Ultra-Serbaguna, ASUS Zenbook 14 Flip OLED buat Creator Mendunia

Zenbook 14 Flip OLED
Revolusi digital telah membuat manusia bergantung pada teknologi dan internet untuk menyelesaikan pekerjaan. Tak terkecuali bagi kami, para content creator. Kemudahan mengakses dunia melalui internet berhasil menumbuhkan peluang karir baru bagi para pekerja digital dengan menjadi pencipta konten. 

Menurut Badan Pusat Statistik, jumlah penduduk Indonesia yang mengakses internet pada 2016 hanya 25,37 persen. Tahun 2020 jumlahnya naik menjadi 53,73 persen. Data terbaru APJII menyebutkan, pada 2022 jumlah pengguna internet di Indonesia kembali naik menjadi 77 persen. Angka yang cukup fantastis untuk dijadikan target pasar.

Jumlah Pengguna Internet
Para content creator umumnya mendulang rupiah dengan menjadi youtuber, influencer, graphic designer, tiktoker, atau blogger. Karena internet telah memangkas jarak dan menembus ruang, maka klien para content creator bukan hanya berasal dari Indonesia saja. Mereka juga datang dari mancanegara.

Bagi aku yang sejak SMP sudah suka menulis, menjadi blogger adalah sarana terbaik untuk berbagi kebaikan, menyampaikan gagasan, dan membantu sesama melalui tulisan. Asa untuk menjadi jurnalis memang tidak pernah bisa aku raih. Namun, selalu ada rencana terbaik dari Tuhan agar aku dapat berbagi cinta kasih.

Memutuskan untuk menjadi blogger artinya aku siap dituntut serba bisa. Ya, narablog yang profesional selain memiliki keahlian menulis, juga harus mempunyai kemampuan lain seperti membuat infografis, edit foto, video, coding, belajar SEO, pandai riset, kreatif, dan dapat mengembangkan jejaring kerja. Memang luar biasa. Satu orang untuk semua pekerjaan. Sama seperti laptop seri ASUS Creator yaitu Zenbook 14 Flip OLED (UN5401) yang ultra-serbaguna dan di desain untuk meningkatkan produktivitas content creator.


Kenapa ASUS Creator?

Dukungan peranti yang memadai dibutuhkan oleh seorang blogger untuk membuat berbagai jenis konten yang akan mendukung tulisan di blog. Laptop yang tidak mumpuni akan membuat pekerjaan terhenti dan merusak suasana hati. 

Laptop ku saat ini sering sekali lemot, apalagi ketika dipakai untuk membuka banyak tab. Aku pernah buka aplikasi CorelDRAW sekaligus Sony Vegas untuk edit video. Hasilnya? Sudah bisa ditebak. Laptop otomatis not responding alias macet, dong. Jangankan dipakai untuk buka dua aplikasi tersebut secara bersamaan, hanya untuk buka Sony Vegas saja sudah super lemot.

Zenbook 14 Flip OLED

Karena berbagai kendala yang sering dialami blogger seperti aku itulah deretan laptop seri creator dibuat oleh ASUS untuk mengatasi permasalahan di atas. Kehadiran ASUS Creator sekaligus sebagai bentuk dukungan dari ASUS kepada para content creator di Indonesia. Bagiku, ASUS Zenbook 14 Flip OLED dengan berbagai inovasinya memiliki peranan penting guna mendukung peningkatan produktivitas dalam berkreasi tanpa batas.

Lalu, apa saja inovasi dari ASUS Zenbook 14 Flip OLED yang dapat menunjang produktivitas ku saat ngeblog? Yuk, simak di bawah ini!


Ramah Dibawa Bepergian

Salah satu aktivitas yang aku kerjakan dalam blogging adalah mengikuti kompetisi blog. Guna menyajikan tulisan yang berkualitas, tentu harus melakukan riset terlebih dahulu. Terkadang, aku harus menemui narasumber secara langsung yang berada di luar kota. 
Zenbook 14 Flip OLED
Fitur engsel ergolift 360° yang telah dirancang secara presisi membuat bentuk laptop ASUS Zenbook 14 Flip OLED dapat diubah menjadi stand, tenda, atau tablet. Dengan demikian, aku dapat melakukan riset seraya duduk, rebahan, atau selonjoran. Bahkan, dalam perjalanan ke luar kota seperti saat di bus, kereta, atau pesawat, engsel ergolift 360° membuat laptop ini dapat dipakai bekerja dengan nyaman.

Selain itu, dengan berat yang sangat ringan yaitu 1,4 kg dan body yang ramping 15,9 mm, ASUS Zenbook 14 Flip OLED sangat mudah untuk dibawa ke mana-mana. Laptop ini memang cocok untuk blogger dan content creator seperti aku yang senang bertualang. Port I/O yang lengkap seperti MicroSD card reader, audio jack, USB 3.2 Gen 2, HDMI, USB-C 3.2 Gen 2 membuat ku bisa terhubung dengan apapun, kapanpun, dan di manapun, sesuai kebutuhan. Port USB-C laptop ini dapat aku manfaatkan untuk mengisi daya saat bepergian seperti menggunakan pengisi daya maskapai, pengisi daya portable, atau power bank.


User Experience Design yang Menawan

Memiliki laptop yang memanjakan mata dan memudahkan dalam pembuatan karya adalah impian semua content creator. Salah satu hal penting yang menjadi pertimbangan sebelum membeli laptop adalah rasio layar. 

Laptop dengan layar yang lebar akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi mata. Jarak pandang mata ke laptop jadi lebih panjang sehingga tidak perlu duduk atau meletakkan laptop terlalu dekat. Nah, kebetulan ASUS Zenbook 14 Flip OLED memiliki aspect ratio yang lebar yaitu 16:10 atau 18 persen lebih besar dari layar standar 16:9. Keuntungannya, mata ku yang minus ini jadi tidak mudah lelah akibat bekerja ekstra seperti saat menatap layar lebih kecil. Aku juga bisa membaca tulisan lebih banyak tanpa harus menggulir layar ke atas atau bawah.
Zenbook 14 Flip OLED

Bukan hanya memiliki ruang kerja visual yang lebar, layar ASUS Zenbook 14 Flip OLED juga sudah menggunakan fitur touchscreen dengan stylus 4096 pressure-level. Ketika laptop diubah menjadi mode tablet atau tenda, stylus ini akan sangat membantu peningkatan produktivitas ku sebagai blogger, utamanya saat membuat infografis. 

ASUS Zenbook 14 Flip OLED juga memiliki fitur NumberPad 2.0 berukuran penuh dilengkapi lampu LED yang terintegrasi, sehingga membuat proses input data jadi lebih mudah dan cepat. Maklum, aku sering bermain dengan angka-angka saat membuat infografis. Kehadiran NumberPad 2.0 sangat memudahkan dan cukup menghemat waktu. Ketika NumberPad diaktifkan, fitur touchpad-nya tetap dapat digunakan untuk kontrol kursor, loh. Keren, kan? Kalau perlu kalkulator secara cepat, tinggal tekan ikon di sebelah kiri atas ke segala arah untuk mengaktifkan aplikasi Kalkulator Windows.

Untuk keamanan laptopnya seperti apa? Zenbook 14 Flip OLED sudah dilengkapi sensor sidik jari pada tombol power. Cukup sekali sentuh. Praktis namun tetap aman. Laptop ini juga dilengkapi dengan tombol khusus yang berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan webcam dengan cepat. Sangat membantu ketika sedang meeting online, nih. 


Editing Foto dan Video Promosi Produk Makin Menyenangkan dengan Layar OLED

Zenbook 14 Flip OLED

Memiliki latar belakang sebagai penyuluh UMKM, hati ku tergerak untuk membantu pelaku usaha keluar dari masalah yang selama ini dihadapi. Persoalan pemasaran produk adalah kendala yang paling banyak dialami. Maka, aku mengambil langkah untuk memanfaatkan blog ini dan media sosial ku sebagai salah satu alat promosi produk UMKM Banjarnegara. Beberapa artikel seperti tentang tikar pandan berhasil menjembatani pembeli dengan para produsen.

Lantaran konten yang aku buat untuk keperluan promosi, maka harus bisa memikat hati calon pembeli. Oleh karena itu, dukungan layar OLED diperlukan dalam proses editing. OLED (Organic Light-Emitting Diode) merupakan teknologi yang mampu menampilkan cahaya sendiri tanpa bantuan lampu latar. Cahaya organik yang dipancarkan oleh layar OLED ini dapat mengurangi cahaya biru berbahaya sampai 70 persen jika dibandingkan dengan layar LCD. Dalam sehari, aku biasanya menatap layar laptop cukup lama, sekitar 10 jam. Dengan adanya fitur eye care yang telah disertifikasi oleh TÜV Rheinland dan SGS pada layar OLED, aku dapat meminimalisir kelelahan dan kerusakan pada retina mata yang diakibatkan radiasi cahaya biru.

Zenbook 14 Flip OLED

Selain itu, layar ASUS OLED juga hadir dengan 100% DCI-P3 gamut warna terbaik di kelasnya yang sudah tervalidasi PANTONE®. Gamut warna merupakan rentang warna yang dapat dihasilkan oleh perangkat tertentu sehingga dapat dilihat oleh mata manusia. Meski pada tingkat kecerahan yang rendah, layar OLED mampu mempertahankan gamut warna DCI-P3 100% layaknya sistem proyeksi sinema digital di bioskop. Kedalaman warna yang dihasilkan oleh layar OLED tak tangung-tanggung, mencapai 1,07 miliar warna.

ASUS Zenbook 14 Flip OLED juga memiliki DisplayHDR™ 500 True Black yang memberikan warna hitam pekat untuk melihat detail dalam video yang cukup gelap. Didukung dengan layar sentuh 2,8K OLED HDR NanoEdge dengan tingkat kecepatan refresh mencapai 120 Hz dan waktu respon layar tercepat 0,2 ms, kegiatan color grading pada editing konten foto dan video jadi makin menyenangkan. Sehingga, aku dapat menghasilkan konten terbaik untuk promosi produk UMKM Banjarnegara.


Multi-tasking Tetap Lancar dengan Prosesor AMD Ryzen™ 9 5900HX Terbaru

Salah satu topik yang aku tulis di blog ini adalah artikel tutorial seperti cara membuat IUMK dan NIB, serta cara daftar online di Rumah Sakit dr. Kariadi. Membuat konten how-to terbilang cukup melelahkan karena harus riset, buka banyak tab, buat infografis, dan lain-lain. Ketika prosesor laptop tidak mendukung, maka artikel akan selesai dalam waktu yang cukup lama. 

Zenbook 14 Flip OLED

Bersyukur ASUS Zenbook 14 Flip OLED didukung oleh prosesor AMD Rayzen™ 9 5900HX terbaru, RAM hingga 16 GB, serta grafis terintegrasi AMD Radeon graphics™ sehingga kegiatan multi-tasking dengan membuka banyak tab atau aplikasi tetap lancar. Penyimpangan hingga 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD membuat aku dapat menyimpan konten di laptop dalam jumlah yang sangat banyak tanpa khawatir memori penuh.

Nah, karena pekerjaan sehari-hari selalu mengandalkan internet, maka laptop ini akan sangat mendukung ku dalam berkarya karena dilengkapi dengan Intel WiFi 6 (802.11ax) yang bikin kegiatan berselancar lebih cepat.

Zenbook 14 Flip OLED

Meski telah dipakai selama seharian, tidak perlu khawatir laptopnya cepat panas karena ASUS Zenbook 14 Flip OLED memiliki sistem pendingin Dual-Fan IceBlades. Setiap bilah kipasnya memiliki desain aerodinamis melengkung 3D sehingga laju aliran udaranya lebih baik. Terdapat tiga mode pendingin dalam laptop ini yaitu mode whisper, mode standard, dan mode performance.


Meeting dengan Klien Bebas Bising Berkat ASUS AI Noise-Canceling

Selain mengikuti kompetisi blog, membuat artikel tutorial, dan membuat konten promosi produk UMKM, aku juga bekerja sama dengan beberapa brand untuk mengulas produk mereka di blog. Karena rumahku berada di sebelah jalan utama desa, maka lalu-lalang kendaraan atau orang jualan tak bisa dihindarkan. Pernah waktu itu sedang rapat secara daring melalui Google Meet tiba-tiba ada pedagang es krim lewat. Rekan-rekan di ruang meeting pun meledek "Sovi, mau dong dibelikan es krim."  Aku tersenyum sembari minta maaf kepada mereka.

Zenbook 14 Flip OLED

Kejadian seperti di atas tidak akan aku alami lagi ketika meeting memakai ASUS Zenbook 14 Flip OLED karena laptop ini dilengkapi AI Noice-Canceling yang dapat mengisolasi suara tidak diinginkan. Fitur ClearVoice Mic yang ada di aplikasi MyASUS dapat memfilter kebisingan sekitar selain ucapan manusia. Jadi, sudah kebayang, ya, suara ayam atau orang jualan es krim tidak akan lagi masuk ke ruang meeting. Bahkan, jika harus rapat secara daring di sebuah kafe, fitur ClearVoice Mic dapat menyaring suara berisik di dalam kafe tersebut seperti lagu yang sedang diputar atau percakapan orang lain.

Untuk audio, ASUS Zenbook 14 Flip OLED memiliki sistem suara stereo yang telah disertifikasi di Harman Kardon sehingga kualitasnya lebih jernih, kuat, dan imersif. Saat bosan dan perlu referensi dalam membuat konten, aku biasanya akan nonton film. Audio stereo ini mendukung sensasi nonton film yang memanjakan telinga.


Sederhanakan Pekerjaan dengan MyASUS

Dalam proses pembuatan konten, aku tidak melulu mengandalkan laptop. Beberapa hal juga aku kerjakan menggunakan smartphone. Nah, untuk memindahkan file yang telah dibuat di handphone ke laptop atau sebaliknya, aku masih menggunakan kabel data atau bluetooth. Memang agak ribet.

Zenbook 14 Flip OLED
Cara kuno untuk transfer file tersebut tidak akan aku gunakan lagi ketika memakai ASUS Zenbook 14 Flip OLED. Laptop ini sudah dilengkapi perangkat lunak eksklusif yaitu MyASUS. Aplikasi keren tersebut dapat membantu penggunanya untuk memelihara sistem, memperbarui perangkat lunak, dan mengoptimalkan kinerja PC.

Apa saja yang dapat dikerjakan dengan MyASUS?
  1. Dapat mentransfer file atau tautan dengan cepat dan tanpa kabel.
  2. Membantu mengatur perangkat keras dari aplikasi MyASUS seperti pengaturan warna, pengisian daya baterai, atau mengubah mode kipas.
  3. Pemeriksaan PC menyeluruh hanya dengan satu klik.
  4. Dapat menghubungi customer care dengan mudah dan melacak status perbaikan secara real time mengenai laptop yang dikembalikan untuk diperbaiki.


ASUS ZenBook 14 Flip OLED buat Creator Mendunia

Di era yang serba digital ini, memiliki klien dari luar negeri bukanlah hal yang mustahil. Ketika kita menciptakan konten dengan kualitas yang baik, maka akan terbentuk portofolio yang baik pula. Portofolio inilah yang nantinya digunakan sebagai senjata content creator untuk memikat hati klien dari mancanegara.
Bahkan, pesatnya internet yang berhasil menembus ruang dan waktu membuat konten yang di unggah ke media sosial atau platform blog dapat ditonton dan dibaca oleh orang di belahan dunia manapun. Aku coba menengok ke akun Google Analytics untuk melihat lokasi pembaca. Tak disangka, banyak juga pembaca dari negara tetangga. Hal yang sama pasti juga dialami content creator lain, baik yang menggunakan platform YouTube, Instagram, TikTok, Twitter, atau Facebook. 

Makin banyak creator yang memakai ASUS ZenBook 14 Flip OLED ultra-sebaguna dalam produksi konten, makin banyak pula yang akan mendunia.


Spesifikasi Lengkap ASUS Zenbook 14 Flip OLED (UN5401, AMD Rayzen 5000 Series)


Main Spec.

Zenbook 14 Flip OLED (UN5401)

Color

Jade Black

Processor

AMD Ryzen™ 5 5600H Mobile Processor (6-core/12-thread, 19MB cache, up to 4.2 GHz max boost)
AMD Ryzen™ 9 5900HX Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, up to 4.6 GHz max boost)
AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, up to 4.4 GHz max boost)

Graphics

AMD Radeon™ Graphics

Storage

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

Display

14.0-inch, 2.8K (2880 x 1800) OLED 16:10 aspect ratio, LED Backlit, 0.2ms response time, 90Hz refresh rate, 550nits HDR peak brightness, 100% DCI-P3 color gamut, 1,000,000:1, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, 1.07 billion colors, Pantone Validated, Glossy display, 70% less harmful blue light, SGS Eye Care Display, Touch screen, With stylus support, Screen-to-body ratio: 88%

Memory

8GB LPDDR4X on board
16GB LPDDR4X on board

I/O Ports

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A
2x USB 3.2 Gen 2 Type-C support display / power delivery
1x HDMI 2.0b
1x 3.5mm Combo Audio Jack
Micro SD card reader

Camera

720p HD camera

Keyboard & Touchpad

Backlit Chiclet Keyboard, Support NumberPad

Audio

Built-in speaker
Built-in array microphone
harman/kardon (Premium)
with Cortana and Alexa voice-recognition support

Battery

63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension 

31.12 x 22.25 x 1.59 ~ 1.59 cm (12.25" x 8.76" x 0.63" ~ 0.63")

Weight

1.4 kg

Network and Communication

Wi-Fi 6 (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5

Power Supply

TYPE-C, 100W AC Adapter, Output 20V DC, 5A, 100W, Input: 100~240V AC

50/60Hz universal

Built-in Apps

MyASUS

MyASUS Features

AppDeals System diagnosis Battery health charging Fan Profile Splendid Function key lock WiFi SmartConnect Link to MyASUS

Microsoft Office

Office Home and Student 2021 included

Military Grade

US MIL-STD 810H military-grade standard

Regulatory Compliance

Energy star

Security

BIOS Booting User Password Protection Trusted Platform Module (Firmware TPM) Fingerprint sensor integrated with Power Key

Include in the Box

Stylus

USB-A to RJ45 gigabit ethernet adapter * Included accessories vary according to country and territory. Please check with your local ASUS retailer for details.

Price

Rp16.799.000-Rp19.799.000 


Alasan Memilih Brand ASUS

ASUS merupakan brand ternama yang tidak pernah berhenti untuk berinovasi. Setiap tahun, ASUS selalu menghadirkan laptop dengan inovasi teknologi terbaru untuk target pasar yang berbeda-beda.


ASUS telah menerima ribuan penghargaan. Salah satu penghargaan yang diterima pada tahun 2020 adalah World's Most Admire Companies dari Majalah Fortune.


ASUS memiliki kepedulian sosial dengan cara membuat program relawan internasional ASUS, mendaur ulang limbah elektronik, menyumbangkan notebook ke sekolah-sekolah terpencil, dan mendirikan pusat pembelajaran digital di negara berkembang.


Memiliki layanan service center yang tersebar hampir di setiap wilayah Indonesia. Total ada 100+ ASUS Service Center dan ASUS Authorized Service Partner yang tersebar di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara, hingga Papua.


***

Referensi:

https://www.asus.com/id/Laptops/For-Home/Zenbook/Zenbook-14-Flip-OLED-UN5401-AMD-Ryzen-5000-Series/

https://www.asus.com/About-ASUS/

https://www.bps.go.id/publication/2021/10/11/e03aca1e6ae93396ee660328/statistik-telekomunikasi-indonesia-2020.html

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220609153306-37-345740/data-terbaru-berapa-pengguna-internet-indonesia-2022#:~:text=Pertumbuhan%20ini%20sangat%20fantastis%2C%20sebelum,juta%20pengguna%20internet%20di%20Indonesia


Foto by ASUS, diolah oleh Sovi Nur Wakhidah 

Posting Komentar

18 Komentar

  1. ASUS flip ini paling oke buat anak muda ya mba, bisa di pakai dalam kondisi apapun, jadi notebook oke, buat ngegambar cakep, main game bisa, duh jadi pengen punya juga

    BalasHapus
  2. Dari dulu sangat (fan) banget dengan Asus. Nah sekarang ada Zenbook Flip yang benar-benar mendukung kerjaaan sebagai blogger dan konten kreator.

    BalasHapus
  3. duh naksir berat ih sama laptop satu ini, praktis banget jadinya buat di bawa bawa yaa, udah gitu bentuknya juga tipis jadinya ringan dan nggak beratin tas hehehe

    BalasHapus
  4. Laptop ASUS Zenbooknya keren banget ini wajib punya, spesifikasinya juga bagus mendukung untuk para konten kreator

    BalasHapus
  5. Auto naksir laptop ASUS Zenbook 14 oled ini, spec-nya oke banget 😍 apalagi pas banget laptopku rusak. Dari dulu memang udah suka ASUS sih, jadi berharap dapat gantinya ASUS juga. Aamiin

    BalasHapus
  6. Kalau flip begini asyik banget ya mba layarnya..OLED lagi! Mantaap untuk dipakai oleh kita - kita para content creator ini ya

    BalasHapus
  7. aduduuu...aku naksir berat dg ASUS satu ini nih.. Spec ok..tampilan pun mantaab.. nabung yuuk nabuuung...

    BalasHapus
  8. Duh mupeng banget aku tuh dengan laptop Asus yang satu ini apalagi bisa dilipat gitu ya mba, semoga bisa punya 1 hehe

    BalasHapus
  9. Keren banget ada fitur noise yang bikin meeting online dimana aja ga keganggu ya. udah gt ergolift juga. duh mupeng bgt jadinya pengen punya ASUS flip oled hehe.

    BalasHapus
  10. keren banget laptopnya yaa. laptop idaman nih, udahlah tampilannya kece, spesifikasinya juga mantap banget

    BalasHapus
  11. Processor Reyzen sekarang sedang hits di kalangan gamers bahkan server sekarang juga pake Reyzen. Asus semangat betul dan paling getol melaunching produk barunya

    BalasHapus
  12. ASUS memang memberikan yang terbaik dalam setiap kesempatan. Btw senang banget dengan Zenbook 14 Flip ini mbak dan memang sangat mendukung kinerja dari seorang pengguna ASUS.

    BalasHapus
  13. Paling nyaman seorang konten kreator tuh memiliki gadget yang mumpuni, serba bisa dan mobile, mudah dibawa kemana-mana. Udah paling juara menggunakan ASUS Zenbook 14 Flip OLED. Desainnya kece dan baik juga untuk kesehatan mata. Sungguh teliti sekali ASUS dalam mendesain sebuah laptop.

    BalasHapus
  14. Lihat penampakan dan baca speknya bikin mupeng nih laptop. Pengen banget punya laptop sekeren ini.

    BalasHapus
  15. Agak ngeri pas liat laptopnya bisa ditekuk kayak ipad, tapi kualitas Asus Zenbook 14 flip ini nggak bikin worry. Enak banget nih buat dipake buat meeting atau pas ketemu klien :D

    BalasHapus
  16. Layar oled sama LCD emang beda banget yah, lebih keren Oled, duh jadi pengen banget punya laptopnya

    BalasHapus
  17. laptopnya bikin mupeng ya Mbak, pas banget nih buat content creator/blogger seperti kita ini ya, yang memang butuh laptop multifungsi, slim dan juga keunggulan lainnya seperti AI Noise-Canceling ini ya.

    BalasHapus
  18. nah kalau asus sudah ga ragu lagi dengan kualitasnya dan pastinya banyak pembaharuan produk yang terus berkelanjutan

    BalasHapus
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)