Buka Peluang Kewirausahaan Sosial Melalui Teman Kreasi Indonesia

Teman Kreasi Indonesia

Kita patut bangga, saat ini ekonomi digital Indonesia paling cepat berkembang di Asia Tenggara. Per tanggal 25 Agustus 2021, Indonesia menduduki posisi kelima sebagai negara dengan jumlah startup terbanyak di dunia. Data ini aku dapatkan dari situs Startup Ranking. 

Lima negara di dunia dengan jumlah startup tertinggi yaitu Amerika Serikat dengan 68.814, lalu di bawahnya India 11.079, Britania Raya 5.858, Kanada 3.054, dan Indonesia 2.269. Kita berharap dengan bertambahnya perusahaan ritisan di Indonesia dapat membuka lebih banyak lapangan pekerjaan.

Tahun lalu, aku pernah mengikuti seminar bersama salah satu founder startup unicorn di Indonesia. Menurut beliau, definisi startup bukan sekadar perusahaan rintisan. Startup adalah perusahaan yang memiliki tingkat risiko tinggi, pertumbuhan bisnisnya tinggi, fokus pada teknologi/inovasi, dan sulit ditiru. Apakah kamu salah satu pemilik startup di Indonesia? Bergerak di bidang apa perusahaanmu?  

Dari ribuan startup yang ada di Indonesia, beberapa diantaranya merupakan wirausaha sosial atau sociopreneur. Mereka tak hanya fokus mengejar keuntungan materi atau kepuasan pelanggan semata. Namun, usaha yang dibangun juga bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat sekitar.

Kali ini, aku mau ajak kalian untuk kenalan lebih dekat dengan salah satu perusahaan rintisan dari Pekalongan, Jawa Tengah. Perusahaan ini bekerja sama dengan petani sekitar lalu menjual hasil panen mereka secara online. Hmmm, ada yang sudah bisa nebak apa nama startup-nya? Yap, betul sekali. Namanya Pasar Sayoor


Pasar Sayoor untuk Kesejahteraan Petani Lokal

Teman Kreasi Indonesia

Pasar Sayoor merupakan platform penjualan online yang menghubungkan antara produsen dan konsumen lokal. Produsen yang menjadi mitra antara lain petani, peternak, pedagang pasar, dan UMKM yang membuat tempe atau bakso rumahan. Para produsen lalu dihubungkan dengan konsumen mulai dari bisnis, retail, hotel, restoran, cafe, bahkan sampai rumahan, yang dilayani dengan skema pesan antar. Tentu saja pesannya online melalui platform yang mereka miliki.

Waktu aku buka website Pasar Sayoor, ada banyak produk yang dijual seperti sayur lokal, daging, aneka bumbu, beras, telur, gula aren, dan masih banyak lagi. Di awal aku mengatakan bahwa beberapa perusahaan rintisan bergerak di bidang sociopreneur. Nah, Pasar Sayoor ini salah satunya. Mereka telah menyisihkan sebagian hasil penjualnnya untuk memberikan bantuan sembako kepada warga yang terdampak pandemi.

Mengapa Pasar Sayoor ini ada? Pertama, mereka tahu bahwa pangan merupakan kebutuhan pokok sehari-hari. Konsumennya akan selalu ada. Kedua, ada masalah harga di petani yang tidak stabil. Petani tidak dapat menentukan harga karena biasanya ditentukan oleh tengkulak. Ketiga, adanya pandemi membuat orang harus beradaptasi dengan kebiasaan baru yaitu belanja online dari rumah. Tak terkecuali belanja sayuran. Hal-hal itulah yang membuat Pasar Sayoor hadir untuk menjadi solusi bagi petani maupun pembeli. Bagus inovasinya, ya?

Inovasi tersebut juga di dukung oleh Teman Kreasi, loh. Ya, platform pasar sayur online yang memiliki visi untuk meningkatkan kesejahteraan petani lokal ini merupakan salah satu bagian dari Teman Kreasi Pekalongan. Ehh, memangnya apa itu Teman Kreasi?


Semangat Kewirausahaan Sosial Melalui Teman Kreasi Indonesia

Teman Kreasi Indonesia

Teman Kreasi merupakan sebuah komunitas yang diprakarsai oleh Smartfren dengan tujuan untuk membuka peluang bagi anak muda yang mau belajar sociopreneurship, utamanya dalam industri kreatif. Lalu mengapa harus kewirausahaan sosial? Smartfren berharap komunitas yang diresmikan pada Maret 2021 ini bukan sekadar mengejar keuntungan, akan tetapi juga dapat memberi manfaat untuk lingkungan sekitar. Saat ini sudah ada 32 Teman Kreasi Indonesia yang tersebar di 30 kota.

Nah, bentuk dukungan Smartfren untuk Teman Kreasi Indonesia seperti apa, sih? Mereka akan mendapatkan dukungan berupa koneksi internet 4G LET Advance. Ini tentunya sangat bermanfaat dalam menjalankan digital sociopreneurship, ya. 

Bagi startup Pasar Sayoor sendiri, bentuk dukungan yang mereka dapatkan selain koneksi internet adalah manajemen usaha. Mereka belajar banyak tentang manajemen keuangan usaha, manajemen SDM, dan pemasaran digital dari komunitas Teman Kreasi. Smartfren berharap dengan adanya program seperti ini UMKM dapat mengembangkan usahanya lebih besar dan lebih masif. Apalagi didukung oleh potensi pasar dari Smartfren Community yang tersebar di 102 kota di seluruh wilayah Indonesia.

Dari adanya gerakan sosial berupa pengembangan UMKM digital melalui Teman Kreasi Indonesia, Smartfren berhasil meraih Anugerah Inovasi Indonesia 2021, loh. Keren!


Inovasi Teman Kreasi Indonesia Raih Penghargaan dari IDX

Teman Kreasi Indonesia

IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021 merupakan ajang untuk memberikan apresiasi kepada inovator bisnis yang unggul. Namun tak hanya itu, acara ini juga diharapkan dapat menjadi sarana bechmark yang menginspirasi banyak kalangan.

Pada kesempatan kali ini, Smartfren berhasil meraih Penghargaan Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development untuk inovasi Teman Kreasi Indonesia. Mengapa komunitas tersebut masuk kategori inovasi? Jadi, ada dua unsur inovasi dari Teman Kreasi sebagai berikut.

  • Pertama, program inkubator yang dibuat berbasis komunitas pelanggan. Artinya, inisiatif-inisiatif tercipta dari masyarakat bukan dari korporasi. Karena inilah CSR yang dijalankan oleh Smartfren dapat sustainable.
  • Kedua, semangat Teman Kreasi merupakan digital sociopreneursip seperti yang aku sampaikan sebelumnya. Tidak banyak perusahaan yang membuat program nyata untuk mewujudkan hal tersebut.
Saat ini Smartfren menjadi satu-satunya operator telekomunikasi yang menjalankan program CSR bidang UMKM berbasis komunitas secara organik. Programnya pun bersifat bottom-up sehingga keberlanjutan dan ketahanannya lebih baik daripada top-down seperti yang dilakukan oleh operator lain.

Sudah ada 500 UMKM yang dibantu oleh Smartfren melalui Teman Kreasi Indonesia, nih. Semangat kokreasi dan kewirausahaan sosial terus ditumbuhkan sehingga membuka peluang digitalisasi dan ekonomi kreatif di seluruh penjuru negeri.

Aku ucapkan selamat kepada Smartfren, Smartfren Community, dan Teman Kreasi Indonesia untuk penghargaan Sustainable Innovative SME Development dari IDX. Semoga prestasi ini menjadi pemicu semangat untuk terus berkontribusi membantu masyarakat dan membuka peluang tumbuhnya wirausaha-wirausaha muda baru dibidang sosial.

You Might Also Like

16 comments

  1. Petani memang harus dibantu dg aplikasi2 yg memudahkan konsumen. Orang2 takut belanja ke pasar krn takut ketularan. Tapi sebenarnya butuh banget belanja sayur & buah karena di supermarket tidak lengkap.

    BalasHapus
  2. keren ya, ternyata start up Indonesia sdh banyak. Semoga semakin maju lagi utk start up Indonesia

    BalasHapus
  3. Membantu kesejahteraan para petani juga ya mbak, agar harganya bisa sesuai dan gak merosot, seolah harga sayur gak ada harganya hingga membuat petani rugi.

    BalasHapus
  4. inovasinya keren mbak apalagi dengan menggandeng petani, peternak, juga UMKM. Setidaknya dengan go digital seperti ini orang2 kita juga makin melek untuk ikut perkembangan zaman juga.

    BalasHapus
  5. Daebaaakkk Smartfren!
    Bener2 bisa mendukung UMKM dan start up Indonesia untuk majuuuu dan lebih kece lagi!
    Aku jg udah ceki2 web dan G Pasar Sayoor, bener2 kreatif dan membanggakan ya

    BalasHapus
  6. Banyak banget start up bermunculan di Indonesia. Apalagi saat pandemi. Buat saya ini menandakan kalau orang Indonesia sebetulnya banyak yang kreatif. Bisa membantu para UMKM juga. Keren, ya!

    BalasHapus
  7. smartfren ini keren yaa, komunitasnya jalan banget untuk mendukung umkm di berbagai kota. salut untuk konsistensinya menggerakkan perekonomian lokal

    BalasHapus
  8. Wah keren nih Smartfren sudah membantu 500 UMKm. Dengan cara seperti makin banyak UMKM yang tentunya jadi terbantu ya mba

    BalasHapus
  9. Bagus nih Smartfren semoga banyak perusahaan lain yang ikut terinspirasi dan melakukan hal yang sama untuk membantu perekonomian bangsa ini....

    BalasHapus
  10. Melalui Teman Kreasi Indonesia para UMKM bisa lebih diberdayakan ya apalagi sekarang jaman digital mereka pun harus ikut perubahan. Selamat buat Smartfren yang meraih penghargaan IDX Award untuk program CSRnya ini

    BalasHapus
  11. Kalau ada pendampingan dan juga support, UMKM tambah semangat dalam berkarya ya, gaiis.
    Eh, gimana kalau Dipayuda juga jualan Sayur? Nanti tak kasih kebun seluas samudera.

    BalasHapus
  12. Keren nih Teman Kreasi ini. Bikin orang-orang kreatif jadi terwadahi dengan baik. Dan jadinya produktif dan kekinian. Di masa pandemi, kalo gak produktif, kreatif, dan inovatif, gak bisa apa-apa. Semoga banyak yang terinspirasi untuk bisa melakukan hal sama nih.

    BalasHapus
  13. Keren inovasinya nih. UMKM jadi terbantu. Semoga tetap cermat dalam program-programnya.

    BalasHapus
  14. Ini salah satunya yang bikin semangat memiliki ide-ide baru yang kreatif yaa..
    Karena dibantu oleh Smarfren, sehingga bisa melangkah bersama untuk memajukan UMKM di Indonesia.

    BalasHapus
  15. Wah sudah ada 500 UMKM yang terbantu dengan smartfren. Salut deh dengan Teman Kreasi Indonesia-nya sampai dapat penghargaan Anugerah Inovasi Indonesia 2021. Keren

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah ya mbak, ekonomi.digital di indonesia maju banget dengan banyaknya starup yang bisa membackup umkm. Apalagi dibantu juga oleh smartfren sehingga klop lah.

    BalasHapus