Song Joong-Ki? Daebak! Kalau itu terjadi pasti kaum hawa pada girang banget, nih. Kira-kira betul atau tidak, ya, tebakan aku?

Kalau menurut kamu, siapa brand lokal yang akan kolaborasi dengan aktor Korea?

You Might Also Like

16 comments

  1. Wah bingung juga nih kalo tebak2an. Yang pernah kolaborasi itu siwon, eun hoo, bts, siapa lagi ya, hehehe, kalo brand kosmetik cocok banget deh partner nya artis korea

    BalasHapus
  2. Saya malah penasaran dengan aktor Korea yang akan berkolaborasi dengan brand punya Feli. Dia itu pebisnis yang hebat, tau sekali dengan target pasarnya. Banyaknya orang yang mengidolakan aktor/aktris Korea dimanfaatkan oleh Feli untuk mendongkrak penjualan produknya. Hebat!

    BalasHapus
  3. Baru tadi aku ngobrol sama teman marketplace orange brand ambassnya pake Jackie Chen, sedangkan marketplace ijo sudab lebih dulu pake boyband Korea. Yang kepikiran justru bukan kerennya tapi keberanian dalam membayar sosoknya itu wkwk

    Tapi setuju sih brand ambass dapat meningkatkan brand itu sendiri. Misalnya brand skincare bukan tidak mungkin yang lokal akan tersimpan image bahwa kualitasnya pasti sebagus brand Korea

    BalasHapus
  4. Aku nggak hapal artis Korea. Tapi sekarang itu kalau promo apapun kayak nggak afdol kalau nggak ada bau2 Korea, dari yg resmi kayak e-commers, maupun yg main copas aja

    BalasHapus
  5. Wew kalau bener Scarlett whitening pake Song Jong Ki buat brand ambassador mereka yakin deh itu bakal melejit Scarlett Whitening, sy nih salah satu fansnya hahah

    BalasHapus
  6. Makin banyak banget brand2 Indonesia yg menggaet aktris/aktor/idol dr Korea. Kalau Scarlett beneran nggaet Song Jong Ki jd BA, keren sih.... Kiranya habis berapa duit ya? hohohoho.....

    BalasHapus
  7. Jujur saya lebih suka kalau ambasador brand itu artis dalam negeri, serasa lebih membumi. Misalnya nih artisnya adalah orang Korea, lah secara tuh kulitnya tidak sama dengan kulit kita, kurang eksotik. Tapi yaah itu terserah brandnya juga sih.

    BalasHapus
  8. ini lagi hits banget nih hari ini, beneran apa cuma gimmick yaaa, kalau iya pasti pada heboh sih hahaaa

    BalasHapus
  9. Song Jong Ki kayaknya mbak, keren sih kalau jongki yg jadi BA Scarlett. Berharap smoga dg dipilihnya jongki jadi ba Scarlett, produk Scarlett yg merupakan karya anak bangsa Indonesia, bisa merambah pasar internasional. Aamiin

    BalasHapus
  10. Kayaknya sekarang banyak yang menggandeng aktor Korea untuk memasarkan produk tertentu ya mbak. Mereka idola banget bagi kebanyakan masyarakat Indonesia...
    gak tua gak muda semua pada suka sama aktor Korea. Kalau sudah kolaborasi dengan mereka dijamin deh produknya bakal cepat booming dan laku keras di pasaran. Jadi ikutan penasaran nih...siapa ya gerangan aktor Korea ini dan produk apa yang akan dipromosikan? hehehe

    BalasHapus
  11. Milenial Indonesia banyak yang ngefans sama aktor Korea sepertinya ya jadi mulai deh pake artis mereka... :D

    BalasHapus
  12. beberapa hari lalu sempat baca artikel yang bilang kalo Feli videocall-an dengan suaminya (dan Song Joong Ki)

    BalasHapus
  13. Udah rilis tuh mbak Sov.
    Di akun scarlett wajah Song Joongki keren banget asli FeliHito ini. Panutan anak kreatif

    BalasHapus
  14. Iya mbak, sekarang kayaknya banyak ya iklan Indonesia yang ada aktor koreanya. Salah satu yang saya inget siwon di mie dan jong ki iklan permen kopiko hihihi entah siapa lagi itu ya yang bakalan kolab dengan brand lokal kita nanti? saya gak bisa jawab mbakk hihihi

    BalasHapus
  15. waah waah.. memamng aktor Korea ini ada di mana - mana yaa hehehe... kayaknya kalau liat media bertebaran deh. Well, pasti banyak yang suka ya

    BalasHapus
  16. Feli emang beruntung banget deeh..
    Sampe memenya keluar. Pas belum nikah fotonya ama Sha Eun Woo, pas uda nikah dan lagi hamil, kerjasamanya sama Song Joong Ki.

    Mantul.

    BalasHapus